Tempat Wisata

Keindahan Pulau Bunyu, pulau eksotik di Bulungan yang penuh pesona

Pulau Bunyu di Bulungan merupakan destinasi eksotik yang menawarkan pesona alam memukau dan beragam atraksi wisata yang menakjubkan.

Biaya tur: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kecamatan Bunyu, Kota Tarakan, Kalimantan Utara; Map: Periksa lokasinya

Kekayaan alam Indonesia yang luar biasa kerap menarik wisatawan mancanegara untuk berlibur ke sini, sehingga tak heran jika Pulau Bunyu tak pernah sepi. Pasalnya pulau di Kalimantan Utara ini sendiri menyimpan sejuta daya tarik unik.

Namun dari sekian banyak objek wisata yang ditawarkan, ada beberapa yang memiliki keunikan dibandingkan objek wisata alam lainnya. Oleh karena itu, ulasan ini akan membantu wisatawan mengetahui objek wisata apa saja yang ada.

Pulau ini terkenal dengan keindahan pemandangannya yang tak kalah dengan Bali. Meski lokasinya cukup jauh dari Pulau Jawa, bukan berarti masyarakat Jawa malas berkunjung. Bahkan banyak dari mereka yang menghabiskan liburannya di sini.

Penawaran Pulau Bunyu

Daya Tarik Pulau Bunyu BulunganFoto: Google Maps/Egy Erzagian

Mengenal daya tarik suatu destinasi menjadi salah satu langkah yang harus dilakukan sebelum berlibur. Hal ini juga berlaku jika seseorang ingin merencanakan liburan ke pulau eksotis ini. Beberapa daya tarik di sini adalah:

Destinasi wisata yang kaya

Daya tarik Pulau Bunyu Bulungan yang pertama adalah terdapat berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Misalnya saja Pantai Nibung, Kipas Air, dan Telaga Patra yang menjadi destinasi wisata paling terkenal.

Terletak tepat di Laut Sulawesi

Alasan utama mengapa pemandangan laut di Pulau Bunyu lebih indah dibandingkan pulau lainnya adalah lokasinya yang menghadap ke Laut Sulawesi.

Oleh karena itu, pengunjung di sini juga bisa lebih leluasa mengamati biota laut yang beragam.

Tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia

Keindahan alam di sini terjamin karena beberapa tahun lalu namanya tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia. Hal ini akhirnya membuat namanya semakin dikenal di kalangan wisatawan dalam dan luar negeri.

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat Pulau Bunyu BulunganFoto: Google Maps/Egy Erzagian

Agar tidak tersesat berlibur ke sini, Anda perlu mengetahui alamat yang benar dan cara menuju ke sana. Jika hal ini tidak diketahui dengan baik maka risiko tersesat akan semakin besar dan dapat membuat momen liburan semakin melelahkan.

Pulau ini terletak di Bunyu, Bulungan, Kalimantan Utara dan hanya bisa dijangkau melalui jalur speedboat biasa. Speedboat biasa Hanya ada 6 armada yang mencapai pulau ini dan biasanya berangkat pada pukul 16.00 WITA.

Perjalanan menuju tempat ini memakan waktu kurang lebih 1 jam. Karena speedboat biasa Cara untuk mencapai tempat tersebut adalah melalui pelabuhan Tarakan, jadi anda harus menuju ke pelabuhan ini terlebih dahulu.

Biaya masuk wisata bahari

Untuk melihat dan menikmati indahnya pemandangan di kawasan wisata Pulau Bunyu tidak memerlukan tiket masuk yang mahal.

Bahkan bisa dibilang tiket masuk untuk menikmati pemandangan indah ini tidak dipungut biaya. Pasalnya pihak pengelola tempat ini tidak mengeluarkan tiket masuk.

Namun, ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk menikmati aktivitas menyenangkan tersebut. Selain itu, Anda tidak boleh melupakan biaya kapalnya. Biasanya biaya speedboat biasa ini harganya sekitar Rp 100.000 hingga 150.000.

Kegiatan yang menarik

Hal yang bisa dilakukan di Pulau Bunyu BulunganFoto: Google Maps/Nuryanto Adhitama

Semakin banyak aktivitas yang ditawarkan pada suatu lokasi wisata maka semakin nyaman pula perasaan wisatawan saat berkunjung.

Rasa nyaman tersebut bisa anda rasakan saat berkunjung ke pulau cantik ini karena anda bisa melakukan aktivitas disini :

1. Snorkeling

Keindahan bawah laut Pulau Bunyu Bulungan sayang untuk dilewatkan dan dinikmati melalui aktivitas Snorkeling.

Nanti Anda bisa menyewa peralatan Snorkeling yang tersedia di sini dan nikmati keindahan alam bawah laut yang menakjubkan.

2. Nikmati pemandangannya matahari terbenam di Pulau Bunyu

Wisatawan yang berwisata bersama pasangannya bisa mencoba aktivitas ini.

Karena pemandangannya matahari terbenam Pulau Bunyu sangat indah dan tidak kalah dengan pemandangannya matahari terbenam di Bali yang lebih dikenal banyak wisatawan.

3. Wisata kuliner

Wisata kuliner menjadi pilihan liburan yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia, mengingat negara kita memiliki banyak sekali kuliner lezat yang patut untuk dicoba. Liburan seperti ini juga patut untuk dicoba saat Anda berkunjung ke pulau indah di Kalimantan ini.

4. Bermain dengan pasir

Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih yang luas di pulau cantik ini. Jadi para orang tua bisa memanfaatkan pantai untuk mengajak anaknya bermain dengan lebih menghibur. Meski terkesan sederhana, namun kegiatan ini sangat seru.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau Bunyu BulunganFoto: Google Maps/Mico lxander

Meski banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, namun akan terasa kurang jika masih belum tersedia fasilitas umum yang memadai. Oleh karena itu, sebelum mengunjungi objek wisata apa pun, pastikan tempat tersebut dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

Kini objek wisata alam ini sendiri telah memiliki toilet, warung makan, tempat parkir dan masih banyak lagi fasilitas umum lainnya yang sangat dibutuhkan oleh wisatawan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas umum saat berkunjung ke sini.

Banyaknya aktivitas di Pulau Bunyu dapat memberikan nilai tambah bagi banyak wisatawan. Dengan aktivitas yang begitu beragam, dijamin Anda tidak akan cepat bosan jika menghabiskan waktu liburan berharga Anda di sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button