Berita Wisata

Kembalinya Pesona Bukit Ganduman

Karanganyar – Bukit Ganduman yang terletak di Dusun Kadipekso, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan hamparan kebun teh bagi pengunjung. Lokasi Bukit Gandangan berada di jalan menuju kawasan wisata candi Cetho.

Di atas bukit, pengunjung bisa melihat keagungan Gunung Lawu dan atraksi paralayang di hari yang cerah. Bukit Ganduman hanyalah sebuah bukit yang ditanami pohon teh.

Hingga akhirnya karang taruna setempat mengubahnya menjadi tempat wisata dengan penambahan fasilitas berupa gardu pandang, spot selfie dan landmark Bukti Ganduman.

Sayangnya, sejak Covid-19 melanda, Bukit Ganduman tidak terawat karena sepi pengunjung. Hal inilah yang menarik minat mahasiswa KKN-T Universitas Slamet Riyadi yang mengikuti Program Belajar Mandiri Kampus (MBKM) untuk melakukan kegiatan pengembangan desa wisata di Bukit Ganduman, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.

Seperti yang diungkapkan Anindita W, salah satu mahasiswa KKN-T, Bukit Ganduman masih menyimpan pesona alam yang menarik perhatian pengunjung dan masyarakat umum asalkan dibersihkan dan dikelola dengan baik. Maka mahasiswa KKN-T Unisri ini mencoba membantu dan bekerjasama dengan pihak terkait untuk menghidupkan kembali objek wisata Bukit Ganduman.

“Kegiatan yang dilakukan untuk pengembangan desa wisata di bukit Ganduman antara lain membersihkan bukit dari sampah dan ilalang, menghias bukit dengan tanaman hias, merenovasi spot foto yang sudah ada, selain itu proses pemulihan ekonomi masyarakat. Desa Gumeng turun tangan menjaga loket masuk Bukit Ganduman, mempromosikan wisata Bukit Ganduman di media sosial,” jelasnya, Sabtu (7/1/2023).

Dengan berkembangnya Desa Wisata Bukit Ganduman diharapkan perekonomian Desa Gumeng tumbuh dan berkembang atau menambah daya tarik pengunjung melalui tampilan baru Bukit Ganduman dan dapat berfungsi kembali.

Ide dan dukungan dari mahasiswa KKN-T Unisri diapresiasi oleh Lurah Gumeng Suryanto yang mengaku senang dan sangat berterima kasih telah mengembalikan wisata tersebut dan dapat berjalan kembali. (Merah/AW)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button