Berita Wisata

Kereng Bengkirai, Kalimantan Tengah, dikunjungi 20.000 orang saat musim liburan

Liputan6.com, Palangkaraya Momentum liburan tahun baru dimanfaatkan warga Palangka Raya untuk mengunjungi objek wisata Kereng Bengkirai, Taman Nasional Sebangau di Kalimantan Tengah. Berbeda dengan dua tahun lalu, tahun ini pemerintah resmi mencabut Undang-Undang Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Dengan demikian, aktivitas warga lebih leluasa keluar rumah untuk menikmati perayaan akhir tahun bersama keluarga. Alhasil, lebih dari dua puluh ribu pengunjung memadati kawasan wisata Keren Bengkirai, berangkat dari 130 perahu dan 127 perahu kecil.

“Saat ini kawasan Perairan Hitam Kereng Bengkirai dikunjungi sekitar 20.000 wisatawan dengan 130 perahu pemberangkatan dan 127 perahu kecil,” kata Sabran selaku pejabat, Minggu (1/1/2023).

Dengan dihapusnya PPKM, pengelola mengaku sangat senang karena objek wisata tersebut sangat ramai dan perputaran ekonominya bagus. Mereka juga berharap corona segera berlalu sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk bepergian.

“Pertama, karena ini tahun baru dan kedua, pencopotan PPKM juga membuat masyarakat lebih leluasa beraktivitas, sehingga tidak ada lagi rasa khawatir dan takut akan Corona,” tambah Sabran.

Sementara itu, Dewi, salah satu pengunjung, mengaku memilih liburan di Kereng Bengkirai karena hemat. Dengan biaya Rp 25.000 pengunjung sudah bisa naik perahu untuk menikmati wisata air seperti penyeberangan sungai di kawasan Taman Nasional Sebagau.

“Wisata air hitam tidak ada di tempat lain, di sini airnya hitam dari akarnya dan kembali ke alam di Kalteng,” pungkas Dewi.

Sebagai informasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan 1,4 miliar wisatawan nasional dan 7,4 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2023. Hal ini sejalan dengan pulihnya pariwisata Indonesia pascapandemi COVID-19.

Bersamaan dengan itu, strateginya adalah mendorong lima destinasi super prioritas (DSP), sejumlah event tahunan, MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) serta meningkatkan kualitas pariwisata melalui rekualifikasi, pelatihan dan peningkatan sumber daya manusia. di sektor terkait. .

Jelang menyambut Tahun Baru 2023, ribuan wisatawan mengunjungi objek wisata Ulun Danu Beratan di Tabanan Bali. Jumlah pengunjung tempat wisata ini mengalami peningkatan yang signifikan.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button