Berita Wisata

Keindahan Puncak Sekawan, Wisata Alam Unggulan di Blitar memanjakan mata Anda

Blitar

Puncak Sekawan merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Desa Wisata Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Pesona Puncak Sekawan seakan memanjakan mata para wisatawan.

Puncak Sekawan bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Blitar. Puncak yang memuncak pada 711 meter di atas permukaan laut ini menawarkan pemandangan yang indah.

Tak heran jika Puncak Sekawan menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi untuk menghabiskan akhir pekan bersama teman, keluarga atau orang tersayang.

kawanan puncakAda 225 anak tangga yang harus didaki untuk mencapai Puncak Sekawan (Foto: Fima Purwanti)

Dari pusat kota, Puncak Sekawan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam menggunakan sepeda motor atau kendaraan lain. Akses jalan utama menuju lokasi sangat mudah. Namun, sekitar 1 kilometer dari Puncak Sekawan yang masih berupa batu dan tanah.

“Kalau untuk akses jalan beraspal memang ada, masih usulan perbaikan. Tapi kami melihatnya sebagai tantangan sebelum sampai di Puncak Sekawan. Bisa dibilang menarik,” kata pejabat Puncak tersebut. Sekawan, Aziz Muhaimin to Jawa TimurRabu (21/12/2022).

Sepanjang perjalanan, mata akan dimanjakan dengan pemandangan hutan pinus. Udara segar dan suasana sejuk seakan datang.

Ada kurang lebih 225 anak tangga untuk mencapai Puncak Sekawan. Tak perlu khawatir, anak tangganya sudah dibuat kokoh dan cukup lebar agar wisatawan nyaman saat mendaki.

Beberapa tempat peristirahatan berupa gazebo juga disediakan bagi wisatawan yang merasa lelah saat menaiki tangga. Selain itu, di sisi kanan tangga terdapat beberapa jalur menuju area camping.

Sebuah lingkaran dengan gambar arah mata angin menjadi ikon Puncak Sekawan. Tempat ini juga menjadi spot foto favorit para wisatawan. Di sana, wisatawan juga bisa bermain dengan burung merpati.

“Kalau cuacanya bagus bisa melihat matahari terbit atau terbenam dengan jelas. Bisa juga melihat Gunung Kelud, Gunung Sleeping Beauty atau Gunung Kawi,” kata Aziz.

Puncak Sekawan dilengkapi dengan café yang tak kalah nyaman karena menawarkan pemandangan hutan yang rindang. Fasilitas lainnya, berupa mushola, kamar mandi, tempat parkir.

“Kami juga menawarkan persewaan peralatan camping, serta paket wisata lainnya, karena kami sudah menjadi bagian dari desa wisata semen tersebut,” jelasnya.

Terkait penghargaan ADAI 2022, Aziz mengatakan Desa Wisata Semen memang berhasil menjadi juara pertama kategori Desa Wisata Maju. Menurutnya, hal itu karena Desa Wisata Semen berhasil mendapatkan banyak poin pada indikator evaluasi.

“Termasuk misalnya paket wisata yang lengkap dan fasilitas yang memadai. Alhamdulillah kami bisa membawa pulang sang juara, terbayar berkat kerja keras tim Desa Wisata Semen dan dukungan seluruh pihak. acuan untuk terus berkembang,” pungkas Aziz.

Harga tiket masuk ke Puncak Sekawan adalah Rp 10.000 per orang. Sedangkan parkir kendaraan bermotor mulai dari Rp 5.000.

Simak Video “Kakorlantas Polri Gelar Rakor Pengamanan Natal dan Tahun Baru”
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/tebal)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button