Berita Wisata

Kota Tua Tanjungpinang akan menjadi wisata jalan kaki

KOMPAS.com – Kawasan Kota Tua Kota Tanjungpinang di Kepulauan Riau patut dijadikan wisata jalan kaki. Kawasan ini berada di sekitar Jalan Merdeka dan Tengku Umar.

Kawasan ini terdiri dari kompleks pertokoan yang menjual berbagai macam barang, antara lain kerajinan tangan dan makanan khas Tanjungpinang. Ada puluhan bangku di depan kompleks pertokoan.

Baca juga :

“Kawasan ini juga ada spot fotonya. Lebih nyaman, asri dan menarik. Harapannya tahun 2023 program wisata jalan kaki bisa dilaksanakan,” kata Sekda Tanjungpinang Zulhidayat seperti dikutip dari Kompas.com. Di antaraSabtu (10/12/2022).

Ia menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemprov Kepri untuk menyiapkan wisata jalan kaki di wilayah ini.

Baca Juga: Di Tanjungpinang, Kemenpar Anjurkan Makan 10 Kuliner Ini

Konsepnya mirip dengan Malioboro di Yogyakarta

Zulhidayat menambahkan, Kota Lama memiliki peran dan sejarah penting bagi Kota Tanjungpinang. Pada zaman dahulu kawasan ini merupakan pusat perkembangan ekonomi di Tanjungpinang.

Tak hanya itu, lokasinya juga cukup strategis karena dekat dengan pelabuhan domestik dan internasional Sri Bintan Pura.

Baca juga :

Oleh karena itu, wisatawan dari Singapura dan Malaysia bisa berjalan kaki dari pelabuhan ke kawasan ini. Hal yang sama berlaku untuk wisatawan dari Batam, Natuna, Anambas, Lingga, Karimun, dan Riau.

“Konsepnya mirip dengan Malioboro, Yogyakarta,” kata Zulhidayat.

Area parkir juga disediakan bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Untuk sementara, kawasan tersebut berada di sekitar Taman Gurindam 12.

Baca juga: Jangan Salah Pesan Tiket, Pangkalpinang Berbeda dengan Tanjung Pinang

Zulhidayat mengatakan, ada juga rencana membangun tempat parkir di lokasi lain, seperti Dinas Pariwisata Tanjungpinang.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button