Berita Wisata

Keterlibatan masyarakat sangat diperlukan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke pantai selatan

HARIANHALUAN.COM – Sebagai kawasan yang selama ini dijadikan sebagai tujuan utama kunjungan wisata di Sumbar, sudah seharusnya terus berbenah terutama dalam memperbaiki sikap dan perilaku agar wisatawan merasa aman dan nyaman selama berkunjung.

“Partisipasi masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang nyaman di setiap destinasi wisata akan mempengaruhi kemajuan pariwisata.” kata Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Olahraga Pemuda Wildan, Selasa (22/11) di Painan.

Menurutnya, sektor pariwisata terus berkembang di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), sehingga peran kelompok sadar wisata (Pokdarwis) akan terus ditingkatkan di daerah ini, termasuk masyarakat.

Baca Juga: Sekda Pesisir Selatan Ingat Pentingnya Core Values ​​dan Employer Branding Dalam Penguatan Budaya Kerja ASN

Dan pelaku pariwisata harus bisa berinovasi dan memasarkan secara digital, termasuk media sosial, untuk menjangkau lebih banyak konsumen di tengah pandemi.
“Dalam pemasaran pariwisata, kita bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi, menggunakan pemasaran digital”,

Menekankan banyaknya media dalam pemasaran pariwisata, selain website resmi, jejaring sosial yang banyak diakses anak muda serta aplikasi pemesanan travel online, digital marketing memungkinkan untuk lebih mempersonalisasi target promosi, tergantung target yang diinginkan. Dengan demikian, pelaku pariwisata dapat secara efektif mengetahui demografi, psikografi, dan perilaku konsumen.

“Kita bisa lebih profesional, seperti menggunakan media sosial. Semakin digital kita, semakin global, semakin bisa menjangkau konsumen di berbagai negara,” jelasnya.

Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Olah Raga Muda Wildan mengingatkan agar stakeholder pariwisata berpegang pada konsep 3A dan mempersiapkannya dengan matang yaitu atraksi, amenitas dan aksesibilitas. Sebuah tempat wisata akan menarik bagi konsumen jika menyuguhkan daya tarik berupa atraksi, baik itu keindahan alam maupun budaya. Setelah memiliki modal tersebut, akses yang mudah dan fasilitas pendukung yang memadai juga bisa menjadi daya tarik wisatawan ke destinasi tersebut.

Ia berharap setelah berakhirnya pandemi Covid-19, kunjungan wisatawan ke daerah tersebut dapat semakin meningkat. Semua ini tentunya membutuhkan peran dan kepedulian semua pihak, terutama Pokdarwis sendiri.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button