Tempat Wisata

Keindahan Pulau Kunti, wisata bahari di Sukabumi penuh pesona

Keindahan Pulau Kunti, Permata Wisata Bahari di Sukabumi, Kejutan dengan Keanekaragaman Fauna dan Gua-gua Menarik Menambah Kekayaan Pesonanya

Biaya tur: Mulai dari Rp 30.000, Jam beroperasi: 07.00-16.00 WIB, Alamat: Mandrajaya, Kec. Ciemas, Kab.Sukabumi, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Meski belum begitu dikenal, Pulau Kunti menawarkan keindahan yang menakjubkan. Pulau yang berada di Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini merupakan salah satu dari beberapa pulau kecil yang ada di wilayah Sukabumi.

Menariknya, nama “Pulau Kunti” kabarnya berasal dari suara tawa khas yang dikaitkan dengan makhluk halus Kuntilanak, sebuah misteri yang masih membuat banyak orang terpesona. Ikuti penjelajahan keindahan pulau ini pada artikel berikut ini.

Tempat Wisata yang Ditawarkan Pulau Kunti

Daya Tarik Pulau KuntiFoto: Google Maps/Gifaritaufani

Pemandangan alam yang menakjubkan

Pulau Kunti Sukabumi mempesona dengan keindahan alamnya dan menampilkan luasnya pulau dengan air laut berwarna jernih menjadikannya destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Kehadiran perbukitan hijau dan asri di pulau ini pun semakin menambah daya tarik dan memperkaya pengalaman perjalanan Anda.

Rute trekking yang menantang

Jalur menuju pulau ini memang sangat ekstrim, namun itulah yang menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi bagi Anda yang menyukai petualangan, itu akan menjadi pengalaman yang menantang. Namun, Anda perlu menjaga kesehatan sebelum berwisata ke pulau ini.

Ada beragam fauna

Pulau cantik ini memiliki beragam fauna yang indah dan unik karena pulau ini terletak di semenanjung dalam kawasan hutan Suaka Margasatwa Cikepuh. Di sini Anda bisa melihat elang jawa, rusa, dan berbagai spesies hewan lainnya.

Jika ingin memasuki cagar alam, diperlukan izin masuk cagar alam atau biasa disebut simaksi.

Ada bebatuan unik

Di Pulau Kunti terdapat ciri khas batuan yang berasal dari sedimen Batuan Melan dan diperkirakan berumur 55 hingga 65 juta tahun. Batuan ini terbentuk akibat proses reduksi sesar.

Memiliki sebuah gua

Ada sebuah gua bernama Gua Jodoh di Pulau Kunti. Gua ini terbentuk secara alami akibat abrasi laut saat air pasang. Gua ini terkenal dengan kedalaman 9 meter dan tinggi langit-langit sekitar 5 meter serta dikaitkan dengan mitos bahwa pengunjung akan menemukan jodoh di sana.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pulau KuntiFoto: Google Maps/Rko_D

Pulau ini terletak di Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dan merupakan bagian dari Geopark Ciletuh Palabuhanratu UNESCO. Jarak dari pusat Kabupaten Sukabumi menuju lokasi ini menuju Pantai Pasir Putih Ciletuh sekitar 40 kilometer.

Waktu tempuh kurang lebih 40 menit dengan kendaraan pribadi baik roda 4 maupun roda 2. Setelah sampai di Pantai Pasir Putih Ciletuh, Anda perlu melanjutkan perjalanan menuju Dermaga Palangpang dan menyewa perahu untuk menuju Wisata Pulau Kunti.

Jarak yang harus Anda tempuh kurang lebih 5 km dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Biaya yang harus Anda bayarkan adalah Rp 30.000/orang untuk pulang pergi. Jika beruntung, Anda akan melihat seorang nelayan menjelaskan CPUGG sambil mengemudi.

