Tempat Wisata

Kuningan Woodland, sebuah properti wisata alam dengan panorama hutan pinus yang mempesona

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 09.00-19.00 WIB, Alamat: J L. Ragasakti No. 130, Setianegara, Kec. Cilimus, Cab.Kuningan, Jawa Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Kabupaten Kuningan, Jawa Barat memang tidak bisa dipandang sebelah mata dalam urusan pariwisata. Ada banyak tempat yang layak dikunjungi untuk mengisi liburan Anda, salah satunya Woodland Kuningan. Seperti namanya, tempat wisata ini dibangun di tengah hutan yang ditumbuhi dengan rapi oleh pohon pinus besar. Perasaan sedang berlibur di tengah hutan segera terasa begitu Anda memasuki lokasi. Salah satu alasannya adalah mengapa banyak wisatawan mengunjunginya, baik dari penduduk lokal maupun dari luar daerah.

Tempat wisata ini cocok untuk anda yang membawa rombongan keluarga atau pasangan. Bukan tanpa alasan banyak wahana seru untuk anak-anak menjadi bagian darinya. Selain itu, berbagai spot cantik bisa dimanfaatkan untuk mengisi memori perangkat smartphone. Belum lagi suasananya yang asri, jauh dari polusi, membuat udara di sekitarnya lebih segar dan sehat. Sejauh mata memandang, pohon pinus seakan tidak pernah berhenti mengikuti garis pandang Anda.

Seiring dengan perkembangan teknologi, popularitas Woodland Brass semakin baik. Pengunjung yang datang ke situs pasti akan mengabadikan momen yang diunggah ke media sosial. Spot foto yang paling populer adalah underwater atau berpose di dalam air. Uniknya, pihak pengelola menyediakan fasilitas untuk mempercantik hasil foto. Fasilitas yang dimaksud antara lain sepeda, sepeda motor dan peralatan komputer.

Daya pikat yang dimiliki Woodland Brass

Atraksi Brass WoodlandSumber Gambar: Google Maps Ade Setiawan

Dari segi daya tarik, sebenarnya ada banyak alasan untuk mengunjungi tempat wisata ini. Beberapa tempat wisata ini dapat menarik wisatawan dari berbagai daerah. Anda juga berhak mengetahui apa saja objek wisata Woodland Kuningan sebelum menuju ke tempat tersebut.

1. Panorama hutan pinus yang menakjubkan

Bukan sekedar hutan yang berisi kumpulan pohon pinus, tapi dirancang untuk tujuan rekreasi. Namun, keindahan hutan tetap terjaga dan dilindungi. Tidak ada penghancuran pohon membuat tempat itu terlihat lebih alami. Untuk memberikan kesempatan bermain, pengelola hanya menambah sesuai kebutuhan.

Bahkan dari kejauhan terlihat hutan rindang yang menawarkan perlindungan bagi setiap wisatawan yang datang dari terik matahari. Di pagi hari suasana lebih bagus dengan kabut yang turun merayap ke tanah. Fenomena ini langka dan hanya dapat diamati pada cuaca yang mendukung. Untuk fenomena buatan, ada jembatan kayu panjang yang sangat unik. Jembatan yang alasnya terbuat dari bambu ini memantulkan cahaya saat disinari lampu.

Demi kenyamanan wisatawan, pihak pengelola telah membangun beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk istirahat. Ternyata, ini tidak hanya berfungsi, tetapi juga berfungsi sebagai tempat bersantai sambil menikmati indahnya panorama Woodland Kuningan. Agar lebih merasakan keindahannya, usahakan datang berkunjung pada sore atau malam hari.

2. Kolam renang dengan berbagai ukuran

Untuk menambah daya tarik sekaligus sebagai fasilitas pendukung, pemda membangun kolam renang dengan berbagai ukuran. Bukan hanya satu atau dua, tapi empat kolam renang bisa digunakan. Untuk rombongan dengan anak-anak juga ada kolam khusus dengan kedalaman yang sangat dangkal.

Menariknya, sumber air kolam ini masih alami, langsung dari mata air pegunungan. Lokasinya yang dibangun di sekitar pohon pinus membuat suasana semakin asri dan betah berlama-lama. Kolam alami Woodland Kuningan ini tidak hanya cocok untuk berenang, tetapi juga untuk mandi atau sekedar bermain air.

