Tempat Wisata

Keindahan Pulau Bintang, spot terbaik pecinta snorkeling di Kolaka Utara

Keindahan Pulau Bintang, spot terbaik pecinta snorkeling di Kolaka Utara
Biaya tur: Mulai Rp 50.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kecamatan Tolala, Kab.Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Kolaka Utara merupakan salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara yang memiliki keindahan alam yang beragam, khususnya di Pulau Bintang. Berada di perbatasan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara, pulau ini memiliki keindahan alam sudut yang tak tertandingi Raja Ampat.

Mulai dari gugusan pulau kecil, keindahan alam bawah laut, biota laut yang beraneka ragam, pasir putih dan masih banyak atraksi menarik lainnya. Ada di Pulau Bintang! Pulau yang terletak di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara ini menawarkan segudang keindahan pemandangan yang eksotik dan alami.

Daya tarik yang dimiliki Star Island

Objek wisata Pulau BintangSumber Gambar: Google Maps Rahman Rauf

1. Panorama alam

Sesampainya di Pulau Bintang setelah menempuh perjalanan jauh, Anda langsung disuguhi pemandangan yang begitu eksotis. Ada banyak pepohonan hijau dengan dahan yang siap menyambut pengunjung, mulai dari pantai berpasir lembut hingga laut biru jernih. Ada juga beberapa pulau kecil tak berpenghuni yang mengelilingi pulau tersebut.

2. Keindahan bawah laut

Berlibur ke pantai, pulau eksotik dan terumbu karang yang indah belum lengkap rasanya tanpa menjelajahi keindahan alam bawah lautnya. Keunikan terumbu karang yang berbeda dan biota laut yang beraneka ragam juga menjadi daya tarik Pulau Bintang yang tidak boleh Anda lewatkan.

3. Pantai pasir putih

Namun, Anda bisa menemukan beberapa pantai cantik di sekitar Pulau Bintang, yang paling terkenal adalah Pantai Pasir Putih. Ya, seperti namanya, pantai ini memiliki pasir yang putih dan sangat lembut seperti gula pasir. Aktivitas pantai yang paling baik adalah berenang karena dibantu dengan kondisi ombak yang sangat tenang dan bentuk pantai yang cukup landai. Sangat disarankan untuk pergi ke Pantai Pasir Putih di pagi hari sebelum air pasang.

Alamat, lokasi rute, dan biaya tur

Biaya Wisata Pulau BintangKredit Foto: Google Maps Giants Blog

Posisi Pulau Bintang yang terletak di Desa Bahari, Kecamatan Tolala dan Kabupaten Kolaka Utara, Prov. Sulawesi Tenggara. Ada 3 jalur lokal yaitu jalur darat, laut dan udara. Di jalur darat, penumpang dapat melakukan perjalanan dari Kolaka ke Kolaka Utara atau dari Sulawesi Selatan melalui Luwu.

Sepanjang jalan, traveler bisa melihat keindahan alam lain yang menakjubkan. Melalui jalur laut, penumpang bisa naik kapal dari Pelabuhan Feri Siwa di Sulawesi Selatan menuju Pelabuhan Tobaku di Kolaka Utara. Untuk rute penerbangan, penumpang dapat terbang dari Bandara Hasanuddin di Sulat ke Kolaka menuju Bandara Sangia Nibandera di Sulawesi Tenggara.

Namun bukan itu saja, sesampainya di tempat wisata, Anda perlu menyewa perahu kecil milik penduduk setempat untuk menuju ke Pulau Bintang. Sebelum menjadi tujuan wisata, sangat sedikit yang diketahui keberadaan pulau tersebut. Bahkan, penduduk setempat pun jarang mengunjungi pulau ini. Sehingga kemurnian dan keindahan alam tetap terjaga hingga saat ini.

Pengunjung tidak membayar tiket masuk ke Pulau Bintang, sehingga hanya perlu membayar sewa perahu dari desa Tolala menuju pulau tersebut. Biaya sewa perahu dihitung per kepala sekitar 50.000 per orang.

Aktivitas seru di Pulau Bintang

Aktivitas seru di Pulau BintangKredit foto: Google Maps Achmad Tandi

1. Snorkling

Selain menikmati permukaan air dengan panorama bawah laut, snorkeling juga bermanfaat bagi kesehatan. Snorkeling memaksa kita untuk banyak bergerak di dalam air. Hal ini tentunya berpengaruh merata pada pembakaran lemak dalam tubuh, sehingga dapat membantu penurunan berat badan.

Semakin lama Anda snorkeling, semakin banyak kalori yang Anda bakar. Snorkeling membakar 600 kalori setiap 60 menit. Bagaimana kalau kita snorkeling selama tiga jam? Bayangkan ya.