Sebenarnya tidak ada tiket masuk yang harus Anda bayar untuk mengunjungi pulau ini. Namun Anda harus membayar biaya parkir sebesar Rp. 10.000 dan biasanya pengunjung memberikan uang lebih banyak dibandingkan sumbangan.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru di Pulau KuntiFoto: Google Maps/Rko_D

1. Snorkeling

Pulau Kunti Sukabumi tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah tetapi juga keindahan bawah laut yang memukau yang bisa Anda jelajahi sambil snorkeling. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling dengan harga Rp. 100.000 selama 45 menit.

Pulau ini memiliki dua titik menyelam yang luar biasa di mana Anda dapat menemukan banyak kawanan ikan di pagi hari.

Pemerintah pulau berencana menyediakan fasilitas wisata selam dengan pendamping profesional sehingga pengunjung dapat menikmati pengalaman menyelam dengan percaya diri.

2. Bermain pasir di tepian Pulau Kunti

Kegiatan ini sangat menyenangkan apalagi jika datang bersama anak-anak. Anda bisa membawa peralatan bermain pasir dari rumah untuk bersenang-senang di pulau ini. Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mendorong perkembangan sensorik dan motorik anak.

3. Berburu Kuliner

Jika Anda menyukai makanan laut, Anda wajib berburu kuliner di Pulau Kunti. Pasalnya di pulau ini terdapat beberapa warung yang menjual berbagai olahan ikan laut seperti ikan bakar, cumi asam manis dan berbagai olahan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kesegaran buah kelapa muda sambil bersantai di pinggir pulau.

4. Berburu Foto

Fotografi merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh Anda lewatkan saat berlibur, apalagi saat berkunjung ke pulau ini. Pemandangan Wisata Pulau Kunti yang menakjubkan layak untuk diabadikan sehingga membuat Anda bisa mengabadikan momen spesial bersama keluarga dan sahabat selama berlibur di sini.

5. Berenang

Berenang di wisata bahari ini merupakan kegiatan yang sangat menarik apalagi airnya yang jernih berwarna biru kehijauan menggoda semua orang untuk menyelam atau sekedar bermain air.

Namun, penting untuk selalu memperhatikan kedalaman air. Disarankan agar Anda mengenakan jaket pelampung saat berenang dan berhati-hatilah untuk tidak berenang terlalu jauh ke tengah pulau agar tetap dalam jangkauan keluarga atau teman Anda.

6. Berkemah

Pada wisata pantai ini anda bisa memilih untuk berkemah, namun anda harus membawa semua perlengkapan camping dari rumah baik itu tenda, peralatan masak dan peralatan makan, karena tidak tersedia persewaan peralatan tersebut di pulau ini.

Berkemah menginap di pulau ini akan menjadi pengalaman liburan yang tak terlupakan. Di malam hari Anda bisa menyalakan api unggun, berbagi cerita dan tertawa bersama keluarga atau teman.

Kegiatan ini pastinya akan sangat menyenangkan dan sayang untuk dilewatkan. Anda juga bisa membawa jagung atau roti untuk dipanggang dan dinikmati bersama di sekitar api unggun.

7. Memancing

Bagi Anda yang hobi memancing, Pulau Kunti Sukabumi merupakan surganya berbagai jenis ikan. Anda dapat menyewa perahu nelayan terdekat yang akan membawa Anda ke tengah pulau.

Namun Anda perlu membawa peralatan memancing sendiri dari rumah karena tempat ini tidak menyediakan persewaan peralatan memancing. Biasanya para nelayan yang menyewa perahu juga menemani Anda saat memancing.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau KuntiFoto: Google Maps/Ramadhani AS

Destinasi wisata ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai termasuk warung makan yang menyajikan berbagai makanan lezat dengan harga terjangkau.

Toilet yang tersedia juga bersih dan nyaman serta terdapat tempat untuk menyiram setelah berenang atau menyelam.

Ruang sholat tersedia di lokasi bagi mereka yang ingin mengadakan kebaktian. Berkat lahan parkir yang luas, Anda tidak perlu khawatir mencari tempat untuk kendaraan Anda.

Wisata bahari ini lebih dari sekedar keindahan alam, menawarkan pengalaman wisata seru dan tak terlupakan dengan beragam aktivitas seru yang bisa dijalani. Kunjungi Pulau Kunti dan ajak orang-orang terdekat Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button