Tempat Wisata

Kepulauan Karimunjawa – Atraksi, Aktivitas Liburan, Tempat dan Biaya Perjalanan

Biaya Tur: Mulai dari Rp60.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Karimunjawa, Kab.Jepara, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Ternyata Kepulauan Karimunjawa terletak di Pulau Jawa, lebih tepatnya di Jepara. Untuk luasnya sendiri sekitar 1.500 hektar daratannya saja, sedangkan lautnya sekitar 110.000 hektar tidak terlalu luas.

Pulau ini juga terbagi menjadi beberapa wisata lainnya seperti: B. Budidaya Hiu, Bukit Joko Tuo, Mangrove Tracking dan jangan lupa untuk mencintai perbukitan. Tempat-tempat ini memiliki spot yang sangat menarik dan bisa dijadikan spot foto.

Pemandangan bawah lautnya sangat indah, ditemani oleh terumbu karang dan juga ikan-ikan kecil. Jadi, jika Anda ingin berlibur lebih lama, Anda bisa datang ke Pulau Karimunjawa. Biar makin seru, kamu bisa ajak keluarga atau grup kamu biar makin seru.

Tempat Wisata Kepulauan Karimunjawa

Tempat Wisata Kepulauan KarimunjawaSumber Gambar: Google Maps Naelki Lynx

1. Memiliki warna air kehijauan

Kepulauan Karimunjawa memiliki air yang jernih dan bersih serta tampak kehijauan dari kejauhan karena pantulan badan alga di bawah air. Selain itu, saat berenang, tubuh Anda akan terasa dingin dan juga segar.

2. Memiliki banyak pohon

Menariknya, tempat wisata ini memiliki banyak pepohonan sehingga bisa membuat kesan yang bagus. Dan dapat digunakan sebagai tempat berteduh untuk menghindari panasnya sinar matahari.

3. Udara sejuk

Pulau eksotis ini sangat cocok untuk berlibur. Karena udara disini sangat sejuk dan bisa menciptakan suasana liburan yang santai.

4. Banyak spot foto

Daya tarik Kepulauan Karimunjawa tidak boleh dilewatkan. Karena tempatnya yang indah dan instagramable ini, ia dikejar oleh generasi muda dan ibu-ibu modern untuk diabadikan melalui fotografi.

5. Banyak wahana air untuk dicoba

Daya tarik selanjutnya dari pulau ini adalah banyaknya wahana air seperti banana boat, snorkeling dan scuba diving yang wajib Anda coba. Untuk membuat liburan Anda lebih berwarna, tidak membosankan hanya menikmati pemandangan.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat Pulau KarimunjawaKredit foto: Stok Ekstra Google Maps

Siapa sangka letak Kepulauan Karimunjawa berada di Laut Utara, tepatnya di Jawa Tengah dan lebih khusus lagi di daerah Jepara. Jadi mampir ke sini kalau liburan ke Jawa Tengah. Anda dapat menggunakan Google Maps untuk mempermudah Anda, atau Anda cukup mengandalkan rambu-rambu jalan di pinggiran kota.

Ada dua jalur yang bisa Anda tempuh untuk menuju lokasi Karimunjawa, yaitu melalui jalur laut dan jalur udara. Jika menggunakan jalur laut, Anda harus merencanakan sekitar 5 hingga 6 jam, cukup membuang waktu dalam perjalanan bukan? Kalau begitu, Anda bisa menyewa kapal Muria di pelabuhan Kartini dengan harga yang cukup terjangkau sekitar 60.000.

Sebaliknya, jika menggunakan kapal ekspres, waktu tempuh akan lebih singkat. Namun, harga yang harus dikeluarkan cukup mahal yaitu 150.000 rupiah.

Yang kedua adalah lintasan. Rute ini memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan menakjubkan yang ditawarkan tur dari atas. Namun, waktu berkendara yang perlu ditempuh lebih cepat, yaitu sekitar 30 menit, jadi Anda hanya bisa merasakan pemandangan sesaat. Dan biaya yang dikeluarkan juga cukup mahal dibandingkan dengan biaya lewat darat.

