Berita Wisata

Komunitas Pecinta Alam Pesisir Mutiara di Desa Batu Be Lubang bersama PT Timah akan menanam mangrove

Bangka Tengah (ANTARA) – Desa Batu Be Lubang akan menjadi salah satu kawasan yang akan ditanami mangrove oleh PT TIMAH Tbk bersama komunitas Pecinta Alam Pesisir Mutiara di desa Batu Be Lubang.

Untuk mempersiapkan hal tersebut, PT TIMAH Tbk bersama komunitas Pesisir Alam Pesisir Mutiara Desa Batu Be Lubang mengunjungi lokasi penanaman mangrove di kawasan RT 3 Desa Batu Behole, Rabu (26/10/2022).

Nantinya, sekitar 3.000 bibit mangrove pedada akan ditanam di kawasan ini.

Ketua Kelompok Pecinta Alam Pesisir Mutiara H.Andi Ahmad Nursalam mengatakan, lokasi penanaman mangrove akan disulap menjadi lokasi wisata mangrove.

“Hal ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Selain itu, kami juga berencana menjadikan tempat ini sebagai tempat penangkaran kepiting bakau dan udang vaname,” ujarnya.

Selain itu juga akan melibatkan UMKM untuk terlibat dalam pengembangan pariwisata, sehingga dapat memberikan multiplier effect.

“Kegiatan penanaman mangrove ini merupakan kegiatan pertama kami bersama PT Timah Tbk, saya berharap kedepannya kami akan sering melakukan hal seperti ini, tidak hanya di mangrove tetapi juga di hal lainnya,” ungkapnya.

Dikatakannya, kegiatan penanaman mangrove ini merupakan ide dari kelompok Pecinta Alam Pesisir Mutiara yang beranggotakan anak-anak muda. Dengan cara ini, dia mengatakan akan memberikan kegiatan positif.

“Anggota kami ada sekitar 50 lebih, insya Allah jumlah ini akan terus bertambah dengan kegiatan positif seperti ini. Selain itu, kami juga melibatkan teman-teman Bakamla, cendekiawan, komunitas, komunitas dan juga instansi lainnya,” kata Andi.

Turut hadir dalam kegiatan peninjauan tersebut Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Provinsi Bangka Belitung, Letkol (Letkol) Leonardi menyatakan antusias terhadap program yang dipimpin oleh PT Timah Tbk bersama Komunitas Pesisir Alam Pesisir Mutiara.

“Saya sangat antusias dengan program ini, karena program ini sangat sesuai dengan program yang telah kami rencanakan. Selain itu, program ini tentunya berdampak positif bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Leo berharap program seperti ini bisa terus berlanjut dan bisa terlibat dalam program-program tersebut juga.

“Insya Allah kedepannya kami dari Bakamla dapat bekerjasama dengan PT TIMAH Tbk dalam kegiatan penanaman mangrove ini. Dan bukan hanya di Desa Batu Be Lubang, tapi di seluruh wilayah Bangka Belitung,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button