Berita Wisata

Kereta Api Pertama di Sulawesi Mulai Beroperasi, Ini Jadwal dan Rutenya!

Bisnis.com, JAKARTA – Kereta api pertama di Sulawesi yakni jalur Makassar-Parepare dioperasikan secara terbatas untuk umum. Masyarakat dapat menggunakan moda transportasi ini untuk melintasi Stasiun Garongkong-Stasiun Mangilu secara gratis selama masa uji coba.

Warga Kabupaten Barru dan Kabupaten Pangkep kini bisa mencoba menggunakan KA Andalan Celebes (KA) jalur Stasiun Garongkong-Stasiun Mangilu, dan Kereta Api Lontara arah sebaliknya dari Stasiun Mangilu-Stasiun Mangilu Garong Kong.

Pj Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulmafendi mengatakan jalur kereta api merupakan salah satu jalur kereta api di Indonesia yang menggunakan standar lebar rel 1.435 mm.

“Dengan lebar rel, kereta api dari Sulawesi akan dapat berjalan lebih cepat dan nyaman dibandingkan kereta api dari Pulau Jawa,” kata Zulmafendi saat meninjau keterbatasan operasi jalur kereta Makassar.Parepare, dikutip dari a siaran pers, Minggu (30/30). /10/2022).

Selain itu, Zulmafendi mengatakan jalur KA Makassar-Parepare memiliki potensi wisata yang sangat tinggi. Pemandangan di sepanjang jalan dianggap sebagai daya tarik wisata tersendiri.

Belum lagi ada banyak kawasan wisata seperti Wisata Alam Anjungan Sumpang Binangoe, Wisata Alam Pantai Ujung Batoe, Wisata Mangrove Dewi Biringkassi, ujarnya.

Kedepannya, stasiun Rammang-Rammang yang sangat dekat dengan objek wisata Geopark Rammang-Rammang juga akan segera beroperasi. Untuk itu, keberadaan jalur kereta api diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan di Sulawesi Selatan.

Pada tahap awal operasi uji coba terbatas, sepanjang 66 kilometer (km) jalur kereta api, kereta api akan dapat diakses oleh publik melalui tujuh stasiun, termasuk Stasiun Garongkong, Stasiun Barru, dari Tanete Rilau, Stasiun Mandalle, Stasiun Ma’rang , Stasiun Labakkang dan Stasiun Mangilu.

Zulmafendi mengatakan masyarakat bisa langsung mendatangi stasiun-stasiun tersebut pada masa uji coba operasi terbatas ini jika ingin mencoba naik KA Andalan Celebes atau KA Lontara.

Uji coba KA Andalan Celebes dan Lontara akan dilakukan sehari sekali dan akan diberangkatkan pada pukul 10:18 WITA dari stasiun Garongkong dan 16:05 WITA dari stasiun Mangilu.

Calon penumpang harus dapat memberikan data pribadi kepada agen stasiun berupa nama, alamat, nomor telepon dan kesan/pesan selama kegiatan uji coba operasi.

“Saya berharap masyarakat bisa mencoba mengenal moda transportasi kereta api ini sehingga menjadi kebanggaan masyarakat Sulawesi,” ujarnya.

Simak berita dan artikel lainnya di berita Google

Tonton video yang dipilih di bawah ini:

Konten premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih mendalam

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button