Berita Wisata

Kisah Ivan Perisic bermain voli pantai sebelum menjadi bintang sepak bola hingga bergabung dengan timnas Kroasia

Suara.com – Pesepakbola Ivan Perisic disebut pernah bermain voli pantai sebelum menjadi bintang timnas Kroasia di Piala Dunia 2022. Nama Ivan Perisic menjadi perbincangan di kalangan pecinta sepak bola, apalagi setelah itu aksi heroiknya menyelamatkan Kroasia dari kekalahan melawan Jepang pada Senin (5/12).

Di babak 16 besar Piala Dunia 2022, pemain berusia 33 tahun itu berhasil loloskan Kroasia ke perempat final berkat golnya.

Awalnya, Jepang lebih unggul atas Kroasia sebelum babak pertama diakhiri dengan gol Daizen Maeda, lebih tepatnya pada menit ke-43.

Beruntung bagi Kroasia, Ivan Perisic mampu mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-55 melalui sundulannya yang membuat kedudukan menjadi 1-1 dan memaksa Jepang bermain hingga adu penalti.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Jelang Duel Maroko Vs Spanyol 16 Besar Piala Dunia 2022

Dalam adu penalti, tiga dari empat penembak Jepang gagal menyelesaikan tugasnya dan membantu Kroasia lolos ke perempat final Piala Dunia 2022.

Meski golnya hanya menyamakan kedudukan bagi Kroasia, Perisic tetap dianggap sebagai pahlawan tim berjuluk Vatreni melawan Jepang.

Siapa sangka sebelum menjadi andalan dan pahlawan timnas Kroasia, Ivan Perisic ternyata adalah seorang atlet voli pantai. Apa ceritanya?

Ivan Perisic sebenarnya sudah menggeluti dunia sepakbola sejak masih muda. Ia memulai karirnya di tim Kroasia, Hajduk Split saat masih muda.

Karena bakatnya tersebut, Perisic diburu oleh klub-klub top Eropa seperti Ajax Amsterdam, Anderlecht, dan PSV Eindhoven.

Baca Juga: Hadapi 26 Pemain di Piala Dunia 2022, Timnas Brasil Cetak Rekor

Namun sebaliknya, Perisic dan keluarganya menerima tawaran Sochaux sebelum akhirnya pindah ke Club Brugge, Borussia Dortmund, VfL Wolfsburg, Inter Milan, Bayern Munich, dan kini Tottenham Hotspur.

Dari kiprahnya sejak kecil, bisa dikatakan Perisic lebih banyak berkutat di dunia sepak bola ketimbang olahraga lainnya.

Namun pada 2017, Perisic pindah ke olahraga lain. Tanpa ampun, olahraga yang ditekuninya adalah voli pantai.

Pilihannya bermain voli pantai cukup mengejutkan. Karena olahraga ini tidak termasuk dalam sembilan olahraga favorit di Kroasia.

Namun Perisic menunjukkan alasannya bermain voli pantai. Hal itu ia tunjukkan saat mengikuti FIVB Beach Volleyball World Tour 2017.

Peristiwa ini bukanlah peristiwa biasa. Ajang tersebut merupakan ajang kelas dunia atau kompetisi profesional bagi para atlet voli pantai.

Di ajang tersebut, Perisic menggandeng Niksa Dellorco. Sayang sekali kemajuan mereka tidak bertahan lama setelah kalah di laga pembuka melawan Alvaro Morais Filho dan Saymon Barbossa.

Sebagai informasi, ajang ini diperebutkan Perisic usai menyelesaikan musim 2016/2017 bersama Inter Milan. Sehingga keikutsertaannya ini tidak mengganggu karirnya.

Menilik kalibrasi, voli pantai sudah menjadi hobi Perisic sejak berusia 10 tahun. Maka tak heran jika ia mampu menembus kancah voli pantai profesional, meski statusnya sebagai pesepakbola profesional.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button