Berita Wisata

Kerkhof, tambah indah lagi wisata sejarah dengan kuliner malam di Garut

Kerkhof atau ditulis juga Kerkof artinya kuburan, berasal dari dua suku kata, yaitu kerk yang artinya gereja dan hoff yang artinya pelataran. Karena memang fungsi awal Kerkhof adalah kuburan atau pemakaman.

Kerkhof telah berubah fungsi dari waktu ke waktu, dari area pemakaman, arena pacuan kuda, dan fasilitas olahraga. FYI, Kerkhof tidak hanya ada di Garut saja, ada juga kelurahan lain seperti:

  • Cimahi, Jawa Barat.
  • Magelang, Jawa Tengah.
  • Kebumen, Jawa Tengah.

sibuk bahkan jika itu bukan akhir pekansibuk bahkan jika itu bukan akhir pekan

Saat ini Kerkhof Garut memiliki fungsi lain selain sebagai tempat berolahraga yaitu menjadi kawasan wisata kuliner malam dengan hiburan.

Berikut ulasan Wisata Kuliner Malam Kerkhof Garut sebagai bahan referensi wisata kuliner selain Pasar Ceplak Garut yang sudah lama melegenda.

Sejarah Kerkhof Garut

Sebelum membahas wisata kuliner malam Kerkhof lebih jauh, ada baiknya Anda mengetahui sejarah singkat Kerkhof Garut.

Kerkhof Garut sudah ada sejak lama yaitu mulai tahun 1923 dengan luas sekitar 2 hektar berfungsi sebagai tempat pemakaman orang Belanda atau Eropa.

Kemudian pada tahun 1981 pemerintah Kabupaten Garut ingin memindahkan ratusan jenazah ke TPU Santiong di Karangpawitan, Garut. Memindahkan makam memakan waktu sekitar 3 tahun.

Sejarah Kerkhof Garut tidak berhenti disitu saja, pada masa pemerintahan bupati Hidayat, Kerkhof disulap menjadi lapangan pacuan kuda.

Pada tahun 2003, Kerkhof Garut berganti nama menjadi Sarana Olah Raga (SOR) Merdeka dan hingga kini menjadi tempat olahraga warga Garut.

adegan hiburanadegan hiburan

Lokasi Kerkhof Garut

Lokasi Kerkhof Garut berada di dekat Bundaran Kerkhof, tepatnya di Jl. Merdeka, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Jalan dari Kerkhof Garut sangat mudah dilalui baik menggunakan roda dua maupun roda empat menuju tempat parkir.

Bahkan pengunjung juga bisa menggunakan jasa Angkutan Kota (Angkot). Hampir semua angkot Garut akan melewati Kerkhof, kecuali angkot yang menuju Banyuresmi dan Leuwigoong.

Lokasi lapangan Kerkhof Garut dekat dengan bundaran Leuwidaun/Jayaraga dan cukup dekat dengan Alun-alun Kabupaten Garut.

Jam buka Kerkhof Garut

  • Jam buka Kerkhof dari Senin hingga Minggu
  • Jam buka Tur Kuliner Kerkhof adalah dari pukul 15:00 hingga 24:00

Pintu Gerbang Menuju Wisata Kuliner KerkhofPintu Gerbang Menuju Wisata Kuliner Kerkhof

Harga tiket masuk Kerkhof Garut

Saat memasuki kawasan wisata kuliner Kerkhof, Anda hanya perlu membayar biaya parkir yaitu:

  • Rp.2.000,- untuk sepeda motor
  • Rp.5.000,- untuk mobil

lihat juga: kebijaksanaan garut

Fasilitas Kerkhof Garut

Fasilitas di sekitar kawasan wisata kuliner Kerkhof antara lain:

  • area parkir kendaraan,
  • ruang sholat
  • Kamar mandi,
  • tempat bermain anak,
  • tempat foto,

fasilitas olahragafasilitas olahraga

Obyek wisata Kerkhof Garut

1. Tempat berolahraga di Garut

Sesuai dengan fungsinya, Lapangan SOR Merdeka atau Kerkhof merupakan tempat olahraga yang populer di Garut, setiap hari selalu dikunjungi oleh mereka yang ingin berolahraga dan sering dijadikan tempat evaluasi ujian mata pelajaran olahraga oleh beberapa sekolah.

Selain itu, fasilitas olahraga yang ada terbilang lengkap, seperti area latihan panahan, basket, voli, dan sepak bola.

Jika Anda datang pada hari Minggu, situasinya akan sedikit berubah, di banyak sisi akan penuh dengan pedagang yang menjajakan dagangannya. Seperti makanan, pakaian, aksesoris, hewan peliharaan. Bahkan ada permainan anak berbayar seperti mewarnai dan permainan mobil-mobilan.

wisata kulinerwisata kuliner

Lihat juga: Pantai Garut itu indah

2. Wisata Kuliner Malam di Garut

Gastronomi saat ini menjadi pilihan wisata, selain wisata alam dan wisata sejarah. Tempat makan dan nongkrong ini selalu ramai pengunjung, terutama di malam hari.

Kerkhof Garut saat ini menjelma menjadi tempat wisata kuliner di malam hari yang selalu ramai pengunjung, tidak hanya malam minggu saja, apalagi setiap malam pengunjung selalu dihibur dengan live music.

Ada banyak variasi makanan dan minuman, mulai dari cemilan manis sampai pedas, dari masakan Eropa sampai masakan Jepang, dari cari minuman manis sampai kopi.

Pokoknya kenyang banget, pas kesana kita coba pesen cumi bakar saus taichan dan pesen nasi goreng gila. Rasanya enak banget, tapi harganya terjangkau.

menu pertama yang kita pilihmenu pertama yang kita pilih

lihat juga: kawah garut

Untuk cumi sendiri harganya bervariasi, mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp 25.000,- tergantung mau ukuran kecil atau besar. Untuk nasi goreng harganya Rp 15.000,- per porsi.

Tempat duduk yang disediakan cukup banyak, jika hujan tidak perlu khawatir kehujanan karena tim Kerkhof Night Food Tour telah menyediakan payung besar yang akan diikat jika cuaca mulai hujan.

Disini juga terdapat wahana permainan anak berupa rumah balon yang berdiri di depan pintu masuk. Sehingga anak-anak tidak akan bosan sebelum makanan yang dipesan tiba. Wahana dibebankan secara terpisah.

Selain menjadi tempat berkumpul dan berburu kuliner di malam hari, kawasan kuliner malam Kerkhof juga menawarkan spot foto romantis berhiaskan lampu taman yang rindang.

tempat untuk berfototempat untuk berfoto

Penutupan

Wisata Kuliner Malam Kerkhof bisa menjadi referensi wisata kuliner di Garut, apalagi buka hingga tengah malam….

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button