Berita Wisata

Keseruan Tahun Baru Gumebyar di Pantai Dewaruci, mulai dari performance art hingga kehadiran artis Nafa Urbach

Dilaporkan oleh Reporter Tribun Jogja, Dewi Rukmini

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO – Acara Tahun Baru Gumebyar hari pertama di Pantai Dewaruci Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (29/12/2022) berlangsung meriah.

Ratusan orang terlihat memenuhi panggung utama performance art yang berada di pelataran parkir Pantai Dewaruci sisi barat.

Mereka tampak asyik menginterpretasikan kesenian Jaran Kepang dari zaman ke zaman, baik yang diperagakan oleh anak-anak, remaja bahkan ibu-ibu (ibu-ibu).

Kesenian Jaran Kepang dibuat oleh Kelompok Komunitas Seni Widotomo dari Desa Hulosobo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Baca Juga: Bupati Purworejo Lantik Plt Kades Pengganti Desa Curug

Selain itu, penonton juga disuguhi tarian Wang Wang 166 (baca: Wang Wang Jinemnem), penampilan Jati Arum Little Dolalak dan acara senam massal di pagi hari.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sore itu terlihat ratusan bahkan ribuan orang mengunjungi kawasan wisata Pantai Dewaruci Jatimalang.

Beberapa turis terlihat berjalan-jalan di tepi pantai atau makan, namun ada juga turis yang datang ke panggung untuk menyaksikan pertunjukan kesenian Jaran Kepang.

Saat acara dimulai, penonton otomatis mendekat untuk mengambil posisi, membentuk lingkaran besar.

Yang unik dari acara tersebut adalah anak-anak muda terlihat berdesak-desakan untuk duduk di barisan depan untuk menonton pertunjukan.

Mereka duduk diam di barisan depan, tampak fokus memperhatikan setiap gerak-gerik sang penari.

Sefi (13), penonton dari desa setempat mengaku senang dengan acara tersebut.

Ia mengatakan awalnya ingin bermain di pantai bersama teman-teman seusianya.

Namun, saat melihat penonton di venue, ia mendekat dan merasa senang sekaligus bersemangat menyaksikan penampilan artistik tersebut.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button