Tak Berkategori

Keindahan Pantai Yeh Leh, titik pertemuan antara laut dan sungai di Bali

Pantai Yeh Leh di Tabanan Bali menawarkan pesona unik dimana sungai dan laut bertemu dengan pemandangan alam yang menakjubkan dan eksotis.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: J L. Raya Denpasar – Gilimanuk No. 16, Selabih, Kec. Selemadeg Barat, Cab.Tabanan, Bali; Map: Periksa lokasinya

Salah satu pantai terindah di Tabanan Bali yang wajib Anda kunjungi untuk mengisi liburan adalah Pantai Yeh Leh. Memang kalah populer jika dibandingkan dengan Pantai Kuta, Pantai Pandawa, dan Pantai Suluban.

Namun sebenarnya pemandangan dan pesona alamnya tidak jauh berbeda. Bahkan ada keistimewaan unik yang tidak ditemukan di pantai ini. Wisata bahari ini terletak di sebelah jalan utama sehingga mungkin dianggap remeh.

Siapapun yang lewat di jalan bisa melihatnya dengan jelas. Pesona dan keunikannya justru terlihat pada bebatuan yang tersebar di sepanjang pantai.

Hal ini menjadi salah satu keunikannya karena pantai-pantai di Bali umumnya dihiasi pasir putih. Keunikan dan keistimewaan lain dari pantai ini adalah pertemuannya dengan laut dan sungai.

Pertemuan ini hanya dibatasi oleh lahan tidak terlalu luas yang dijadikan jalan raya. Pengunjung dapat menyaksikan keindahan pantai di depan mata mereka. Sedangkan di belakangnya mengalir sungai di sela-sela bebatuan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Daya Tarik Pantai Yeh Leh

Daya Tarik Pantai Yeh LehFoto oleh Alvin Siregar di Google Maps

Tidak dapat dipungkiri bahwa Bali memiliki banyak pantai yang layak untuk dikunjungi. Masing-masing mempunyai daya tarik keindahan dan keunikan.

Termasuk yang kita bahas kali ini, Pantai Yeh Leh Tabanan punya beragam daya tarik yang mungkin bisa membuat Anda tergoda untuk langsung menuju kesana.

1. Pertemuan antara laut dan sungai

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pantai indah di Bali ini merupakan pertemuan laut dengan sungai. Sebenarnya banyak sekali pantai yang mengalami kondisi seperti ini, namun biasanya sungainya tidak terlihat.

Di sini Anda bisa melihatnya dengan sangat jelas karena tidak ada penghalang berupa pepohonan. Batas aliran airnya sangat jernih dan mengalir dengan tenang melalui sungai tersebut.

Saat air pasang, air mengalir ke sungai sehingga sedikit memenuhi wilayah sekitarnya. Sebaliknya, ketika surut, air mengalir kembali ke Pantai Yeh Leh.

Meski tak terlalu banyak, namun pepohonan di sepanjang tepian sungai menciptakan suasana rindang. Begitu pula di pantai yang banyak ditumbuhi vegetasi sehingga menciptakan suasana hijau.

2. Batu-batu eksotik di pinggir pantai

Sedikit berbeda dengan keindahan pantai di Bali pada umumnya yang dihiasi pasir putih lembut dan halus. Memang benar keindahan seperti itu tidak ada di pantai ini, namun bukan berarti tidak ada penggantinya.

Bebatuan di sepanjang pantai terlihat sangat eksotis. Batu-batu ini terdiri dari batu-batu dengan ukuran berbeda-beda, tersebar merata dan tidak beraturan.

Sebagian berada di bawah air saat air pasang membuat keindahan Pantai Yeh Leh di Tabanan semakin sempurna. Saat air surut hampir seluruh batuan terlihat.

Uniknya, sebagian dari mereka mengalami depresi akibat abrasi laut. Kolam ini terisi air sehingga terlihat indah. Selain sebagai spot berfoto, pengunjung kebanyakan duduk bersantai di atas batu ini.

3. Ombak yang relatif tenang

Karakter tempat wisata bahari di Bali ini bercirikan ombak yang tenang. Berbeda pula dengan pantai pada umumnya yang ombaknya sering bergulung-gulung.

Keunggulan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik dan juga menjadi daya tarik tambahan. Pasalnya, bermain air di pantai ini aman.

Selain itu banyak pula wisatawan yang ingin memancing di tepian Pantai Yeh Leh. Pantai ini menjadi tempat memancing yang ideal karena banyak terdapat ikan-ikan besar yang bersembunyi di balik bebatuan.

Namun letaknya masih di tengah pantai yang menghadap Samudera Hindia sehingga sering terjadi ombak tinggi.

4. Tempat ideal untuk matahari terbenam

Daya tarik selanjutnya masih berkaitan dengan keindahan dan pesona alam. Keindahan ini bisa disaksikan pada sore menjelang malam hari. Apalagi saat itu bukan matahari terbenam atau sunset yang begitu mempesona.

