Berita Wisata

Komunitas Innova menanam 2.000 mangrove di Pantai Indramayu

INDRAMAYU, KOMPAS.com – Toyota Innova Owners Club Indonesia (TIOCI) melakukan penanaman 2.000 pohon bakau atau mangrove di Pantai Tambak Raya (Pataya) Desa Tambak, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada tanggal 28 November 2022 dan dilaksanakan pada tanggal 19 November 2022.

Baca juga: Wuling Motors Sumbang Kesuksesan KTT G20 di Bali, Apa Perannya?

Kegiatan ini diprakarsai oleh Kepala Divisi Ekowisata Nusantara TIOCI, Ayank Yenny Rangkuti selaku divisi khusus TIOCI di bidang lingkungan.

Ilustrasi hutan mangrove.  Kawasan hutan mangrove sangat penting untuk perlindungan dan sebagai habitat satwa liar.SHUTTERSTOCK/Kichigin Ilustrasi hutan bakau. Kawasan hutan mangrove sangat penting untuk perlindungan dan sebagai habitat satwa liar.

Dalam sambutannya yang disampaikan staf ahli bidang pemerintahan, hukum dan kebijakan, Bupati Indramayu, Sugeng, mengatakan menanam dan merawat pohon merupakan investasi yang nilainya terus meningkat. .

“Gerakan menanam dan merawat pohon harus menjadi pedoman hidup budaya bangsa. Ekosistem hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem yang memiliki peran penting, karena hutan mangrove mampu beradaptasi dengan lingkungannya,” tambahnya. ujar dalam keterangan resmi, Kamis (24/11/2022).

“Fungsi ekosistem hutan mangrove meliputi fungsi fisik, biologi dan ekonomi, mangrove juga berperan penting dalam ekologi laut dan lingkungan pesisir, mencegah abrasi pantai,” ungkapnya.

Baca Juga: Toyota Pasang Bodykit Modellista di Innova Zenix

Toyota Innova Owners Club Indonesia (TIOCI) telah menanam 2.000 mangrove yang berlokasi di pesisir pantai Tambak Raya (Pataya), Desa Tambak, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu.Foto: TIOCI Toyota Innova Owners Club Indonesia (TIOCI) telah melakukan penanaman 2.000 mangrove yang berlokasi di pesisir pantai Tambak Raya (Pataya) Desa Tambak, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu.

Presiden TIOCI Iwan Setiawan mengatakan, “TIOCI ingin berperan dalam pelestarian lingkungan dan mengajak masyarakat lain untuk bersama-sama menghijaukan hutan dan pesisir.

“Tidak diragukan lagi bahwa mangrove memiliki begitu banyak manfaat bagi alam dan bagi kita sebagai manusia,” ujarnya.

“Agar alam mendapatkan banyak manfaat, seperti ikan menghabiskan sebagian waktunya di hutan bakau, akar bakau dapat menciptakan ekosistem yang kondusif bagi pertumbuhan hewan air,” kata Iwan.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button