Berita Wisata

Kenalkan Potensi Wisata, Dosen IPB University Kenalkan Aplikasi Wisata Alam Gunung Dago

TRIBUNENEWSBOGOR.COM – Muh Faturokhman SPt, MSi beserta tim, melalui program Dospulkam Home Village (Dospulkam) berupaya untuk mempromosikan wisata alam Gunung Dago agar lebih dikenal masyarakat luas.

Hal itu ia lakukan dengan memberikan pelatihan kepada para pemandu wisata dan memperkenalkan aplikasi Wisata Alam Dago.

“Pariwisata merupakan sektor yang memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan dan perekonomian Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya destinasi Kabupaten Bogor, baik wisata alam maupun buatan serta infrastruktur akomodasi dan kekayaan budaya yang tersebar di 40 kecamatan, ” ujar dosen senior IPB tersebut.

Wisata Alam Gunung Dago terletak di Desa Dago, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor.

Wisata ini menampilkan keindahan alam Gunung Dago. Wisata alam ini telah bermitra dengan Perhutani, Lembaga Desa Hutan Kemasyarakatan (LMDH) dan para pemuda Desa Dago.

“Harapannya program ini bisa terus berlanjut agar perkembangan Desa Wisata Dago bisa terus meningkat, baik dari sisi pemasaran, skill SDM maupun pengembangan pelaku komersial di sekitar tempat wisata,” harapnya.

H Mahfud selaku pembina LMDH Desa Dago dan LMHD Kabupaten Bogor mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University yang telah memberikan ilmunya untuk pengembangan Wisata Alam Dago.

Dengan demikian, penduduk Desa Dago tidak lagi tertinggal dalam ilmu pengetahuan dan bisa lepas dari kemiskinan.

Hal senada disampaikan perwakilan Perhutani Parung Panjang.

Menurutnya, LPPM IPB University telah membantu mitranya yakni LMDH Desa Dago untuk lebih maju dalam meningkatkan pendidikan dan mengembangkan wisata Gunung Dago ke depan.

“Prestasi Wisata Alam Dago dalam empat tahun terakhir sangat bagus, yaitu menempati urutan ke-15 se-Jawa Barat dan Banten,” ujarnya.

Sementara itu, Dr. Sofyan Sjaf selaku Wakil Rektor LPPM IPB University bidang Pengabdian kepada Masyarakat turut hadir dalam acara peluncuran aplikasi Wisata Alam Dago.

Dalam kesempatan ini, ia berharap masyarakat dapat mengambil manfaat dari inovasi-inovasi yang dihasilkan IPB University.

“LPPM IPB University selalu terbuka dan tanggap jika ada hal-hal yang dibutuhkan untuk pengembangan Desa Wisata Dago ke depan. Alasannya, saya yakin pertumbuhan ekonomi dimulai dari desa, sehingga ekonomi desa perlu ditingkatkan,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button