Berita Wisata

Kisah Mie Kocok Bandung yang melegenda

INSIDEN24.COM – Bandung tidak hanya memiliki objek wisata alam dan buatan yang menjadi favorit. Anda juga bisa menikmati berbagai wisata kuliner dengan kenikmatan yang sudah terbukti.

Mie Kocok Bandung merupakan sajian kuliner lezat yang bisa Anda nikmati bersama keluarga atau teman.

Seperti dikutip indonesiakaya.com, tidak diketahui bagaimana mie ini ditemukan. Namun yang pasti, mie berasal dari China sekitar 4000 tahun yang lalu.

Baca juga: Jajanan Modern yang Lagi Hits dan Bisa Disantap Saat Nonton Piala Dunia Qatar 2022, Begini Cara Menyiapkannya

Olahan mie menjadi unggulan dalam berbagai kreasi makanan yang dinikmati hampir semua kalangan. Salah satunya adalah mengocok mie.

Menurut Badri Hidayat dkk di 100 Tempat Jajanan dan Jajanan Legendaris di Bandung, nama mie goyang berasal dari cara pembuatannya yaitu dengan merendam dan mengocok mie dan tauge dalam air panas hingga agak layu.

Pengusaha warung mie kocok lebih memilih membuat mie sendiri daripada membeli mie yang sudah jadi.

Selain lebih murah, hal ini tentunya untuk mempertahankan cita rasa khas yang dimiliki oleh pengusaha yang membuka warung mie kocok tersebut.

Selain mie telur sebagai bahan utamanya, masakan ini menggunakan bahan lain seperti sawi dan tauge, daging, bakso, daun bawang, dan bawang goreng.

Baca Juga: Menikmati Wisata Kuliner Nasi Tutug Oncom Khas Tasikmalaya yang Hits dan Melegenda, Begini Caranya

Beberapa penjual mie kocok menggunakan arang dari api untuk membuat kuah dan rasa lebih terasa. Kaldu biasanya diperoleh dari daging, kikil dan tulang berisi sumsum yang direbus selama berjam-jam.

Dengan begitu aroma kuahnya tetap terjaga, sedangkan daging dan kikilnya empuk saat dicicipi di lidah. Untuk bumbu, ada yang menambahkan daun salam, serai dan jahe untuk menghilangkan rasa tengik tulang.

Ada juga yang menambahkan kunyit, ketumbar, ikan kembung dan bawang putih untuk menambah rasa dan aroma kuahnya.

Koran dagblad Algemeen Indisch terbitan 14 Februari 1947 memuat iklan restoran di Bandung bernama Hoa Sang.

Baca Juga : Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Tanpa Obat

Selain memiliki menu ala Eropa, restoran ini menawarkan menu basic mie kocok dan mie pangsit. Dipimpin oleh Lim Tjie – putranya, Lim Wasim, nantinya akan menjadi salah satu pelukis istana favorit Presiden Sukarno.

Kini, penjaja mie goyang legendaris tersebut tersebar di beberapa lingkungan di kota Bandung. Beberapa diantaranya eksis pada tahun 1960-an hingga 1970-an, sebut saja Mie Kocok Haji Endan, Mie Kocok Persib, Mie Kocok Subur, Mie Kocok Saad, Mie Kocok Bandung Mang Dadeng, Mie Kocok SKM dan Mie Kocok Cepay.***

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button