Berita Wisata

Kementerian PUPR Kembangkan Kawasan Wisata Religi Umbul Jumprit di Temanggung

Kementerian PUPR Kembangkan Kawasan Wisata Religi Umbul Jumprit di Temanggung

Temanggung, Jawa Tengah – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung pengembangan kawasan wisata Umbul Jumprit di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, dengan membangun beberapa fasilitas penunjang.

Wisata Religi Umbul Jumprit yang terletak di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah merupakan salah satu tempat yang dijadikan wisata nasional oleh Kementerian PUPR.

Kawasan tersebut diharapkan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Temanggung yang menjadi tempat wisata religi bagi umat Buddha, khususnya berupa Air Suci Waisak.

Pengembangan kawasan ini dilakukan secara terpadu dengan infrastruktur khususnya jalan sanitasi, penyediaan air baku dan bersih, pengelolaan sampah dan perbaikan habitat penduduk berdasarkan rencana induk. .pembangunan infrastruktur.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan infrastruktur yang telah dibangun di kawasan wisata Umbul Jumprit yaitu pembangunan jalan, penyediaan air baku dan air minum untuk 6 desa, pengembangan tempat wisata dan pembangunan rest area yang menelan biaya total anggaran sekitar 20 miliar APBD 2022.

Prasarana penunjang sanitasi lingkungan juga direncanakan dengan toilet wisata, tempat pengelolaan sampah dan sistem penyediaan air minum.

“Tidak hanya wisata super prioritas seperti Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo yang diresmikan Presiden kemarin di Manado, tapi juga wisata desa. Wisata desa seperti ini cukup penting dan potensial” kata Menteri Basuki Hadimuljono.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button