3. Membentuk foto bernuansa alam

Daya tarik lain yang juga sangat penting sebagai indikator kepuasan pengunjung adalah banyaknya spot foto yang disediakan. Pengunjung bebas memilih tempat, misalnya di jembatan kayu atau gardu pandang yang dibangun seperti rumah pohon tanpa atap. Spot utama yang disebutkan di atas merupakan foto bawah laut yang sangat unik.

Tak hanya spot buatan yang sengaja dibuat untuk mendukung dekorasi Woodland Kuningan, Anda juga bisa memanfaatkan nuansa alam dari panorama hutan pinus yang indah. Tidak diperlukan keterampilan fotografi khusus kali ini. Bahkan jika mereka adalah pemula, jelas tembakannya tidak kalah dengan mereka yang sudah profesional. Hal ini karena pada dasarnya merupakan latar belakang yang mendukung.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Woodland KuninganKredit Foto: Google Maps Kahaji Kanda Muwahidin Firdaus

Meski berada di tengah hutan pinus, namun lokasinya mudah ditemukan. Alamat lengkap Woodland Kuningan ada di Jl. Ragasakti No. 130, Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Jarak tempuh dari pusat Kabupaten Kuningan sekitar 27 km dengan waktu tempuh 40 menit dengan kendaraan bermotor.

Akses jalan cukup baik dengan kondisi beraspal sempurna. Tidak hanya mobil yang bisa menjangkau tempat itu, tapi juga bus wisata sangat memungkinkan. Silakan gunakan petunjuk google map jika Anda masih ragu dengan arah di sekitar lokasi. Sebaiknya Anda bertanya kepada penduduk setempat, yang terkenal ramah turis.

Biaya masuk ke objek wisata

Tiket Brass WoodlandKredit foto: Google Maps Indah Utami

Sesampainya di tempat parkir, harap siapkan uang untuk membeli tiket masuk. Tidak terlalu mahal untuk sensasi dan pengalaman berlibur yang Anda dapatkan di Woodland Kuningan. Dibagi menjadi dua bagian, hari aktif dikenakan tiket masuk sebesar 10.000 rupiah, sedangkan akhir pekan atau hari libur nasional dikenakan biaya 15.000 rupiah.

Harga diatas belum termasuk biaya parkir yaitu 3.000 untuk sepeda motor dan 5.000 untuk mobil. Meski begitu, ada lebih banyak uang yang harus disiapkan jika Anda ingin memanfaatkan wahana yang ada di tempat. Dari sekian banyak wahana atau permainan yang ada, harganya masih di kisaran 20.000 hingga 30.000 rupiah.

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Woodland

Kegiatan Hutan KuninganSumber Gambar: Google Maps Anugrah Nabila

Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan layaknya mengunjungi objek wisata lainnya. Kegiatan yang dilakukan tentunya positif dan bermanfaat, selain untuk mengisi waktu luang tentunya. Piknik bersama keluarga atau rombongan, inilah inti dari semua aktivitas menarik yang dilakukan di Woodland Kuningan.

1. Berenang dan bermain air

Ketersediaan kolam dengan berbagai ukuran tidak hanya untuk dekorasi. Anda bisa melakukan aktivitas seru sambil mandi atau berenang. Airnya yang jernih dan alami membuat suasana semakin menyegarkan. Desain kolam renangnya juga cantik, ada yang berbentuk lingkaran dengan pohon asli ditanam di tengahnya di lahan yang minim. Namun, pohon tersebut masih bisa bertahan dan menjadi pemandangan yang indah.

Dari semua keindahan kolam renang tersebut, airnya yang jernih menjadi salah satu daya tarik yang mampu menarik banyak wisatawan untuk berbasah-basah. Diambil dari aliran air atau mata air Kangoraan, kesegaran dan kejernihannya selalu terjaga. Apalagi jika beberapa kolam dikelilingi tanaman rindang sehingga selalu terlindung dari sinar matahari.

2. Berkuda

Woodland Kuningan juga menawarkan wahana menunggang kuda yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Ngomong-ngomong, tidak hanya anak-anak yang bisa menunggang kuda, tapi juga orang dewasa. Jalan santai di atas kuda tentu menjadi perasaan yang berharga, terutama bagi anak-anak.

