Berita Wisata

Koleksi Museum Sultra memukau Peserta Pertukaran Pelajar Indonesia

KlikTIMES.COM|KENDARI — Puluhan mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Mandiri (PMM 2) mengunjungi Museum Negeri Sulawesi Tenggara di Kota Kendari pada Sabtu, mengagumi dan memuji beragam koleksi sejarah museum.

“Di Museum Negeri di Sulawesi Tenggara ini ternyata banyak koleksi masa lalu yang dilestarikan dan dirawat serta destinasi yang menarik untuk dikunjungi,” ujar
Nurhasibah, mahasiswi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Ia mengatakan, kedatangan mereka di Museum Negeri Sulawesi Tenggara dengan 80 mahasiswa pada PMM 2022 ini merupakan bagian dari studi modul nusantara yang termasuk dalam bagian mata kuliah mereka.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Jombang, Unik dan Instagrammable

“Jadi dalam modul nusantara ini kita melakukan observasi tentang budaya, adat istiadat, masyarakat dan perekonomian Sulawesi Tenggara. Dari kunjungan ke museum ini akan dilakukan laporan kegiatan temuan,” ujarnya.

Airlangga Firmasyah, mahasiswa asal Pasundan Jawa Barat mengatakan, saat berada di Museum Negeri Kendari, ia merasa mendapat pengetahuan baru tentang Sulawesi Tenggara.

“Di museum ini koleksinya cukup lengkap, mulai dari koleksi teknologi, ruang arkeologi, ruang keramik, seni rupa hingga detail pameran, mulai dari foto dan penjelasannya. Kita juga bisa melihat pakaian adat dan Anoa, hewan endemik Sulawesi Tenggara yang telah dilestarikan, katanya.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Gresik dan Tempat Instagramable

Di museum ini, kata mahasiswa lainnya, peninggalan sejarah abad 18-20, pakaian dari zaman kerajaan masih disimpan dan dirawat dengan baik, kerangka ikan paus biru sepanjang 12 meter dan tongkang suku Bajo.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button