Berita Wisata

Keindahan Situ Cicarem Kuningan yang memiliki danau sebening kaca

Kuningan

Wisata Kuningan memang terkenal dengan keindahannya. Wisatawan bisa memilih destinasi berbeda dengan segala panoramanya.

Jika bosan dengan kunjungan yang itu-itu saja, coba luangkan waktu untuk mengunjungi Situ Cicerem. Sebuah danau cantik yang airnya konon sebening kaca.

Di kalangan traveler, objek wisata Kuningan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Pasalnya, pemandangan danau biru yang indah menjadi primadona di sana. Tak ayal, destinasi ini selalu ramai saat akhir pekan tiba.

Situ Cicerem terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Lokasinya tepat berada di dataran rendah di kaki Gunung Ciremai. Meski begitu, tempat tersebut menghadirkan rasa sejuk dengan kondisi lingkungan yang asri.

Untuk mencapai objek wisata Situ Cicerem, pengunjung dapat berkeliling dengan menggunakan roda dua maupun roda empat. Jika Anda pergi dalam rombongan, wisatawan tidak perlu khawatir karena tempat ini dapat diakses dengan bus.

Perjalanan ke Situ Cicerem bisa melalui jalan Jalan Raya Sumber, Kabupaten Cirebon. Sebab, jalur ini terhitung paling cepat untuk sampai ke tempat wisata tersebut. Jaraknya hanya 12 km dengan waktu tempuh sekitar 21 menit.

Berdasarkan rute terdekat tersebut, Detikers hanya perlu memulai perjalanan dari kantor Bupati di Cirebon. Kemudian ikuti jalan menuju Jalan R. Dewi Sartika sejauh 3,5 km. Lalu belok kiri menuju Jalan Sindang Jawa-Mandirancan sejauh 1 km. Setelah itu belok kanan ke Jalan Raya Desa Cisaat, Cirebon.

Ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan hingga tiba di objek wisata Situ Cicerem di desa Kaduela.

Perjalanan ke danau jernih desa Kaduela ini dijamin tidak akan membosankan. Pasalnya, di sepanjang jalan, wisatawan bisa melihat sawah hijau milik warga setempat. Perasaan ini tentunya sangat tepat untuk momen relaksasi.

Objek Wisata Situ Cicerem, Harga Tiket dan Fasilitasnya

Situ Cicerem atau yang lebih dikenal dengan Telaga Biru Cicerem ini dikelola secara swadaya oleh BumDes Arya Kamuning di desa Kaduela. Berkat pengelolaan dan penataan yang baik, danau tersebut kini menjadi tempat wisata favorit Kabupaten Kuningan.

Pemantauan detikJabar Di lokasi, hal pertama yang akan dirasakan pengunjung saat pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini adalah suasana damai dan udara segar Situ Cicerem. Rindangnya pepohonan di sekitarnya akan menambah asri suasana tempat ini.

Namun daya tarik Situ Cicerem tidak sebatas itu saja. Pasalnya, tempat ini memiliki satu poin utama yaitu keindahan danau yang dapat memanjakan mata.

Situ Cicerem memiliki air berwarna biru yang menjadi ciri khasnya. Jika beruntung, terkadang wisatawan bisa menyaksikan kondisi air yang sangat jernih di tepi danau.

Berkat kejernihan airnya, wisatawan bisa melihat dengan jelas ratusan ikan yang menghuni Situ Cicerem. Menariknya, wisatawan bisa membeli pelet dari beberapa warung untuk memberi makan ikan di danau ini. Cukup merogoh kocek Rp 5.000, pengunjung bisa leluasa membuang makanannya ke danau. Seketika, ikan akan langsung melahapnya.

Atraksi semacam ini menarik banyak wisatawan yang datang ke tempat ini selain keindahan danaunya.

“Saya sengaja ke sini untuk liburan keluarga. Tempatnya bagus, apalagi kita bisa memberi makan ikan di sini. Anak-anak saya juga suka datang ke wisata ini,” kata seorang turis asal Tegal bernama Firdaus (32), dalam perbincangan dengan detikJabar , Sabtu (14/1/2023) siang.

Menurut penilaian Firdaus, Situ Cicerem bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk liburan akhir pekan. Tak hanya keindahan danaunya, harga tiket di lokasi ini juga relatif terjangkau.

Untuk sekedar menikmati suasana dan keindahan Situ Cicerem, hanya merogoh kocek Rp 10.000 untuk membeli tiket. Harga tersebut sebanding dengan pengalaman perjalanan yang sulit untuk dilupakan.

Firdaus mengaku sangat senang menghabiskan liburannya di Situ Cicerem. Selain itu, ada beberapa spot menarik untuk berfoto selfie bersama keluarga.

“Menurut saya tempat ini cukup murah untuk harga tiketnya. Ditambah lagi ada beberapa wahana yang ditawarkan, jadi kita tidak hanya melihat pemandangannya saja,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur BumDes Arya Kamuning Iim Ibrahim (45) menjelaskan kawasan wisata Situ Cicerem memiliki luas sekitar 3 hektare. Dimana, destinasi ini dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Salah satu tempat yang banyak disukai wisatawan, jelas Iim, adalah ayunan yang digantung di pohon. Itu terletak hanya sekitar sudut dari danau.

“Kita punya spot foto yang paling favorit, yaitu ayunan. Jadi pengunjung bisa foto-foto di atas ayunan sambil di bawah ada puluhan ikan cantik. Kalau mau yang bagus-bagus juga bisa menyewa fotografer,” jelas Iim.

Secara keseluruhan, terdapat tiga buah ayunan di Situ Cicerem. Harga sewanya sendiri Rp 10.000 untuk single swing, Rp 8.000 untuk double swing dan Rp 8.000 untuk oriental double swing.

Saya menambahkan pengunjung tidak diperbolehkan berenang di tempat ini karena kedalamannya mencapai 18 meter. Meski begitu, wisatawan bisa menyewa perahu untuk digunakan berkeliling danau. Ada dua jenis perahu yang disediakan yaitu perahu karet Rp 35.000 dan perahu fiber Rp 10.000.

“Fasilitas lainnya antara lain mushola, warung, gazebo, taman bermain anak dan lain-lain. Semuanya kami atur agar pengunjung betah di tempat ini. Tiket masuk Rp 10.000, sedangkan parkir motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000, ” dia menyimpulkan.

Dengan keindahan dan tata letak kawasan yang tertata apik, Situ Cicerem bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu berwisata bersama pasangan atau keluarga.

Simak video “Pesta Dadung, Kesenian Tradisional Kuningan Jawa Barat”
[Gambas:Video 20detik]
(perwakilan/perwakilan)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button