Perlengkapan keselamatan selalu menjadi perhatian utama, jadi tidak perlu khawatir. Apalagi kalau ada pemandu wisata yang juga pawang kudanya. Seperti tempat wisata lainnya, menunggang kuda tidak gratis. Artinya Anda harus membayar sesuai dengan ketentuan harga yang berlaku saat itu.

3. Merangsang adrenalin dengan Flying Fox

Bagaimana rasanya meluncur dari dataran tinggi menuju daratan dengan kecepatan penuh? Inilah yang Anda rasakan saat menjalankan Fuchsfahrt. Permainan ini dapat memacu adrenalin bagi siapa saja yang mencobanya. Jangan khawatir tentang keselamatan, karena helm dan bantalan siku dan lutut disediakan sebelum Anda meluncur ke bawah. Seperti menunggang kuda, permainan ini tidak termasuk dalam paket tiket masuk.

4. Jalan-jalan bersama keluarga

Kegiatan Hutan KuninganSumber gambar: Google Maps Achmad Sutrisno

Kegiatan menarik lainnya yang wajib dilakukan di Woodland Kuningan adalah jalan-jalan. Situsnya sangat luas untuk dijadikan arena outbond. Ada juga jembatan gantung, ayunan dan permainan kelompok lainnya. Kegiatan ini sangat positif bagi anak-anak maupun orang dewasa. Manfaat utama yang dapat diperoleh dari hal tersebut adalah pengenalan alam, sehingga timbul kesadaran untuk menjaga alam.

Selain sebagai permainan, outbond juga bisa dilakukan dengan berkemah atau camping. Cukup banyak pengunjung yang datang untuk kegiatan ini, terutama yang datang dengan rombongan. Anda dapat menyewa tenda dan peralatan lainnya dari bagian administrasi. Hal ini juga berlaku jika Anda tidak membawa perlengkapan sendiri dari rumah.

5. Cari spot foto yang bagus

Ini adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Woodland Kuningan. Tujuan utama sebagian besar wisatawan adalah berburu tempat-tempat indah dan unik. Sebut saja jembatan gantung dengan lampu warna-warni menghiasinya. Tentu pemandangan ini lebih bagus jika Anda datang pada malam hari.

Jangan lupakan spot-spot unik dari foto-foto bawah air yang telah dijelaskan sebelumnya. Tidak banyak objek wisata lain yang memberikan kesan unik ini. Jadi manfaatkan sebaik mungkin saat Anda berada di sana. Masih banyak spot foto lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai background foto. Misalnya rumah pohon, gardu pandang, suasana alam hutan pinus dan masih banyak lagi.

6. Wisata Kuliner Lezat

Lelah dan lapar setelah menjelajahi Woodland Kuningan? Apalagi kalau bukan berburu kuliner untuk aktivitas yang paling cocok. Ada Woodland Resto yang menawarkan berbagai makanan lezat. Tempatnya juga lumayan besar jadi nyaman walaupun banyak pengunjung yang datang dengan alasan yang sama. Harganya terjangkau, harga makanan masih standar di beberapa tempat wisata alam yang bagus pada umumnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pabrik Hutan KuninganSumber gambar: Google Maps Anadi Sakina

Tempat wisata yang indah ini menawarkan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh setiap pengunjung yang datang. Selain yang sudah disebutkan yaitu juga tempat bermain atau kolam renang, masih ada beberapa fasilitas lainnya. Parkir aman juga merupakan fasilitas yang Anda dapatkan. Ada juga mushola sebagai musala dan toilet untuk membersihkan diri atau ganti pakaian.

Pengunjung yang lelah berkendara atau menikmati wahana yang ditawarkan bisa beristirahat di pendopo. Banyak titik menawarkan gazebo yang dibangun khusus untuk tujuan ini. Fasilitas lainnya adalah adanya rumah makan atau rumah makan yang disebutkan di atas.

Itulah informasi berharga mengenai tempat wisata Woodland Kuningan yang sedang populer saat ini. Semoga informasi ini dapat menambah referensi objek wisata anda atau meyakinkan anda untuk segera mengunjungi tempat tersebut. Demi kenyamanan bersama, jangan lupa untuk menjaga kebersihan di tempat wisata.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button