Berita Wisata

KPLP mengevakuasi penumpang dan awak kapal Black Pearl yang mengalami kerusakan setir

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah mengevakuasi seluruh penumpang dan awak kapal Mutiara Hitam yang mengalami kerusakan kemudi dan terlempar ke tengah Kepulauan Seribu, di Jakarta. .

Al-Hamdulillah“Seluruh penumpang yang berhasil dievakuasi dengan selamat ke Pulau Tidung, Kepulauan Seribu hari ini, Sabtu (29/10), akan dievakuasi kembali dengan kapal patroli KPLP Damaru ke pangkalan PLP Priok,” kata Direktur Penjaga Maritim dan Pantai itu. (KPLP) Kementerian Perhubungan, Kapten Mugen S Sartoto di Jakarta, Sabtu.

Mugen mengatakan kecelakaan itu terjadi pada Jumat (28/10), ketika kapal Mutiara Hitam dari Pulau Tidung Besar, Kepulauan Seribu menuju Marina Ancol, Tanjung Priok, dalam pelayarannya mengalami kerusakan pada kemudi, sehingga kapal dengan total 160 penumpang dibuang ke laut.

Ia mengapresiasi respon cepat dari Penjaga Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Priok kelas I saat menerima informasi tentang kapal Mutiara Hitam tersebut.

Baca juga: KPLP Janji Terus Lindungi Laut dan Pantai Indonesia

PLP Kelas I Tanjung Priok menerima informasi pada pukul 17.00 WIB, bahwa kapal yang mengangkut 160 penumpang rusak dan hanyut di laut.

Setelah 15 menit tiba di lokasi kejadian, lanjutnya, evakuasi tidak bisa langsung dilakukan karena cuaca memburuk, sehingga seluruh penumpang baru bisa dievakuasi pada pukul 05.00 pagi tadi. WIB dan tiba di pangkalan PLP Priok pukul 08. :40 WIB. .

PLP Kelas I Tanjung Priok juga menyiapkan makanan, minuman, tenaga medis, serta obat-obatan dan bus yang siap mengantar penumpang ke lokasi masing-masing.

“Saya mengapresiasi respon cepat PLP Kelas I Tanjung Priok, mereka langsung melakukan tindakan untuk menerjunkan kapal patroli KPLP Damaru yang dipimpin Kapten Kasid Sunuh Wahyudi, ke Pulau Tidung Kecil di Kepulauan Seribu,” ujarnya.

Baca Juga: KPLP Dephub Perkuat Misi Coast Guard dan Coast Guard

Reporter: Adimas Raditya Fahky P
Penerbit: Risbiani Fardaniah
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button