Tempat Wisata

Kota Tua Padang, destinasi wisata bersejarah kontemporer dengan nuansa klasik Eropa

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kampung Padang, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat; map: Cek lokasi

Salah satu kota di Indonesia yang menawarkan destinasi wisata menarik adalah Padang. Di kota ini Anda akan menemukan banyak bangunan dari zaman kolonial yang masih mempertahankan keasliannya hingga saat ini, seperti kota tua Padang. Jika Anda mengunjungi kota tua di Sumatera Barat, Anda bisa melihat bangunan-bangunan eksotis.

Anda seolah merasakan suasana zaman penjajahan. Hingga kini, bangunan-bangunan tersebut masih berdiri kokoh. Bangunan-bangunan ini memiliki sejarah panjang. Bagi Anda yang tertarik dengan informasi lebih lanjut, tempat wisata, fasilitas, harga tiket, dll yang terkait dengan tempat wisata di Kota Tua dibahas di bawah ini.

Pemandangan kota tua Padang

Pemandangan kota tua PadangKredit foto: Google Maps Dicky Suryadinata

1. Memiliki keragaman suku dan budaya

Kota tua ini sebenarnya kaya akan bangunan-bangunan tua peninggalan masa kolonial. Salah satu daya tarik kota ini adalah Anda akan menemukan keragaman budaya dan etnis yang luar biasa di sana.

Orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan Padang sangat beragam termasuk India, Cina, Jawa, Melayu, Nias dan juga dari Minangkabau. Dari masing-masing komunitas tersebut mereka memiliki adat dan tradisi yang berbeda. Jika Anda mengunjungi tempat yang satu ini Anda akan menemukan banyak sekali keragaman suku dan budaya.

Daerah di Kota Padang berasal dari berbagai budaya yang dibawa dari berbagai negara. Hal ini tentunya akan berujung pada perayaan ketika ada acara seperti perayaan hari besar atau perayaan Tahun Baru Imlek, dll. Masing-masing suku tersebut nantinya akan memiliki penampilan yang unik.

2. Jejak arsitektur

Atraksi selanjutnya yang bisa Anda temukan saat mengunjungi Kota Tua adalah Jalur Arsitektur. Memang, bangunan tua bersejarah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Bangunan-bangunan yang masih kokoh meski berusia sepuluh hingga ratusan tahun ini memang terbuat dari arsitektur yang sangat andal. Hal itu bisa dilihat dari semua segi bangunan yang ada di kota tua.

3. Memiliki nuansa Eropa

Saat Anda berada di kota tua Padang, Anda akan menemukan bahwa kota ini memiliki ciri khas Eropa. Kota bersejarah yang indah ini memang sangat representatif. Hal itu bisa dilihat dari gaya arsitektur bangunan-bangunan di sana. Bangunan yang berdiri memiliki tampilan klasik.

4. Pemandangan kota tua

Tempat Wisata yang dimiliki Kota Tua PadangSumber gambar: Google Maps Afif Afandi

Sebelumnya, Kota Padang merupakan salah satu daerah yang paling berkembang di Sumatera. Kota ini juga bisa disebut sebagai kota metropolitan. Banyak kegiatan perdagangan antar negara berlangsung di kota.

Khususnya pada abad 18 sampai 19. Para penguasa kolonial juga biasa mendirikan pusat militer mereka di kota Padang. Hal ini membuat pemandangan di kota Padang sangat penuh dengan gedung-gedung tua yang eksotis dan dapat memanjakan mata Anda. Tidak sulit menemukan beberapa bangunan di Kota Padang yang merupakan peninggalan negara Belanda.

5. Situs keanekaragaman budaya

Seperti disebutkan di atas, Kota Tua Padang adalah tempat keragaman budaya. Faktanya, berbagai kelompok etnis tinggal di kota. Misalnya, suku Indian yang tinggal di kawasan Kampung Keling.

Setiap tahun masyarakat India rutin mengadakan acara yang merupakan kegiatan untuk menghormati tokoh-tokoh muslim yang berasal dari India dan berjasa besar.

Di dunia sendiri hanya ada tiga tempat di mana acara ini berlangsung dan Padang adalah salah satu yang menjaga tradisi tersebut. Sedangkan untuk etnis Tionghoa, mereka kebanyakan tinggal di kawasan gubuk.

Nuansa oriental sangat terasa jika Anda berada di tempat ini menjelang hari besar seperti Cap Go Meh atau Imlek. Selama hari-hari besar ini, etnis Tionghoa akan menampilkan pertunjukan budaya yang sangat menarik, seperti barongsai.

6. Tempat-tempat menarik untuk hunting foto

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki Kota Tua Padang adalah tempat yang sangat bagus untuk hunting foto. Gedung-gedung tua dan gedung-gedung peninggalan zaman kolonial memiliki daya tarik yang luar biasa.

Begitu juga dengan jejak arsitektur Belanda yang bisa Anda nikmati selama ini di kawasan wisata tersebut. Setiap sudut tempat ini seolah menawarkan tempat yang menarik untuk berfoto.

