Berita Wisata

Kolam Cisanggarung yang akan menjadi alternatif wisata di Bandung

Bandung

Embung Cisanggarung siap dioperasikan. Pemkot Bandung meyakini kolam retensi ini bisa menjadi alternatif kawasan objek wisata. Rencananya, Pemkot akan mengembangkan kolam retensi sebagai obyek wisata.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, pihaknya akan menghijaukan kawasan waduk Cisanggarung. “Kami akan menanam pohon yang tahan longsor. Apapun pohonnya,” kata Ema detikJabarSelasa (20/12/2022).

“Bisa juga menjadi potensi wisata, dengan suasana dan kondisi alam yang menurut saya luar biasa untuk sebuah kota,” tambah Ema.

Selama proses pembangunan embung Cisanggarung, Pemkot memanfaatkan akses jalan orang lain. Ema juga mengaku sudah memikirkan akses jalan yang memadai ke depannya. Dia memerintahkan bupati dan Dinas Air dan Jalan (DSDABM) untuk melanjutkan pembebasan lahan.

“Ternyata ada lahan yang bisa digunakan, proses pembebasannya tentu mengikuti aturan yang ada. Lalu ada lahan milik pengembang yang bisa bekerjasama dengan mereka. Lalu, ada seribu meter milik orang lain yang perlu dilepas tergantung harganya, pemkot punya kapasitas.Ini untuk akses jalan dan jembatan,” kata Ema.

Ema juga mendorong DSDABM untuk mempelajari area parkir yang sesuai untuk pengunjung di masa mendatang. “Tapi tidak untuk tahun ini. Jadi bisa jadi tempat yang nyaman, tempat wisata,” kata Ema.

Ema menambahkan, saat ini proses pengerjaan kolam retensi lebih kepada fasilitas penunjang seperti penghijauan, jalan dan sejenisnya. Selain itu, pihaknya juga akan menunjuk penjaga katup air di kolam retensi.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Jalan Raya (DSDABM) Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, saat ini pengerjaan lebih difokuskan pada penyelesaian pembangunan arigate. Ada empat pintu gerbang yang dibangun di kolam retensi ini.

“Itu saja, katupnya saja,” katanya.

Simak video “29 mahasiswa yang rusuh saat unjuk rasa KUHP di Bandung dipulangkan”
[Gambas:Video 20detik]
(selatan/dir)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button