Berita Wisata

KOI menunggu instruksi dari Presiden Jokowi tentang AWBG 2023

Jakarta

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) sedang menunggu instruksi dari Presiden RI Joko Widodo terkait persiapan ANOC World Beach Games Bali 2023. Hal ini penting untuk mengoptimalkan persiapan.

Hal itu disampaikan Presiden KOI Raja Sapta Oktohari, terkait langkah komunikasi intensif yang terus dilanjutkan dengan Menpora Zainudin Amali.

“Sejak sosialisasi kemarin di G20, Menpora (Zainudin Amali) sudah berjanji akan fokus pada AWBG. Langkah selanjutnya, kami akan meminta jadwal dari presiden untuk mengoordinasikan atau mengarahkan kami,” kata Okto dalam siaran pers tertulis. , Rabu (30/11/2022).

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

“Termasuk seluruh kementerian dan lembaga serta stakeholder olahraga, agar AWBG Bali 2023 bisa terlaksana,” lanjutnya.

Menurut Okto, ekspektasi dunia terhadap penyelenggaraan AWBG Bali 2023 cukup tinggi. Apalagi setelah Presiden Joko Widodo menyampaikan kesiapan dan keinginan Indonesia untuk maju dalam pencalonan Olimpiade 2036 pada KTT Kepresidenan G20 beberapa waktu lalu.

“Sejak saat itu, mata dunia terhadap Indonesia cukup tinggi, ekspektasi mereka terhadap kita cukup tinggi, sehingga kita perlu mengoptimalkan persiapan dan membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah event kelas dunia.” , ujarnya. .

“Seperti kemarin, G20 sangat sukses, Asian Games, Para-Asian Games, SEA Games dan Solo ASEAN Para-Asian Games. Semua itu terakumulasi dalam kegiatan AWBG Bali 2023 dan pencalonan Olimpiade 2036.”

AWBG adalah acara pantai dan bahari multi-olahraga paling bergengsi yang dihadiri oleh 1.500 atlet dan 1.400 ofisial dari lebih dari 100 negara. Ini juga merupakan acara olahraga pantai dan air terbesar dengan kehadiran perwakilan dari 205 NOC dan 36 Federasi Internasional dari seluruh dunia.

Selain itu, organisasi olahraga internasional terkemuka juga akan hadir termasuk para pemimpin IOC, OCA, WADA dan CAS pada General Assembly yang akan diselenggarakan 13-15 Agustus di Bali.

AWBG Bali akan diselenggarakan mulai tanggal 5 hingga 12 Agustus 2023. Akan ada 14 cabang olahraga yang dipertandingkan. Antara lain, aquathlon, bola tangan pantai, sepak bola pantai, tenis pantai, voli pantai 4×4, polo air pantai, gulat pantai, karate kata individu, selancar layang dan renang perairan terbuka 5 km, bola basket 3×3, dayung pantai, selancar, dan bulu tangkis air.

Saat ini kualifikasi AWBG Bali masih berlangsung hingga tahun 2023. Beberapa cabang olahraga yang sudah lolos diantaranya Sprint Rowing, Aquathlon, Beach Soccer dan Beach Wrestling.

“Kami masih melakukan komunikasi intensif. Kami juga telah membagi beberapa subsistem pekerjaan yang perlu dilakukan. Ini bukan kegiatan pertama bagi kita semua, insyaallah Indonesia bisa memberikan yang terbaik”, ujar Okto.

(afff/afff)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button