Berenang berdampak besar pada kesehatan paru-paru, masalah pernapasan bisa diatasi dengan snorkeling. Mulai dari mendengkur hingga mudah lelah hingga efektif menghindari asma. Snorkeling juga memiliki efek positif pada otot dan tulang. Kondisi fisik juga membaik. Ini karena energi yang digunakan untuk menggerakkan berat badan jauh lebih berat di dalam air daripada di udara Menurut laporan WebMD, penelitian menunjukkan bahwa kita membutuhkan setidaknya 150 menit olahraga dalam seminggu untuk menjaga kesehatan organ tubuh kita, termasuk salah satunya. organ terpenting, jantung.

Manfaat diluar air laut, snorkling membuat kulit kita terkena sinar matahari. Tahukah Anda bahwa sinar matahari mengandung vitamin D yang terbukti dapat mengurangi risiko kanker seperti kanker prostat pada pria dan kanker payudara pada wanita? Manfaat lain dari paparan sinar matahari saat snorkeling adalah detoksifikasi tubuh. Proses detoksifikasi ini meningkatkan fungsi hati, yang bertanggung jawab untuk membuang racun.

2. Kegiatan Menyelam

Kabupaten Kolaka terdiri dari beberapa pulau, dan tentunya setiap pulau menawarkan keindahan yang berbeda. Salah satu keunikannya adalah Pulau Bintang yang eksotis. Tempat ini menawarkan berbagai macam panorama bawah laut yang indah. Pulau ini merupakan tempat yang direkomendasikan untuk kegiatan menyelam bagi wisatawan yang menyukai tantangan. Tentu saja, jika Anda ingin menyelam, Anda mendapat keuntungan dua kali lipat.

3. Pulau yang masih asri

Selain berbagai pesona alamnya, Pulau Bintang juga masih sangat asri. Pasalnya, Bintang belum banyak dijamah tangan jahil yang menjadi daya tarik destinasi bahari ini. Jika Anda berkesempatan mengunjungi Pulau Bintang, selalu perhatikan kelestarian alamnya baik di darat maupun di bawah air.

4. Menikmati matahari terbenam

Salah satu alasan banyak orang memilih pantai adalah pemandangan indah saat matahari terbenam. Sunset adalah waktu yang dinantikan oleh banyak orang. Saat matahari terbenam adalah saat yang tepat untuk merenung dan mengagumi keindahan alam. Pemandangan alam yang indah kerap menjadikan sunset sebagai salah satu momen yang paling ditunggu.

Banyak fenomena alam yang sering terjadi di sekitar Anda. Contoh fenomena alam yang bisa Anda temukan di mana saja di dunia, bahkan setiap hari, adalah matahari terbenam. Semua orang menyukai matahari terbenam karena indahnya warna jingga yang mewarnai langit setiap sore. Ini menciptakan warna dan pola di langit yang begitu indah untuk dilihat. Tapi apa itu matahari terbenam? Sunset adalah salah satu fenomena atau proses terjadinya matahari terbenam.

Sunset adalah waktu yang tepat untuk bersantai dan menikmatinya di pantai. Karena fenomena menikmati sunset di pantai ini sangat jernih dan sangat indah. Apalagi jika Anda menikmati sunset di pantai bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Oh, itu pasti sangat bagus, bukan? Maka dari itu, menikmati sunset di Pulau Bintang sangat dianjurkan.

5. Menginap di vila

Pulau eksotis ini memiliki vila yang menghadap ke pulau dan keramba ikan. Sepertinya Traveler Ramah yang sangat bagus, Anda juga bisa melihatnya dari atas. Menikmati waktu luang sekedar untuk berlibur bersama keluarga atau orang tersayang merupakan salah satu momen yang paling ditunggu. Tak heran jika banyak orang, termasuk Anda, mempersiapkan liburannya dengan baik. Salah satu pilihannya adalah dengan menyewa villa yang dekat dengan beberapa tempat wisata.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Pulau BintangKredit foto: Google Maps Edward Armanda

Pulau Bintang minim fasilitas, bahkan wisatawan masih kesulitan mencari toilet yang memadai. Juga tidak ada warung yang menawarkan aneka minuman dan makanan ringan, sehingga wisatawan perlu menyiapkan perbekalan pribadi sebelum pergi ke pulau.

Namun, keindahannya membuat pulau ini menjadi tempat liburan keluarga. Namun, partisipasi wisatawan tetap diperlukan untuk menjaga kealamian wilayah pulau.

Nah, itulah hal-hal yang wajib dilakukan saat berkunjung ke Pulau Bintang di Kabupaten Kolaka Utara. Dengan destinasi wisata dan keindahan yang memanjakan mata tidak kalah dengan pantai indah lainnya di Indonesia.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button