Untuk menuju tempat ini Anda bisa menggunakan mobil, sepeda motor, bus atau bahkan pesawat terbang jarak jauh. Jalan yang perlu dilintasi juga tidak begitu sulit sehingga beberapa kendaraan ini dapat dengan mudah melewatinya.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya perjalanan ke pulauKredit foto: Google Maps Adhitiya Indrawijaya

Jika ingin mengunjungi tempat wisata ini, maka perhatikan perkiraan biaya yang harus dikeluarkan di bawah ini. Pertama, jika Anda datang dari luar atau bahkan dari luar negeri, sebagian dari Anda akan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil sebagai gantinya.

Oleh karena itu, tempat parkir juga direncanakan di sekitar lokasi. Harga yang cukup terjangkau untuk sepeda motor akan dikenakan biaya 2.000 rupiah sedangkan untuk mobil hanya akan mengeluarkan biaya 5.000 rupiah. Namun, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Setelah itu, Anda membutuhkan jasa kapal yang melewati pelabuhan seperti kapal feri dan kapal ekspres untuk sampai ke tempat tersebut. Harganya pun bervariasi mulai dari 60.000 hingga 150.000 rupiah.

Tentu saja, jika Anda tiba di Kepulauan Karimunjawa dan tidak menggunakan kendaraan pribadi, Anda harus menyewa sepeda motor untuk memudahkan perjalanan Anda. Harganya sekitar 100.000 rupiah per hari.

Untuk memasuki beberapa lokasi di pulau-pulau tersebut, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 150.000. Cukup murah bukan, karena dengan harga tersebut Anda bebas menikmati keindahan pulau sepuasnya.

Selain itu, jika ingin bermalam, Anda bisa menyewa penginapan yang jaraknya tidak jauh dari objek wisata.

Aktivitas Seru di Kepulauan Karimunjawa

Aktivitas Seru untuk Kepulauan KarimunjawaSumber Gambar: Google Maps Evy Lorini

1. Menyelam

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan di tempat ini adalah scuba diving. Kegiatan ini bertujuan agar Anda dapat melihat keindahan pemandangan bawah laut menggunakan peralatan scuba lengkap agar lebih aman. Karena kegiatan ini dilakukan di perairan yang lebih dalam di Kepulauan Karimunjawa.

2. Memancing

Kegiatan selanjutnya adalah memancing. Di tempat wisata ini, Anda tidak perlu khawatir jika membawa alat pancing dari penginapan atau rumah. Karena disini sudah ada tempat untuk menyewa kebutuhan tersebut, jadi lebih mudah.

3. Main banana boat

Aktivitas selanjutnya lebih menantang, salah satunya adalah mengendarai banana boat ini. Game ini dapat menguji keberanian Anda saat berada di papan yang berbentuk seperti pisang kemudian ditarik oleh perahu motor.

Walaupun diambil di tengah laut, cukup aman ya. Karena keselamatan diberikan kepada Anda berupa pelampung yang menempel di tubuh Anda. Dan jangan khawatir karena game ini menampung lebih dari 2 orang agar lebih seru.

4. Ambil foto

Salah satu aktivitas seru yang wajib kamu lakukan di objek wisata Kepulauan Karimunjawa ini adalah fotografi. Mengapa demikian karena pulau ini memiliki banyak pemandangan indah seperti bukit cinta. Karena ketika Anda datang ke sini Anda bisa melihat pantai, tanaman hijau dan lembah.

5. Menikmati matahari terbenam

Sebaiknya datang ke pulau ini pada pagi hari agar Anda bisa mencoba mengunjungi tempat-tempat di pulau tersebut dengan puas. Selain itu, jika Anda berada di sini hingga sore hari, Anda akan memiliki pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Penyebabnya karena generasi cahaya oranye yang dipancarkan.

