Berita Wisata

Kulon Progo menyelenggarakan 100 event pariwisata tahun ini, simak daftar unggulannya

Kulonprogo

Calendar of event atau catatan harian wisatawan di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tahun 2023. Berikut kalender event wisata di Kulon Progo tahun ini.

Event Pariwisata Kulon Progo 2023

Mengacu pada Kalender Event Pariwisata Kulon Progo 2023 yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, lebih dari 100 event akan digelar di Kulon Progo. Tidak hanya mengangkat tema pariwisata, ada juga kegiatan tematik budaya, ekonomi kreatif, pertanian.

Jadwal Acara Tour Kulon Progo 2023

Berikut beberapa event wisata di Kulon Progo 2023 yang dirangkum detikJateng:

1. Durian Heboh Kulon Progo

Fruit Splash Kulon Progo akan diadakan di kawasan Embung Tonogoro, Kapanewon Kalibawang pada tanggal 8 Februari. Menampilkan potensi buah unggulan di Kulon Progo dengan olahannya antara lain Durian, Kelengkeng dan Jambu Biji.

2. Perjalanan sosialisasi ‘Sambang Deso’

Perjalanan pengenalan Sambang Deso. Sesuai dengan namanya, kegiatan ini memungkinkan wisatawan menjelajahi seluruh desa wisata yang ada di Kulon Progo, menggunakan moda transportasi yang sudah disiapkan, seperti shuttle jeep. Fam Trip Sambang Deso akan berlangsung pada 6 Februari dan 17 Maret 2023.

3. Kiskendha Marheswara

Kiskendha Marheswara adalah seorang penari balet dengan lakon Sugriwa Subali. Merupakan tarian kolosal yang melibatkan puluhan penari lokal Kulon Progo. Pertunjukan berlangsung hingga satu jam, yang dipusatkan di area amfiteater Taman Wisata Gua Kiskendha.

Balet ini dapat dilihat sebulan sekali, pada 6 Februari, 4 Maret, 8 April, 6 Mei, 3 Juni, 1 Juli, 5 Agustus, 2 September, 7 Oktober, dan 4 November.

4. Wisata Boneka Spesial

Wayang Wisata Istimewa merupakan bentuk kesenian baru yang memadukan unsur seni modern dan tradisional. Inovasi ini merupakan upaya pemerintah untuk mengakrabkan generasi muda dengan seni wayang sekaligus sebagai sarana promosi pariwisata.

Wayang khusus wisata yang diselenggarakan di desa wisata oleh Dinas Pariwisata Kulon Progo. Namun, jadwal pelaksanaannya masih tentatif.

5. Pesta Makanan Menoreh

Tidak hanya wisatawan yang dapat menikmati pemandangan alam yang indah, tetapi juga dapat mencicipi berbagai kuliner di Menoreh Food Festival yang dijadwalkan akan diadakan pada Mei 2023. Festival ini menampilkan berbagai kuliner lokal, kompetisi memasak, dan penampilan saya. dari koki profesional.

6. Perjalanan Pengenalan Penyandang Disabilitas

Difabel Fam Trip adalah semacam tur keliling desa untuk para penyandang disabilitas. Famtrip untuk penyandang disabilitas ini sering dikunjungi oleh para penyandang disabilitas, antara lain penyandang tunanetra, keterbelakangan mental, tuli, bisu dan tunadaksa dari berbagai latar belakang dan usia.

Dalam kegiatan tersebut, mereka diajak berwisata ke berbagai destinasi alam, seni dan budaya serta industri ekonomi kreatif di Kulon Progo. Di akhir kegiatan, para peserta diajak ngobrol dan dimintai kritik dan saran mengenai keadaan tempat wisata tersebut, apakah sudah sesuai dan ramah. Jika belum dinilai, Dinas Pariwisata Kulon Progo akan segera melanjutkan perbaikan dan realisasi fasilitas terkait hal tersebut. Tahun ini, perjalanan Keluarga Disabilitas akan berlangsung pada Juni 2023.

7. Pacak Sepuran

Festival Pacak Sepuran merupakan perlombaan bagi 14 kecamatan dan 1 kecamatan yang dilintasi jalur kereta api (KA) di Kulon Progo. Setiap kelurahan berlomba menampilkan berbagai ragam hias seni dan budaya di sepanjang sisi trek.

Selain ornamen, setiap kelurahan juga menciptakan ruang-ruang publik baru yang nantinya akan menjadi tujuan wisata. Festival ini bisa disaksikan pada Agustus 2023.

Pelajari lebih lanjut di halaman berikutnya

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button