Tempat Wisata

KLEWER MARKET Wisata Belanja & Kuliner Solo Januari 2023

Tarif masuk pasar Klewer : Beragam. Jam buka: 09.00 – 18.00. Nomor telepon : -. Alamat: Jl. Radjiman, Gajahan, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia, 57155.

Setiap daerah memiliki pasar besar di pusatnya, seperti B.Solo dengan Pasar Cerdas Cukup terkenal. Pasar ini sudah ada sejak zaman dahulu, bahkan sejak pendudukan Jepang di Indonesia. Pasar ini terkenal sebagai pasar yang menjual berbagai jenis kain dan pakaian. Harganya pun cukup murah karena mematok harga grosir.

Pasar Klewer bukan lagi sekadar pusat perbelanjaan. Namun juga sering menjadi tujuan wisatawan di luar kota Solo. Kondisi pasar kini semakin membaik, berbeda dengan pasar tradisional pada umumnya. Bahkan lebih bersih dan lebih modern dengan lift di dalamnya.

Biaya masuk Pasar Klewer Solo

Tidak ada biaya masuk untuk objek wisata ini. Namun wisatawan akan dikenakan biaya parkir tergantung kendaraan yang digunakan. Persiapkan juga uang untuk membeli berbagai barang yang dibutuhkan di sini.

Biaya masuk
tiket masuk Gratis

Baca: 10 Tempat Wisata Menarik di Solo

Jam buka Pasar Klewer Solo

Pasar ini buka dari pagi hingga sore hari. Jika tidak ingin terlalu ramai dan mendapatkan harga murah, wisatawan bisa datang sesaat setelah pasar dibuka.

jam operasi
Setiap hari 09:00 – 18:00 WIB

Semuanya di Pasar Klewer Solo

Keberadaan Pasar Klewer yang bersih dan tertataTampilan Pasar Klewer bersih dan tertata. Foto: Gmap/PASAR KLEWER SOLO

Pasar Klewer merupakan pusat kain di Solo atau Surakarta. Kepopuleran pasar ini membuat orang-orang dari luar kota Solo datang ke pasar ini untuk berbelanja. Biasanya, pengunjung membeli pakaian secara grosir atau partai besar. Dari kualitas biasa hingga kualitas terbaik, semuanya ada di sini.

Kebanggaan warga Solo sejak itu meningkat. Pada tahun 2014 terjadi kebakaran yang menghancurkan pasar ini. Namun, segera diperbaiki dan sekarang terlihat lebih bagus, lebih rapi dan tentunya lebih bersih. Selain itu, pasar baru ini juga memiliki lift untuk memudahkan pengunjung yang membawa banyak barang.

Di sini wisatawan bisa membeli berbagai kain dan pakaian. Ada kain ikat celup, baju ikat celup, baju sarimbit, kebaya, daster hingga baju ukuran sedang kecenderungan. Lalu banyak kaos bertema solo yang dijual disini. Ada juga aksesoris seperti blangkon, gelang, kalung dan jilbab semua ada di pasar ini.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi TAMAN BALEKAMBANG Solo

Sejarah Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer sudah ada di Indonesia sejak pendudukan Jepang. Dahulu tempat ini tidak dikenal sebagai pasar. Daerah ini lebih dikenal sebagai stasiun kereta api. Sekaligus sebagai tempat berjualan para pedagang lokal.

Sering juga disebut dengan nama tersebut karena letaknya yang juga merupakan stasiun kereta api Pasar Slompretan. Slompret artinya peluit, yang ditunjukkan dengan peluit punggung saat kereta berhenti.

Di sini pedagang lokal menawarkan barang berupa kain batik. Uniknya, kain yang melambangkan barang diletakkan di atas bahu sehingga menjuntai tidak beraturan.

Benang ini disebut “berkleweran” dalam bahasa Jawa, sehingga sekarang dikenal dengan nama Pasar Klewer. Kemudian pasar ini mulai berkembang pada tahun 1942-1945 dan terus berkembang hingga tahun 1968. Pada tahun 1970, sebuah gedung pasar permanen bertingkat dibangun untuk menjual para pedagang ini.

Baca: Tiket Masuk Solo dan Wahana PANDAWA WATER WORLD

Surga belanja bagi para pencari makanan

Shop Alley di Klewer Marktgang toko. Foto: Gmap/Maruhal Mangasi

Pasar Klewer memang surga belanja bagi pengunjung yang mencari barang dalam jumlah besar. Serta harga grosir yang biasanya ditujukan untuk dijual kembali. Atau bagi pengunjung yang ingin mengadakan pesta pernikahan dan membutuhkan banyak bahan. Pengunjung dapat dengan senang hati mencari motif kain, membandingkan harga, dan menemukan bahan yang tepat.

Padahal, harganya murah. Meskipun demikian, pengunjung masih bisa tawar-menawar dengan vendor. Apalagi jika Anda sering berbelanja di toko, besar kemungkinan Anda akan mendapatkan harga spesial.

Selain batik dan handuk untuk resepsi, banyak juga baju muslim yang bisa dibeli di sini. Mulai gamis, baju koko, mukena, perlengkapan sholat dan jilbab juga tersedia. Tak heran, tempat ini menjadi surganya para retailer untuk menelusuri barang.

Baca: Tiket dan Atraksi Heritage Palace

Kuliner khas Solo

Gang Pusat Kuliner Pasar KlewerGang pusat kuliner. Foto: Gmap/Mastag

Pasar Klewer dikenal sebagai pusat grosir kain dan pakaian. Namun siapa sangka, pasar ini juga merupakan pusat kuliner. Tepatnya di lantai 3 pasar ini pengunjung akan menemukan berbagai kuliner yang nikmat. Kuliner khas Solo seperti Selat Solo dan Kemangi Dawet mudah ditemukan di sini.

Tempatnya sederhana, bukan food court seperti di mall, hanya depan toko kecil dengan kursi plastik. Namun, pengunjung tampaknya merasa nyaman di sini, menikmati kuliner yang nikmat. Pengunjung pun bisa lebih asyik mengobrol dengan para penjual makanan. Keramahan masyarakat Solo akan sangat terasa di sini.

keunikan penjual

Pedagang unikPedagang unik. Foto: Gmap/Yamin Nathaniel

Ada hal unik lain yang bisa ditemui wisatawan saat bertemu pedagang kaki lima di Pasar Klewer. Jika penjualnya adalah orang yang sudah lanjut usia, biasanya mereka mengetahui seluk beluk kain yang dijual. Contohnya adalah penjual kain jarik dengan berbagai motif batik. Kain jarik merupakan kain panjang yang biasa digunakan sebagai pakaian dalam kebaya atau beskap.

Setiap motif batik pada kain jarik memiliki arti tersendiri. Dan pramuniaga lansia ini dengan sabar menjelaskan arti dari motif kain tersebut. Ada motif khusus bangsawan, atau motif rakyat jelata. Semakin memiliki nilai motifnya, tentu saja harganya akan semakin mahal.

Fasilitas Pasar Klewer Solo

Pasar ini memiliki fasilitas umum yang lengkap. Mulai dari toilet, mushola, tempat cuci tangan hingga tempat duduk di area perbelanjaan. Ada juga jasa porter yang bisa disewa untuk mengangkat barang ke dalam kendaraan pengunjung.

Lokasi pasar Klewer Solo

Pasar ini terletak di Jl. Radjiman, Desa Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Lokasinya yang berada di pusat kota memudahkan wisatawan untuk berkunjung.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button