Berita Wisata

Kemenparekraf: Festival Danau Sentarum untuk kembangkan ekonomi pariwisata

Festival Danau Sentarum adalah tradisi kebanggaan yang terus hidup

Kapuas Hulu (ANTARA) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menilai festival Danau Sentarum yang digelar di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Festival Danau Sentarum merupakan tradisi kebanggaan yang dijunjung tinggi dan berpotensi menumbuhkan ekonomi pariwisata Kapuas Hulu,” ujarnya.
Koordinator Strategis dan Komunikasi Pariwisata Alam, Budaya, dan Buatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Firnandi Ghufron, di Lanjak Kapuas Hulu, Kamis malam (1/12).

Ghufron menyampaikan, Festival Danau Sentarum di Kabupaten Kapuas Hulu masuk dalam agenda karisma kalender nusantara yang perlu terus digalakkan agar semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kapuas Hulu.

Menurutnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sangat mendukung pengembangan potensi wisata Kapuas Hulu dengan harapan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Kami usulkan festival Danau Sentarum bertepatan dengan libur panjang, agar lebih banyak kunjungan wisatawan daerah dan domestik bahkan mancanegara,” kata Ghufron.

Dikatakannya, masyarakat Kapuas Hulu memiliki tradisi budaya yang luar biasa, sehingga dapat dibanggakan dengan tradisi budaya nusantara dalam mengembangkan potensi pariwisata, salah satunya di Kalbar.

“Terus wujudkan pariwisata berkualitas di Kapuas Hulu karena memiliki potensi besar untuk menumbuhkan ekonomi pariwisata di masyarakat,” kata Ghufron.

Tindak lanjut di lapangan saat acara pembukaan Festival Danau Sentarum, Koordinator Strategis dan Komunikasi Pariwisata Alam, Budaya, dan Buatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Firnandi Ghufron didampingi oleh Bupati Kapuas Hulu Francis Diaan dan pejabat Pemprov Kalbar serta tamu undangan disambut dengan prosesi adat Dayak Iban, Melayu dan Dayak Tamambaloh.

Festival Danau Sentarum sendiri digelar di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang akan digelar mulai 1 hingga 4 Desember 2022.

Danau Sentarum termasuk dalam kawasan taman nasional yang memiliki panorama alam yang berada di lintas utara Kabupaten Kapuas Hulu dan berbatasan langsung dengan negara Malaysia.

Baca Juga: Tiga Suku Kapuas Hulu Gelar Ritual Festival Danau Sentarum

Baca Juga: Festival Dunia Danau Sentarum digeber di 16 negara

Baca Juga: Pemda desak sukseskan festival Danau Sentarum di perbatasan
Firnandi Ghufron, Koordinator Strategis dan Komunikasi Pariwisata Alam, Budaya, dan Buatan, didampingi Bupati Kapuas Hulu, Francis Diaan, disambut dengan tari Tamambaloh Dayak pada pembukaan Festival Danau Sentarum, Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Kamis (12/1)./2022). ANTARA (Teofilusianto Timotius)

Pengkhotbah: Teofilusianto Timotius
Penerbit: Zita Meirina
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button