Berita Wisata

KPU Rote Ndao melakukan uji CAT terhadap 796 calon peserta PPS

Reporter POS-KUPANG.COM, Mario Giovani Teti

POS-KUPANG.COM, BA’A – Komisi Pemilihan Umum/KPU Rote Ndao menyelenggarakan Computer Assisted Test (CAT) terhadap 796 calon Panitia Pemungutan Suara atau PPS se-Kabupaten Rote Ndao.

Tes PPS CAT untuk 796 peserta ini dilaksanakan selama empat hari, Senin 9 Januari 2023 sampai Rabu 11 Januari 2023, Kamis 12 Januari 2023 sampai Sabtu 14 Januari 2023.

Komisioner KPU Rote Ndao, Bidang Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih, Parmas dan SDM), Agabus Lau, saat ditemui di laboratorium SMAN 1 Pantai Baru mengatakan pelaksanaan tes CAT PPS di SMAN 1 Pantai Baru adalah pelaksanaan tes CAT hari kedua.

“Jumlah Calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang melakukan pendaftaran mandiri sebanyak 809 orang, dari jumlah tersebut 13 peserta tidak diseleksi oleh administrasi, sehingga ada 796 peserta yang mengikuti tes CAT PPS (Pengumuman, 01/06 /2023),” kata Agabus.

Baca Juga: Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao Kunjungi Rumah Duka Petani Rumput Laut yang Tenggelam

Untuk tes CAT hari kedua, katanya, diikuti 117 peserta yang terbagi dalam 4 sesi, yakni Sesi 1 sampai 3 masing-masing 30 peserta, sedangkan Sesi 4 diikuti 27 peserta.

Dari 117 peserta, 106 peserta mengikuti tes CAT, sedangkan 11 peserta lainnya tidak mengikuti.

Sementara itu, tes CAT PPS hari pertama dilaksanakan pada Senin, 9 Januari 2023 di SMK Lobalain yang diikuti 318 peserta dari 334 calon PPS yang mendaftar di kecamatan Lobalain, Rote Selatan, Rota Barat Laut dan Loaholu.

“Pemeriksaan PPS CAT ini kami adakan di empat lokasi berbeda, yakni SMKN 1 Lobalain (untuk calon dari Kabupaten Lobalain, Rote Selatan, Rote Barat Laut dan Loaholu), SMKN 1 Pantai Baru (untuk calon dari Kabupaten Rote Tengah dan Kecamatan Pantai Baru) ), SMAN 1 Rote Timur (untuk pelamar dari Kabupaten Rote Timur dan Landu Leko) dan SMAN 1 Rote Barat Daya (untuk pelamar dari Rote Barat Daya, Rote Barat dan Ndao Nuse),” jelas Agabus.

Baca Juga: Petani Rumput Laut Rote Tewas Diterjang Ombak Ternyata Tak Bisa Berenang

Selain itu, lanjut dia, alokasi lokasi tes CAT PPS didasarkan pada jarak dan juga ketersediaan perangkat komputer di setiap kecamatan untuk tes CAT PPS.

“Dari tes CAT akan dibuat pemeringkatan, mengambil sembilan atau 3 kali teratas kebutuhan untuk melakukan tes wawancara yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 18-20 Januari 2023. Tes wawancara akan dilakukan di setiap sub- marin.-kabupaten,” pungkasnya.

Agabus juga menjelaskan, dari tes wawancara akan dipilih 6 calon anggota PPS.

Tiga orang ditetapkan sebagai calon anggota PPS dan 3 orang lainnya sebagai cadangan pengganti sementara. Kemudian, hasil tes pemeliharaan akan diumumkan pada 21 hingga 23 Januari 2023, sedangkan peresmiannya dilakukan pada 24 Januari 2023.

Turut hadir pada tes CAT PPS hari kedua Ketua KPU Rote Ndao, Christian Dae Panie, dan Anggota Komisioner, Agabus Lau, Meysias Dama, Hofra Anakay, Sekretaris, Nem J.Pah, Kepala Sosdiklih, Parmes dan SDM, Henry A..Manafe dan Staf Arthus Klaas.

Selanjutnya Kasubbag Perencanaan Program dan Data Roynald Halan beserta staf Subbag Umum Luis Gawa dan Doni Laning serta Kasubbag PPK Pantai Baru Bobby F. Piras bersama anggota dan pengelola lab komputer Tasrib, S.Pd dan Reni Lodoh.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Rote Ndao Tarsis Tomulek, Ketua Panwascam New Beach Danial EA Tade beserta anggota dan Ketua Panwascam Rote Tengah Junita Anita Ludji beserta anggota. (Rio)

Ikuti berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button