Tempat Wisata

Kuil Badut: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kita bersyukur hidup di negeri yang sangat kaya akan sumber daya alam di berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke. Maka dari itu, tidak heran jika banyak destinasi wisata menarik di Indonesia, baik yang buatan maupun yang alami. Di Provinsi Jawa Timur terdapat sebuah kabupaten yang terkenal dengan buah apelnya yaitu Malang. Salah satu destinasi liburan favorit masyarakat, Malang memiliki banyak tempat wisata dan pesonanya tak terbantahkan. Lokasinya yang berada di dataran tinggi juga membuat suasana sejuk dan sejuk di kota ini membuat banyak orang betah menghabiskan waktunya di Malang. Salah satu tempat rekreasi yang wajib dilewatkan adalah Kuil Badut.

Candi Badut merupakan objek wisata yang bisa Anda temui di Desa Karang Besuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur. Selain banyaknya tempat wisata alam yang menarik, di Malang juga terdapat banyak tempat peninggalan sejarah yang dapat menghadirkan suasana berbeda bagi Anda yang sedang berlibur. Misalnya, Anda dapat mengunjungi kuil badut bersama keluarga atau teman Anda.

Kuil badut diperkirakan berusia lebih dari 1400 tahun. Candi ini dibangun dengan maksud memuliakan Resi Agastya yang sangat dimuliakan oleh Prabu Gajayana sebagaimana tercantum dalam prasasti Dinoyo dari tahun 760M. Gajayana juga membuat arca Resi Agastya dari batu hitam. Namun sayang patung ini tidak bisa ditemukan saat penggalian dan rekonstruksi Kuil Badut. Hanya ada lingga dan yoni, simbol Siwa dan Parwati serta arca Durga Mahisasuramardini.

Candi ini ditemukan tepatnya pada tahun 1921, bentuknya saat itu hanya berupa gundukan batu pecah bercampur tanah. Orang pertama yang mengumumkan keberadaan Candi Badut adalah Maureen Brecher, seorang inspektur Belanda yang bekerja di Malang.

Di tempat wisata ini, Candi Badut merupakan bangunan yang dibangun raja dari batu andhesite dengan sketsa denah oleh arkeolog berbentuk 4 bujur sangkar berukuran sekitar 17,27 x 14,04 meter. Dan memiliki tinggi hingga 8 meter. Candi ini menghadap ke barat. Candi Badut juga ternyata menjadi salah satu objek wisata sejarah tertua di Jawa Timur. Hal ini terlihat dari ringkasan jurnal yang menyatakan bahwa itu dibangun pada tahun 760 Masehi.

Di dalam tubuh candi terdapat ruangan berukuran sekitar 5,53 x 3,67 meter. Di tengah ruangan terdapat lingga dan yoni yang merupakan simbol kesuburan. Ada relung kecil di dinding yang mengelilingi ruangan, yang tampaknya aslinya berisi patung.

Fasilitas di Kuil Badut

Sedangkan fasilitas objek wisata Candi Badut tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temukan seperti;

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain-main di area Kuil Badut, perut Anda pasti akan lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar candi Anda akan menemukan warung-warung yang dikelola penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Berkat paviliun yang didirikan di sana, Anda bisa duduk santai dan menikmati pemandangan candi bersejarah ditemani pepohonan di sekitarnya.

– Akomodasi

Di sekitar area candi, bagi Anda yang membutuhkan akomodasi dapat menemukan akomodasi yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda. Alternatifnya, Anda bisa menginap di salah satu rumah warga.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana, sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar area candi.

Berburu foto di kuil badut

Walaupun kawasan objek wisata ini tidak terlalu luas dan bukan merupakan wisata alam, namun anda tetap bisa memanjakan hobi foto anda dengan menikmati pemandangan berbagai benda bersejarah seperti peninggalan seperti prasasti, arca seperti Durga, Agastya dan juga Yoni Lingga dan lainnya. Ada juga tempat menarik yang populer untuk digunakan pengunjung sebagai latar foto Anda bersama teman atau keluarga, yaitu sebelum Napatha Pradaksi Selasa dan dekorasi Kalamakara. Jika sudah puas mendapatkan banyak foto, Anda bisa mengunggahnya ke berbagai media sosial. Dengan begitu, Anda dapat membantu untuk lebih memperkenalkan objek wisata bersejarah ini kepada masyarakat luas agar mereka tertarik untuk berkunjung.

Baca Juga: Luweng Ombo, Wisata Sambil Melihat Fenomena Goa Vertikal

Akses jalan menuju candi badut

Wisatawan yang ingin mengunjungi candi badut ini bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Silakan ikuti instruksi dengan hati-hati. Karena jalan menuju candi ini cukup kecil dan bergelombang. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Google Map yang menyajikan peta atau denah kawasan wisata bersejarah ini.

Biaya masuk ke kuil badut

  • Biaya masuk: Rp 10.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Kuil Badut

Tips liburan di candi badut

  • Pastikan Anda dalam kondisi prima
  • Kenakan sepatu yang nyaman
  • Siapkan kendaraan yang ingin digunakan
  • Bawa makanan dan minuman dari rumah

Galeri foto Candi Badut di Malang

Candi Badut di Malang
Spot foto di pintu masuk candi
Spot foto di belakang candi
Tempat foto di kuil badut
Pengunjung di kuil badut
berburu foto
Taman di belakang candi badut

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button