Berita Wisata

Keindahan lanskap wisata alam Sungai Sunti (Gayo Lokop Serbajadi) di Kabupaten Aceh Timur

Ditulis oleh: Yurita

Kurikulum: Keguruan Madrasah Ibtidaiyah

Sunti adalah salah satu desa di Kecamatan Serbajadi Kabupaten Aceh Timur yang merupakan desa terpencil yang tidak jauh dari ibu kota Kabupaten Serbajadi, di dalam Kabupaten Aceh Timur yang memiliki wisata alam yaitu sungai Sunti yang begitu indah namun belum terjamah. dikenal sebagai objek wisata di Gayo Lokop.

Wisata alam Gayo Lokop Serbajadi adalah keindahan alamnya yang dapat dijadikan objek wisata Sunti merupakan wilayah pedalaman yang sangat terpencil dan terpencil. Jaraknya sekitar 100 kilometer dari pusat kota Idi, ibu kota kabupaten Aceh Timur. Hampir 6.000 warga telah tergabung dalam 11 gampong (desa) di Kecamatan Serbajadi. Untuk menuju desa Lokop, perlu menempuh jarak sekitar 80 km dari jalan nasional Medan – Banda Aceh. Jalan-jalan yang dilalui juga menjadi arena wisata selama seseorang menuju Desa Lokop seperti hutan-hutan indah yang dapat menggugah hati kita untuk bersahabat dengan alam, sepanjang jalan dapat terlihat keaslian hutan-hutan yang masih terjaga dengan baik.

Sepanjang jalan kita jumpai orang-orang yang ramah kepada setiap tamu yang datang ke desa Lokop, orang-orang disini kebanyakan orang Gayo dan Aceh, beberapa orang Jawa adalah pendatang. Kegiatan sehari-hari warga adalah bercocok tanam dan berkebun. disini juga menyimpan objek wisata yang dikenal sebagai penghasil cacou dan durian terbesar di aceh timur dan juga pusat pengembangan hortikultura.

Ketika Gubernur Ibrahim Hasan Lokop dimasukkan dalam program pembangunan jalan “jaring laba-laba” yang pada saat itu telah selesai namun belum sempurna, maka program dilanjutkan oleh Gubernur Abdulah Puteh dengan nama “Gladia Galaska” yang sampai saat ini belum ada. telah 100% dilaksanakan.

Kami berharap pemerintah dapat melanjutkan program ini, karena dengan program ini seluruh masyarakat di pedalaman Aceh Timur dapat bertanggung jawab kepada dunia luar, khususnya dalam pemasaran hasil pertanian.

Sepanjang perjalanan Gladia Galaska anda akan menikmati keindahan alam yang masih sangat alami dengan bukit-bukit tinggi di bawahnya yang dilintasi sungai, airnya sangat biru, setelah menikmati keindahan ini anda akan sampai di loko di kecamatan Serjadi, disinilah anda akan menjumpai desa terujak yang memiliki sumber air panas, diantara perbukitan yang masih sangat asli dengan hamparan hutan hijau yang masih perawan, dengan lokasi yang sangat asri

sederhana, anda bisa berhenti sejenak di atas balai kuno di tengah lokasi pemandian air panas untuk melepas penat, saat ini anda akan merasakan panas dengan sejuknya angin pegunungan seolah-olah berada di dua iklim yang berbeda, disinilah anda akan menggugah diri anda betapa indahnya alam yang merupakan anugerah dari ciptaan tuhan yang maha esa, di sekitar lokasi anda juga akan melihat bangunan tua selebar 2,5×2,5 m sebagai tempat ibadah dengan kondisi yang sangat memprihatinkan yang dibangun oleh masyarakat untuk pengunjung taman wisata pemandian air panas.

Di sekitar area pemandian air panas ini juga terdapat saluran air yang baru dibangun sekitar tahun 2009 sehingga air panas yang keluar dan mengalir juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar lokasi, Anda juga dapat bersantai di saluran air tersebut sambil menikmati uap panasnya. menghangatkanmu. Terserah tubuh Anda, Anda akan terkesan seperti mandi sauna, setelah itu Anda juga dapat menikmati mandi langsung dengan air panas suam-suam kuku di kolam seluas sekitar 7×15 M yang sudah tidak terawat dan sangat memprihatinkan.

Kondisi ini jika dibiarkan akan merusak minat pengunjung untuk menikmati objek wisata pemandian air panas yang dijadikan lokop Desa Terujak, baik untuk pengobatan penyakit tulang dan penyakit kulit sebagai terapi kesehatan alami.

Pemandian air panas lokop dibuka setiap hari untuk umum, selain menikmati air panasnya, anda juga bisa bersantai dengan menikmati wahana pantai sungai lokop yang cukup luas dengan hamparan bebatuan di sepanjang sungai loko yang airnya mengalir jernih dan sangat dingin, disekitarnya terdapat pemandangan pegunungan tinggi dan kabut, anda bisa mengabadikannya sebagai kenangan bahwa anda pernah bersahabat dengan alam.

Sebagai oleh-oleh yang bisa dibawa ke loko kecamatan multifinish, Anda bisa membeli Durian, Gula Nira dan Petai sebagai produk yang sudah terkenal di daerah tersebut.

“Keindahan alam yang bisa dijadikan objek wisata ini sayang jika tidak dimanfaatkan dan tidak dirawat dengan baik akan rusak. Kami berharap pemerintah daerah dapat mempromosikan wisata alam Lokop ke mata dunia dan juga berharap para duta wisata aceh, semoga wisata GayoLokop Serbajadi atau pemandian air panas serba guna yang didominasi tempat wisata Indonesia di kecamatan Serbajadi, Desa Sunti, Kabupaten Aceh Timur, menjadi populer.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button