Yang lebih mengejutkan lagi karena pantai ini tidak terlalu ramai dan tidak ada yang menghalangi pandangan.

Keindahan matahari terbenam di Pantai Yeh Leh Tabanan memang belum terpampang di depan mata Anda. Artinya matahari terbenam tidak bisa terlihat jika melihat ke arah laut.

Pantai ini memiliki garis pantai yang membentang ke arah barat dan timur. Panorama indah akan terbuka jika Anda berbelok sedikit ke kanan.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Yeh LehFoto oleh Yh di Google Maps

Sangat mudah untuk menikmati semua pesona objek wisata populer ini. Saat Anda lewat, Anda bisa melihat keindahan dan keunikannya dari jalanan. Tapi itu jelas tidak menarik kecuali Anda melihatnya dari dekat.

Anda harus mengunjunginya agar lebih puas, apalagi lokasinya sangat mudah ditemukan dan tidak jauh dari pantai-pantai populer di Bali.

Kawasan wisata Pantai Yeh Leh terletak di Jalan Raya Denpasar – Gilimanuk No. 16, Selabih, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan, Bali.

Jika anda berangkat dari Taman Kota Tabanan, perjalanan memakan waktu kurang lebih 1 jam. Selama ini jarak yang ditempuh adalah 35 kilometer.

Memang lumayan jauh, namun perjalanannya dijamin sangat menyenangkan. Jalur termudah adalah melalui Jalan Raya Denpasar – Gilimanuk.

Untuk kenyamanan, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps. Wisata bahari ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun jasa tur. Saat ini tidak ada angkutan umum yang melintasi wilayah tersebut, meskipun ini merupakan jalan raya utama.

Biaya masuk Wisata Pantai Yeh Leh belum berlaku, sehingga anda dapat mengunjungi pantai ini secara gratis. Siapa pun yang membawa sepeda motor hanya perlu membayar biaya parkir sebesar 2.000 euro.

Mobil sekarang dikenakan biaya 5.000 rupiah. Keindahan pantai ini bisa dikagumi selama 24 jam setiap harinya.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pantai Yeh LehFoto oleh Fahrudi Budi Prasetyo di Google Maps

Mengunjungi objek wisata bahari berupa pantai memang sangat seru dan menarik. Pasalnya, ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan. Setiap orang berbeda-beda tergantung karakteristik pantainya. Di sini Anda dapat melakukan aktivitas berikut!

Bermain air di pantai

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Yeh Leh adalah bermain air. Tidak ada pasir putih seperti di pantai-pantai tetangga, namun air yang terkumpul di sela-sela bebatuan sangat cocok untuk bermain.

Sambil menikmati pemandangan sekitar tentunya, aktivitas ini dijamin akan lebih berkesan jika dilakukan bersama keluarga.

Berselancar melawan ombak tinggi di Pantai Yeh Leh

Ombak di pinggir Pantai Yeh Leh cukup tenang berbeda dengan di tengah. Cukup tinggi pada waktu tertentu, kadang sampai 2 meter. Tak heran jika belakangan ini semakin banyak diminati wisatawan mancanegara.

Tujuan mereka tak lain adalah olah raga ekstrim bernama selancar. Kegiatan ini selain seru, juga menarik dan memacu adrenalin.

Memancing di pantai

Jika berselancar dirasa terlalu menakutkan dan mustahil, masih ada beberapa aktivitas yang tak kalah menarik. Bagi yang suka memancing, Pantai Yeh Leh Tabanan juga memiliki tempat terbaik untuk bersarang berbagai jenis ikan.

Pantai ini dipenuhi bebatuan di sekitar tepinya yang biasanya menjadi tempat persembunyian dan makanan bagi ikan predator.

Saksikan matahari terbenam yang mempesona

Jika Anda datang ke sini pada sore hari, pastikan untuk menunggu indahnya matahari terbenam. Pantai eksotik ini tak kalah populernya dengan pantai lain yang lebih populer.

Pemandangan matahari terbenamnya begitu indah, apalagi saat cuaca sedang cerah. Jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut, baik dalam bentuk foto maupun video.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas pantai Yeh LehFoto oleh Agus Purboyo di Google Maps

Kawasan wisata Pantai Yeh Leh belum dikelola sebaik pantai-pantai di sekitarnya. Namun ada beberapa fasilitas di sini yang cukup memadai.

Di sekitar pantai terdapat warung-warung yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Parkiran juga ada, toilet ada tapi masih di warung.

Berkunjung ke Bali memang sangat menyenangkan karena banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Namun, hal ini terkadang membingungkan sebagian wisatawan.

Jika ingin liburan murah dan gratis, Pantai Yeh Leh patut untuk dicoba. Tempat wisatanya sangat beragam dan lokasinya juga strategis di pinggir jalan utama.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button