Berita Wisata

Kenali profil dan tempat wisata kota Al Khor

Piala Dunia 2022 secara resmi akan berlangsung di Qatar. Sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022, Qatar telah menyiapkan 8 stadion yang tersebar di 5 kota besar seperti Lusail, Al Khor, Al Rayyan, Doha dan Al Wakrah.

Pembukaan Piala Dunia 2022 akan berlangsung di stadion Al Bayt yang berkapasitas 60 ribu penonton. Stadion Al Bayt berada di kota Al Khor. Kota ini terletak di bagian utara Qatar sekitar 50 kilometer sebelah utara ibu kota Doha. Berikut profil dan sejarah kota Al Khor, tempat dibukanya Piala Dunia 2022.

Profil Kota Al Khor dan Tempat Wisata

    Benteng Al Zubara

Benteng Al Zubara (Gerbang Riset)

Stadion Al Bayt diambil dari kata “bayt al sha’ar” artinya tenda. Berdasarkan sejarahnya, dulu orang beraktivitas di Qatar dan kawasan Teluk Persia. Stadion Al Bayt memiliki area hijau terbuka untuk berbagai olahraga. Selain sepak bola, stadion ini digunakan untuk lari, bersepeda, menunggang kuda, dan unta berkuda.

Kota Al Khor adalah kota terbesar di Qatar. Wisatawan dapat menikmati pemandangan kota dan sejarah kota. Wisatawan dapat menikmati wisata sejarah di Qatar. Mengutip dari getyourguide.com, bagian utara Qatar berangkat dari pelabuhan Al Khor. Kota ini merupakan pusat pemancingan dan penyelaman mutiara.

Wisatawan dapat mengunjungi Mangrove Al-Thakira di Qatar. Pengunjung bisa melihat hutan bakau tertua dan terbesar di negara Qatar. Ada juga benteng Al Zubara yang dibangun pada abad ke-20.

Bangunan ini telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Ada tembok setebal satu meter untuk menangkal penjajah. Bangunan benteng ini membuat ruangan tetap sejuk di musim panas.

Benteng ini dibangun oleh Syekh Abdullah bin Jassim Al Thani pada tahun 1938. Awalnya benteng ini digunakan sebagai pos penjaga pantai. Belakangan, benteng tersebut menjadi museum untuk memamerkan beragam koleksi pameran dan karya seni.

Benteng ini diakui dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO dan dilestarikan. Wisatawan juga bisa belajar tentang kehidupan militer pada abad ke-18 dan ke-19.

8 stadion Piala Dunia Qatar 2022

1. Stadion Al Bayt

Stadion Al Bayt

Stadion Al Bayt (EmpatEmpatDua)

Stadion Al Bayt akan menjadi stadion pembuka Piala Dunia 2022. Stadion ini digunakan untuk pertandingan sepak bola termasuk semifinal. Stadion Al Bayt dapat menampung 60.000 orang. Stadion ini memiliki fasilitas yang mewah diantaranya atap stadion yang bisa ditutup dan dibuka.

2. Stadion Internasional Khalifa

Stadion Khalifa merupakan stadion tua yang didirikan pada tahun 1976 di Qatar. Kapasitas stadion sekitar 20.000 hingga 45.000 penonton. Stadion ini menjadi tuan rumah Piala Teluk dan Asian Games.

3. Stadion Al Janoub

Stadion Al Janoub terletak di kota Al Wakrah, 21 km dari ibu kota Doha. Stadion ini dibangun mulai tahun 2014 dan selesai pada tahun 2019. Stadion ini mengalami perombakan besar yaitu bagian eksterior. Eksteriornya terinspirasi oleh gurun pasir di Timur Tengah

4. Stadion Al Thumama

Stadion Al Thumamah

Stadion Al Thumama (www.fourfourtwo.com)

Stadion Al Thumama dapat menampung hingga 40.000 penonton. Mengutip dari rri.co.id, stadion ini memiliki gahfiya yang didesain unik, yaitu topi anyaman tradisional Timur Tengah.

5. Stadion 974

Stadion 974 terletak di kota Doha. Dinamakan 974 karena arsiteknya menggunakan bangunan 974 kontainer dari besi tua. Kemudian bangunan itu dimodifikasi sedemikian rupa.

6. Stadion Lusail yang ikonik

Stadion Lusail Iconic adalah stadion yang indah di Qatar. Stadion menyediakan listrik dari matahari. Stadion Lusail menggunakan energi terbarukan, mengurangi emisi gas dan karbon. Kapasitas stadion mampu menampung 80.000 penonton.

7. Stadion Kota Pendidikan

    Stadion Kota Pendidikan

Stadion Kota Pendidikan (beIN SPORTS)

Stadion Kota Pendidikan berada di kota Al Rayyan. Stadion ini resmi dibuka pada Februari 2020. Stadion ini berkapasitas hingga 45.000 orang.

8. Stadion Ahmad bin Ali

Stadion Ahmad bin Ali dibongkar pada tahun 2015. Kemudian stadion dibangun kembali untuk Piala Dunia 2022. Stadion Ahmad bin Ali berkapasitas 20.000 hingga 40.000.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button