6. Snorkeling

Aktivitas Seru di Kepulauan KarimunjawaKredit foto: Cerita Google Maps WHd

Anda juga bisa snorkeling di sini. Kegiatan ini hampir mirip dengan scuba diving, namun yang membedakan hanyalah kedalaman airnya. Jika Anda menyelam lebih dalam, snorkeling akan memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan dunia bawah laut dengan kedalaman air yang cukup dangkal, sehingga lebih aman, terutama untuk pemula, akan sangat cocok.

7. Bermain pasir

Pasir di Kepulauan Karimunjawa sangat indah dan berwarna putih dengan tekstur yang lembut. Jadi Anda bisa bermain dengannya seperti membangun istana pasir atau yang serupa.

8. Berjemur

Wisatawan yang datang dari luar negeri sangat menyukai kegiatan ini. itu bertujuan untuk membuat kulitnya eksotis seperti orang Asia. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang datang dari luar negeri untuk berjemur di pulau-pulau tersebut.

9. Menikmati matahari terbit

Jika anda berkunjung ke wisata Kepulauan Karimunjawa ini, anda juga bisa bermalam untuk menikmati sunrise di pagi hari. Panorama ini sangat mengesankan dan jarang Anda temukan saat berada di perkotaan, sehingga harus diabadikan. Apalagi bagi pecinta petualang, tentu panoramanya akan menjadi buruan.

10. Pengejaran Mangrove

Pulau ini memiliki kawasan mangrove yang cukup luas dengan jalan kayu yang panjang. Anda dapat menemukan banyak spesies hewan dan tumbuhan yang berbeda dan indah di objek wisata ini. Tapi ada cukup banyak nyamuk di daerah ini, jadi akan lebih baik jika Anda datang ke sini dengan lotion anti nyamuk.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi murah terdekatKredit foto: Google Maps M. Arief Rahman Halim

1. Asta homestay

Penginapan pertama yang terletak di dekat objek wisata Kepulauan Karimunjawa adalah Asta Homestay. Anda bisa menyewa tempat ini dengan harga yang cukup murah yaitu hanya sekitar 150.000 saja. Selain itu fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap, seperti kamar yang luas dengan kamar mandi pribadi dan AC, wifi, TV dan juga tempat parkir yang luas.

2. Wisma E2

Desain tempat ini cukup menarik seperti jawa kuno dan setiap unit dibangun memanjang dan berdampingan. Fasilitas yang dikandungnya adalah jumbo bed, sehingga bisa menampung 3 sampai 4 orang. Untuk harganya sendiri, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 200.000 saja.

3. Leyeh-Leyeh Hostel Karimunjawa

Anda bisa menginap di sini dengan harga yang terjangkau karena hanya 125.000. Fasilitas yang ditawarkan juga nyaman, seperti tempat tidur besar dengan kursi, meja dan lemari serta tersedia juga sarapan pagi. Selain itu, desain sendiri juga sangat keren karena terdapat banyak tanaman hijau di depan penginapan.

Fasilitas yang tersedia di Kepulauan Karimunjawa

Kelembagaan Kepulauan KarimunjawaKredit foto: Stok Ekstra Google Maps

Tentu saja fasilitas pertama di Kepulauan Karimunjawa adalah tempat parkir. Karena tempat ini sangat penting bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, baik roda empat maupun roda dua.

Setelah itu ada kamar mandi, fasilitas ini wajib ada di setiap objek wisata mengapa demikian karena sangat penting dan dapat menunjang kebutuhan pengunjungnya untuk merasa nyaman.

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah perahu. Karena perahu ini bisa berperan sebagai penghubung antara dua pulau untuk sampai di tempat tujuan. Ada juga gazebo yang bisa Anda gunakan sebagai tempat berteduh.

Fasilitas terakhir di tempat ini adalah banyak fitur air yang seru dan menantang. Jadi sangat cocok untuk anda yang menyukai hal baru dan belum pernah melakukan hal ini sebelumnya.

Itulah beberapa informasi tentang Kepulauan Karimunjawa, mulai dari rute yang harus ditempuh hingga biaya yang perlu dikeluarkan, semuanya terangkum dalam pembahasan di atas. Hal ini membuat perencanaan liburan menjadi lebih mudah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button