Karena itu tentunya banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk mencari foto dengan latar belakang bangunan kuno. Di sini Anda akan menemukan banyak orang yang berprofesi sebagai fotografer dan rajin mencari spot foto yang menarik.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat di kota tua PadangSumber gambar: Google Maps Natalia Wistriany

Lokasi bangunan yang akan Anda lihat saat berada di kota tua Padang sebenarnya tidak berada di tempat yang sama. Ada banyak tempat di kawasan ini yang memamerkan bangunan klasik. Namun, jika Anda menyusuri Jalan Muaro, Pasa Gadang bahkan kawasan Pondok di Padang, Anda akan menemukan tempat wisata berupa bangunan-bangunan tersebut.

Lokasi kota kuno ini berada di kota Padang, Sumatera Barat. Bagi anda yang bingung mencari tempat anda bisa menggunakan google maps. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menemukan kota tersebut nantinya.

Biaya masuk objek wisata

Tiket masuk ke kota tua PadangSumber gambar: Google Maps Natalia Wistriany

Setiap objek wisata tentunya akan memiliki tiket masuk untuk bisa masuk dan menikmati keindahannya. Disini juga kamu akan dikenakan biaya tiket masuk nantinya. Dan setiap tempat di kota tua biasanya menarik tiketnya sendiri.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena paket yang ditawarkan sangat terjangkau. Biaya yang perlu Anda keluarkan hanya berkisar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 untuk setiap objek wisata yang ingin Anda kunjungi nantinya.

Kegiatan menarik di kota tua

Aktivitas di kota tuaKredit foto: Instagram Pencakar Langit kota Padang

1. Berburu foto untuk berbagai kesempatan

Tentu saja, aktivitas pertama yang tidak boleh dilewatkan di Kota Tua adalah hunting foto. Banyak sekali turis yang datang untuk berburu foto. Beberapa hanya untuk koleksi pribadi, tetapi beberapa digunakan untuk tujuan lain, mis. B. untuk media cetak dan sebagainya.

Anda bahkan dapat menemukan beberapa turis yang datang ke tempat ini untuk mengambil foto pre-wedding. Bagi anda yang memang bingung mencari tempat wisata yang tepat saat ingin melakukan wisata udang, anda bisa menggunakan Kota Tua Padang.

Ada banyak tempat wisata yang bisa dipilih. Dan Anda bisa menyesuaikan dengan tema prewedding. Apalagi bagi Anda yang mencari lokasi prewedding yang unik. Jadi di sini Anda bisa mendapatkannya.

2. Nikmati kelezatan kuliner

Aktivitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan di Kota Tua Padang adalah menikmati kuliner yang sangat menggugah selera. Setelah menjelajahi tempat ini, perut Anda akan keroncongan dan tenggorokan Anda akan haus. Untungnya, ada banyak pilihan kuliner menarik di sekitar lokasi.

Mulai dari warung biasa hingga toko atau restoran yang sudah memiliki reputasi melegenda. Salah satu menu kuliner kota yang sangat populer adalah perpaduan antara Milo dan kopi. Minuman ini memang sangat populer di kalangan anak muda di kota Padang. Menu minumannya juga disingkat kopmil.

Tidak sulit bagi Anda untuk menemukan tempat yang menyajikan menu ini. Selain kopi Milo, nantinya Anda akan menemukan beragam makanan dan minuman lainnya. Es krim durian juga tidak kalah terkenalnya.

Tentunya bagi penggemar durian, menu yang satu ini akan sangat digemari. Di Kota Tua Anda akan menemukan banyak warung yang menjual es krim durian. Setelah Anda lelah mengunjungi dan menjelajahi tempat-tempat menarik, menikmati kesegaran es krim durian pasti akan membuat Anda merasa rileks. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

fasilitas di kota tuaKredit foto: Instagram PT. Fasilitas Wisata Keumala

Sedangkan untuk fasilitasnya sendiri, Kota Tua Padang telah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap bagi wisatawan. Karena berada di daerah perkotaan, Anda tidak akan kesulitan menemukan fasilitas yang tersedia di sana.

Contoh fasilitas umum yang bisa Anda manfaatkan adalah mushola atau mushola. Bagi yang ingin berganti pakaian juga tidak perlu khawatir, karena di tempat ini banyak terdapat toilet umum. Parkir juga tidak sulit untuk Anda temukan.

Bagi Anda yang kebetulan datang tanpa membawa kendaraan sendiri, di lokasi ini juga tersedia jasa sewa kendaraan bermotor. Tentunya dengan menggunakan perusahaan rental mobil ini, Anda bisa menjelajahi kota dengan lebih leluasa.

Itulah tadi gambaran lengkap Kota Tua Padang yang wajib kamu ketahui. Bagi Anda pecinta sejarah atau yang sedang mencari tempat wisata yang menawarkan pemandangan berbeda dari sekedar pemandangan alam, Anda bisa mengunjungi kota tua yang satu ini. Karena di sana Anda akan disuguhkan dengan panorama bangunan tua klasik Eropa.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button