Berita Wisata

Kembangkan Pariwisata Pascapandemi, Narasumber YAI UPI Ciptakan Peta Digital Interaktif Untuk Pengelola Tur Trekking Sentul – Teropong News

105 total tampilan (baca)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Pandemi Covid-19 membawa banyak perubahan di berbagai sektor. Hampir semua kehidupan dan aktivitas manusia termasuk dalam hal berwisata. Sentul Trekking, Bogor, Jawa Barat merupakan sirkuit yang ramai sejak masa pandemi dan masih berlangsung hingga saat ini.

Kawasan Sentul Bogor dikenal menawarkan banyak wisata alam yang menarik antara lain air terjun, hutan lindung, hutan rakyat, kawasan karst (gua), perkampungan, persawahan, perkebunan, sumber air panas dan objek wisata lainnya.

Ribuan wisatawan telah menginjakkan kaki di alam Sentul berkat jasa operator wisata alam yang tergabung dalam asosiasi operator Sentul dan pemandu wisata bernama Local Guide Sentul Community. Salah satu operator jasa wisata alam terbuka adalah PT. Cakar Langit Indonesia, Mitra Tim Pelaksana Mathing Fund 2022.

Dana Pendamping (MF) merupakan bentuk nyata dukungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia untuk menciptakan kolaborasi dan sinergi strategis antara tenaga pendidikan tinggi (perguruan tinggi) dan industri. Direktur PT. Cakar Langit Indonesia, Dadan Anwarudin, mengatakan peta digital interaktif ini sangat diperlukan pengelola pariwisata sebagai inovasi dalam pengembangan industri pariwisata yang dipimpinnya. Bantuan para ulama, dosen dan mahasiswa dari UPI YAI sangat membantunya mengembangkan usahanya.

Keenam dosen anggota tim MF ini diketuai oleh Dr. Euis Pupita Dewi, dari bidang arsitektur dan kewilayahan, dengan anggota Dr. Je Gede Agus Suwartane, Dr. Siti Komsiah, Dr. Nana Trisnawati, Dr. Maya Syafriana dan Dr. Rilla Sovitriana yang berasal dari berbagai disiplin ilmu yaitu sistem informasi, komunikasi, manajemen dan psikologi. Kegiatan diawali dengan focus group discussion (FGD) untuk menggali preferensi masyarakat terhadap peta digital interaktif untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, guide dan manajemen PT. Cakar Langit Indonesia, juga untuk pelaku bisnis lokal, peta digital ini nantinya akan menampilkan jalur dan atraksi wisata alam serta informasi pendukung pariwisata masyarakat lokal yang bermanfaat bagi wisatawan dan pengelola pariwisata, serta untuk membantu UKM lokal meningkatkan perekonomian mereka.

Beberapa produk unggulan UKM lokal di Sentul adalah budidaya kopi dan aren yang berpotensi menjadi destinasi dan produk pendukung wisata trekking Sentul yang dapat dikembangkan.

Selama ini masih sedikit orang yang mengenal kopi dari Sentul, padahal rasa dan aromanya tidak kalah dengan kopi dari daerah lain. Begitu pula dengan gula aren yang merupakan salah satu produk pertanian unggulan masyarakat setempat, yang selama ini produksi dan pemasarannya sangat terbatas.

Tim pelaksana MF juga memberikan pendampingan untuk mendorong produktivitas usaha lokal menjadi bagian dari destinasi baru dalam wisata trekking.

Selain itu, melalui kegiatan ini, mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus dan belajar memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat. Kolaborasi antara dosen dan mahasiswa UPI YAI ini seharusnya memungkinkan terciptanya aplikasi One Stop Sentul Tourism.

Aplikasi ini juga diharapkan menjadi pintu masuk yang mengintegrasikan berbagai pihak pendukung wisata alam terbuka di Sentul, Bogor, dengan melibatkan tidak hanya pengelola wisata dan wisatawan, tetapi juga bagi masyarakat sekitar untuk berperan aktif dalam kegiatan wisata dalam rangka memperkaya wisata trekking di Sentul. . , Bogor, Jawa Barat.

Seperti itu:

Saya suka memuat…

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button