Berita Wisata

Keindahan Pura Mangkunegaran pasca pernikahan Kaesang

Jakarta, CNNIIndonesia

Pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep bersama Erina Gudono berlangsung pada Minggu (11/12/2022), di mana Candi Mangkunegaran akan menjadi tempat penerimaan.

Lokasi Candi Mangkunegaran terletak di Jalan Ronggowarsito No. 83, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. Candi ini hanya berjarak 2 kilometer dari stasiun Balapan, Solo.

Candi Mangkunegaran sebenarnya adalah istana resmi Kadipaten Mangkunegaran, sekaligus tempat tinggal para adipati Mangkunegaran. Belakangan ini, tempat ini menjadi semakin indah untuk upacara pernikahan sakral Kaesang dengan Erina.

IKLAN

GULIR UNTUK MEMBATASI KONTEN

Ketua Panitia Pernikahan Kaesang-Erina, Erick Thohir menjelaskan, Pura Mangkunegaran akan dihias dengan bunga dan berbagai sentuhan tambahan untuk pencahayaan ruangan.

Citra Pura Mangkunegaran juga berkembang sebagai objek wisata penting di kota Solo yang indah dan bersejarah. Dengan dekorasi yang ditambah nuansa adat tradisional Jawa, Pura Mangkunegaran siap tutup mulut untuk pernikahan Kaesang-Erina.

“Lampu sudah diperbaiki agar setelah melangsungkan pernikahan Candi Mangkunegaran ini tetap menjadi destinasi wisata yang menarik. Insya Allah Candi Mangkunegaran menjadi salah satu destinasi wisata wajib di Surakarta untuk dikunjungi masyarakat,” ujar Erick Thohir.





Candi Mangkunegaran Solo.  Arsip Foto PLNCandi Mangkunegaran di Solo. (Foto: Arsip Foto PLN)

Seperti dikutip dari visitjawatengCandi Mangkunegaran dibangun pada tahun 1757 oleh Raden Mas Said atau lebih dikenal dengan Pangeran Samber Nyawa yang kemudian menjadi Pangeran Mangkunegoro I.

Candi Mangkunegaran berarsitektur Jawa kuno, Joglo, dengan bangunan seluruhnya terbuat dari kayu. Secara arsitektural, kompleks bangunan kuno ini memiliki bagian-bagian yang mirip keraton seperti pamedan, pendapa, pringgitan, dalem dan keputrèn.

Di gedung ini juga terdapat museum yang bisa dikunjungi wisatawan. Padahal, Pura Mangkunegaran merupakan istana resmi Kadipaten Mangkunegaran, sekaligus kediaman Adipati Mangkunegaran.

(ya ya)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button