Berita Wisata

Kemenkominfo Dorong Digitalisasi Desa Wisata Matim – ANTARA News Kupang, Nusa Tenggara Timur – ANTARA News Nusa Tenggara Timur

Borong (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggenjot digitalisasi desa wisata Golo Loni, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur dengan menghadirkan layanan telekomunikasi melalui stasiun pangkalan (BTS) BAKTI Kominfo.

“Infrastruktur ini tidak hanya didigitalkan dalam konsep pariwisata, tetapi lebih luas lagi, dalam konteks pelayanan masyarakat, pemerintahan desa, ekonomi desa, kesehatan desa, bahkan pendidikan desa”, kata Menkominfo Johnny G Plate dalam kunjungan kerja meninjau pembangunan BTS Bakti Kominfo di desa Golo Loni, Kabupaten Manggarai Timur pada Kamis (22/12/2022).

Menkominfo menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur digital telah dilakukan secara besar-besaran di Indonesia. Sejalan dengan pesan Presiden RI Joko Widodo, pembangunan infrastruktur digital ini harus dimanfaatkan dan inklusif.

Johnny mencontohkan lokasi BTS di desa wisata ini yang berada persis di pinggir jalan. Menurutnya, BTS terikat dengan sinar pelayanan. Oleh karena itu, jika sudah ada BTS dan jalan raya, pembangunan kawasan desa harus difokuskan di sana.

“Sehingga sekolah terdekat, puskesmas, rumah warga dan kantor desa berada di area sekitar BTS dan ada sinyalnya,” kata Johnny.

Dalam kunjungan tersebut, Menkominfo menyerahkan tiga unit laptop kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Golo Loni untuk digunakan dalam mempromosikan pariwisata di desa tersebut.

Johnny juga mengajak pemerintah desa dan masyarakat untuk memanfaatkan berbagai pelatihan digital, baik pemasaran desa maupun bahasa Inggris desa.

“Untuk kita punya talenta digital, ada program Kominfo untuk pelatihan digital. Saya yakin desa bisa berkembang dengan baik,” ujarnya.

Kepala Desa Golo Loni, Yohanes B Okalung, menyampaikan terima kasih atas dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika kepada desa wisata tersebut, khususnya dalam mewujudkan jaringan tersebut.

Desa Golo Loni memiliki empat jenis objek wisata unggulan yaitu objek wisata arung jeram, agrowisata persawahan, kolam pemancingan dan spot foto. Menurutnya, jaringan internet akan memudahkan Pokdarwis mempromosikan potensi wisata ini.

“Digitalisasi sangat membantu kami. Selama ini sudah ada turis Amerika, Jerman, Australia, dan domestik. Mereka menginap sampai seminggu,” katanya.

Ia berharap dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika berupa BTS BAKTI Kominfo dapat semakin mempermudah berbagai kegiatan pemasaran produk wisata. Sehingga, semakin banyak orang yang ingin mengunjungi desa tersebut.

“Kalau banyak yang berkunjung, ekonomi desa bisa meningkat,” ujarnya.

Baca Juga: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate mengenakan pakaian adat Bajawa memperingati HUT RI ke-77

Baca Juga: Menkominfo minta pemkab siapkan SDM daerah untuk memajukan pariwisata

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenkominfo perkuat digitalisasi desa wisata di Manggarai Timur

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button