Berita Wisata

Keseruan memberi makan kelinci di Cagar Alam Panbil

Batam, berita Batam – Jenuh dengan aktivitas sehari-hari yang membosankan, tak ada salahnya mencoba tempat refreshing di tengah kota. Salah satu tempat wisata menarik di Batam, sebut saja Cagar Alam Panbil Eco Edu Park. Lokasi ini bisa menjadi alternatif liburan bersama keluarga atau teman di akhir pekan.

Cagar Alam Panbil dibuka pada 3 Desember 2021. Tempat ini memiliki beragam wahana dan pemandangan alam yang cukup menyegarkan. Konsepnya adalah Eco Edu Park, semacam wisata alam yang edukatif dan rekreasional.

Batam terkenal dengan pusat perbelanjaan dan pantainya. Saat ini Cagar Alam Panbil menawarkan sesuatu yang berbeda.

Pengunjung memberi makan satwa di Kolam Koi atau Kolam Ikan Koi di Cagar Alam Panbil. (Foto: Batamnews)

Harga tiket sangat terjangkau. Tarif sepeda motor Rp 10.000 sedangkan mobil Rp 20.000. Lokasi ini juga merupakan tempat yang tepat bagi ekspatriat yang tinggal di Villa Panbil untuk bersantai di sore hari atau sekedar berbelanja bahan makanan di supermarket.

Kebun binatang ini tidak memiliki banyak hewan, namun cukup menyenangkan untuk berjalan-jalan sambil memberi makan kelinci, burung, dan rusa di sana.

Pengelola telah membangun taman kelinci, paviliun burung, kubah merak, deretan burung merpati, kolam koi, dan suaka reptil.

Cagar Alam Panbil Eco Edu Park. (Foto: Batamnews)

Fuad, petugas cagar alam Panbil Eco Edu Park yang diwawancarai Batamnews, Sabtu (3/12/2022) mengatakan, ada empat wahana yang bisa dinikmati pengunjung sambil memberi makan satwa. “Ada komidi putar, rusa, burung, kelinci, ikan koi,” ujarnya.

Sedangkan untuk fasilitas suaka reptilia monitoring Batamnews akan selalu diupdate oleh pihak pengelola. Hanya seekor biawak dan ular sanca sepanjang sekitar 10 meter yang terlihat tidur di pinggir kandang.

Untuk pakan ternak, seperti yang dikatakan Fuad, pengunjung dikenakan biaya Rp 110.000 per orang untuk masuk ke semua wahana dan langsung memberi makan. “Untuk ikan Koi hanya Rp 35.000,” ujarnya.

Demikian pula pengunjung yang ingin memberi makan atau bertemu hewan (melihat dari dekat) di salah satu wahana saja harus dikenakan tarif yang tidak berbeda jauh. Tarif ini merupakan bagian dari biaya memberi makan hewan tadi.

Terlihat sejumlah turis asal Singapura ramai memberi makan ikan sore itu. Begitu juga wisatawan lain yang bermain bersama anaknya dan memberi makan kelinci di taman kelinci.

Tempat ini juga memiliki spot foto yang menarik. Selain itu, bisa juga dijadikan tempat jogging sore. “Biasanya pengunjung banyak di akhir pekan,” kata Fuad.

Tempat wisata ini buka mulai pukul 07:00 hingga 22:00 WIB. Kebanyakan berinteraksi dengan hewan hingga pukul 18.00 WIB.

Cece, seorang pengunjung dari Nagoya Batam menghabiskan waktu bersama anak-anaknya berlibur di sini. “Saya kebetulan datang dari Nagoya, kebetulan saya sedang liburan, jadi saya bawa anak-anak,” ujarnya.

Usai melihat binatang, pengunjung bisa bersantai di Atrium. Lokasi ini terdiri dari kafe dan supermarket yang menjual berbagai jenis makanan ringan, makanan berat, dan kebutuhan lainnya. Outlet seperti KFC, masakan oriental yang berasal dari Korea, kedai es krim, dan kafe juga tersedia.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button