Berita Wisata

Kisah vila terbengkalai di Bandung, tempat syuting film Suzanna

Bandung Barat

Suasana yang sangat tenang dan menyendiri menyelimuti sebuah vila terbengkalai di Bandung Barat. Sebelumnya, vila ini digunakan untuk syuting film hantu yang dibintangi Suzanna.

Di dalam Kompleks Perumahan Katumiri di Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), berdiri sebuah bangunan yang menyimpan banyak cerita.

Bangunan tersebut berupa vila yang terletak di ujung kompleks. Berdiri dikelilingi perkebunan milik warga dan rimbunnya pepohonan hutan menuju objek wisata Curug Panganten.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Vila dua lantai itu kini terbengkalai. Beruntung masih ada lampu yang menyala sehingga tidak terlalu memberikan kesan seram bagi yang kebetulan datang melihat vila tersebut.

Bangunannya masih kokoh namun lusuh karena tidak terawat. Dindingnya penuh dengan grafiti. Saat bahan bangunan kayu dan kabin mulai terkorosi.

Ada beberapa kamar di vila tua. Di lantai bawah terdapat ruang tamu dan ruang keluarga serta beberapa kamar tidur. Sedangkan di lantai dua terdapat ruangan tanpa sekat, dengan asumsi berfungsi sebagai ruang pertemuan.

Agus Toyo (47), pengelola vila, mengatakan, bangunan itu sudah tidak digunakan sejak 2010. Sementara perawatan dan pengelolaan vila dikerjakan sendiri pada 2014.

“Jadi dulu vila ini sebagai arena rekreasi alam. Ada penginapan, taman bermain keluar. Pemiliknya perseorangan, tapi kemudian disita karena kredit macet,” kata Agus Toyo di detikJabar, Kamis (17/11). /2022).

Menjadi lokasi syuting Suzanna

Nuansa seram dan mistis yang tercermin dari keadaan vila yang terbengkalai ternyata pernah dijadikan lokasi syuting film horor yang dibintangi oleh Suzanna. Wanita bernama lengkap Suzanna Martha Frederika van Osch ini pernah dijuluki Ratu Horor Indonesia.

“Dulu dipakai untuk syuting, tapi saya tidak tahu tahun berapa. Namanya juga Villa Suzanna,” kata Agus.

Predikat vila seram sepertinya tak akan luntur setelah digunakan untuk menembak Suzanna. Apalagi sekarang sudah terbengkalai. Alhasil, vila tersebut kerap didatangi para pembuat konten yang membuat konten horor.

Nama-nama tenar yang pernah datang ke Villa Katumiri antara lain Risa Sarasvati, Ruben Onsu dan YouTuber konten horor lainnya. Mereka tiba sekitar tahun 2021 tetapi pada waktu yang berbeda.

“Ada Ruben Onsu, lalu Risa. Ya, kebanyakan bikin konten horor di sini,” kata Agus.

Sayangnya, vila tersebut dikotori oleh aktivitas negatif anak muda yang kerap mabuk-mabukan. Terbukti dengan bertebarannya botol miras bekas, bahkan tidak jarang ditemukan kondom.

“Ya benar, banyak orang datang ke sini untuk mabuk-mabukan, kami bisa menemukan kondom. Makanya warga dan aparat suka memecat mereka saat datang ke sini,” kata Agus.

—-

Artikel ini pernah dimuat di detikJabar dan selengkapnya bisa dibaca di sini.

Simak video “Menonton Gua yang Digunakan Sebagai Tempat Tinggal Petani di Majalengka”
[Gambas:Video 20detik]
(www www)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button