Berita Wisata

Kunjungan wisatawan ke Balikpapan meningkat 24% pada tahun 2022

KOMPAS.com – Kunjungan wisatawan ke Balikpapan di Kalimantan Timur disebut meningkat 24% dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan, kunjungan tersebut didominasi oleh citarasa dari berbagai daerah Indonesia, seperti dikutip Tribun Kaltim, Jumat (27/1/2023).

“24% wisatawan domestik. Ya pemerintah yang kebetulan ada kegiatan di Balikpapan. Ada juga yang sedang berlibur,” kata Kepala Disporapar Balikpapan Ratih Kusuma, Jumat (27/1/2023).

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

Untuk tahun ini, Balikpapan menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan sebesar 50%, termasuk peningkatan jumlah wisatawan mancanegara.

Selain mempromosikan destinasi wisata, cara lain adalah dengan menambah event acara.

“Kita perlu punya strategi untuk berpromosi. Bagaimana mereka melihat destinasi wisata kita, apa yang belum ada di sana, dll,” ujarnya.

Baca Juga: Seputar Banjarbaru, Ibu Kota Baru Kalimantan Selatan

Pengunjung melintasi jembatan tali yang menghubungkan satu pohon dengan pohon lainnya dengan ketinggian 30 meter saat wisata alam Bukit Bangkirai, Samboja, Kutai Kartanegara pada Jumat (25/10/2019). KOMPAS.com/ZAKARIAS DEMON DATON Pengunjung melintasi jembatan tali yang menghubungkan satu pohon dengan pohon lainnya dari ketinggian 30 meter saat wisata alam Bukit Bangkirai, Samboja, Kutai Kartanegara, Jumat (25/10/2019).

Balikpapan yang dikenal sebagai salah satu pusat perdagangan dan industri Pulau Kalimantan juga memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti dikutip dari Kompas.com.

Jika ingin mengunjungi wisata pantai bisa singgah di Pantai Melawai, Pantai Lamaru, Pantai Serumpun dan Kampung Air Atas.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Sekitar Istana Negara di Kalimantan Timur

Ada juga destinasi wisata alam lainnya seperti Bukit Bangkirai dan Bukit Tembok Batu.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button