Berita Wisata

Kota Al Khor Jadi Pembukaan Piala Dunia 2022, Berikut Daftar Tempat Wisatanya

Sekitar 50 kilometer dari Doha, ibu kota Qatar, terdapat sebuah kota bernama Al-Khor. Nama “Al-Khor” (الخور) sendiri berarti “sungai kecil”, karena dahulu tempat tinggal penduduk kota dibangun di atas sungai kecil. Al-Khor merupakan salah satu kota yang ditunjuk menjadi penyelenggara Upacara pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar.

Sebelum menjadi kota modern, Al-Khor hanyalah sebuah kota kecil yang cukup terisolasi. Menurut data dari Otoritas Statistik Qatar yang dikutip oleh Page Wikipedia, pada tahun 1997, populasi kota hanya 17.793. Pada tahun 2015 jumlah ini hampir dua kali lipat menjadi 31.547. Salah satu faktor yang membuat kota ini maju cukup pesat adalah berkembangnya Kota Industri Ras Laffan.

Bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Al-Khor, ada beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di kota ini. Diantara yang lain:

pulau ungu

Pulau Bin Ghannam atau lebih dikenal dengan Pulau Ungu merupakan wisata alam yang terletak di pinggiran Al-Khor. Meski secara bahasa berarti “ungu”, bukan berarti pulau ini berwarna ungu, melainkan karena merupakan industri pewarna ungu pada masa dinasti Kassite (orang Kassite).

Pulau ungu dilihat dari atas. (Foto: Pinterest)

Wisatawan yang datang ke Pulau Ungu akan disuguhi pemandangan alam yang menyegarkan mata. Diantaranya adalah hutan mangrove, laut yang jernih dan berbagai fauna laut yang beragam. mereka juga bisa merasakan sensasi kayak, berkeliaran di sudut-sudut pulau, berkemah.

Menurut situs web Kunjungi Qatar, waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Ungu adalah dari bulan November hingga Februari. Sebab, saat itu cuaca sedang bagus. Hal ini tentunya menjadi kabar gembira bagi wisatawan yang datang untuk menyaksikan pertandingan Piala Dunia di Al-Khor.

Taman Al-Khor

Bagi wisatawan yang menyukai suasana kota dengan suasana sejuk, taman kota mungkin bisa menjadi destinasi yang cocok. Al Khor memiliki beberapa taman yang indah dan menarik untuk dikunjungi, seperti Taman Al Khor, Taman Tradisional Al Tawasul, dan Al Shu’aa Reverse. Dari sekian banyak taman, Al Khor Park merupakan yang terbesar dan memiliki fasilitas terlengkap.

Taman Al Khor dilihat dari atas. (Foto: Saya suka Qatar)

Dengan luas 25.800 m2, taman ini dilengkapi dengan fasilitas hiburan seperti kebun binatang mini, lapangan sepak bola, museum, dan lapangan golf mini. Disini wisatawan bisa datang untuk bermain, belajar atau sekedar bersantai menikmati suasana taman yang asri dengan udara yang segar.

Menara Al-Khor

Menara Al Khor bisa menjadi alternatif bagi wisatawan yang menyukai sejarah. Menara ini merupakan bangunan yang didirikan sekitar tahun 1900. Dulunya, menara ini berfungsi sebagai tempat menonton kapal selam dan mengantisipasi ancaman bajak laut.

Potret menara Al Khor. (Foto: Wikimedia Commons)

Selain itu menara Al Khor juga digunakan untuk mengawasi jalan menuju Ain Hleetan, mata air utama yang menjadi sumber kehidupan masyarakat Al Khor pada zaman dahulu. Menara ini memiliki tinggi 8 meter dan diameter konstruksi 4 meter. Wisatawan yang berkunjung diperbolehkan masuk atau menaiki menara.

Inilah tiga tempat wisata di Al Khor yang wajib dikunjungi, terutama bagi yang akan datang untuk menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2022.

Kemegahan Stadion Al Bayt, Al Khor. (Foto: Piala Dunia FIFA 2022 Qatar)

Stadion Al Khor yang akan digunakan untuk menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia 2022 adalah Stadion Al Bayt. Stadion berkapasitas 60.000 penonton juga akan menjadi tempatnya Upacara pembukaan Piala Dunia 2022. Berikut daftar pertandingan yang akan dimainkan di Stadion Al Bayt:

– Upacara pembukaan dan pertandingan pembukaan antara Qatar dan Ekuador (20/11)

– Maroko vs Kroasia (23/11)

– Inggris v AS (25/11)

– Spanyol vs Jerman (27/11)

– Belanda v Qatar (29/11)

– Kosta Rika v Jerman (1/12)

– Pertandingan babak 16 besar (4/12)

– Pertandingan perempat final (10/12)

– Semifinal (14/12)

[NH]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button