Berita Wisata

Kunjungan wisatawan ke Banten mencapai 102.581 selama liburan Nataru

INDOPOS.CO.ID – Dinas Pariwisata Provinsi Banten mencatat selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, kunjungan wisatawan mencapai 102.581 orang. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Al Hamidi, sebagaimana dilansir Buletin Waspada Wisata Libur 2022 Nataru, mengatakan jumlah wisatawan melonjak dari hari-hari sebelumnya.

Menurut Hamidi, tren yang cukup tinggi terjadi pada Minggu (1/1/2023) atau hari pertama tahun baru.

“Hari-hari sebelumnya kunjungan wisatawan sekitar 75.000 orang. Namun, pada 1 Januari ada sekitar 103.000 orang,” jelasnya, Selasa (1/3/2023).

Kunjungan wisatawan saat liburan Nataru terbanyak berada di Kabupaten Tangerang hingga mencapai 29,4% atau 30.145 orang. Dari 8 kabupaten/kota di Provinsi Banten, kunjungan wisatawan terendah di Kota Tangerang sebanyak 1.751 atau 1,7%.

“Walaupun destinasi wisata di Provinsi Banten mengalami tren naik turun, namun tetap kami pantau untuk memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan,” kata Hamidi.

Menurut dia, masuknya wisatawan ke Banten terjadi di 11 objek wisata. Namun mayoritas masyarakat Banten lebih menyukai objek wisata seperti wisata pantai, permainan atau wahana, wisata alam dan wisata kolam renang.

“Dan dari sekian banyak objek wisata yang ada di Provinsi Banten, kunjungan terbanyak adalah kunjungan kolam renang sebanyak 63.818 kunjungan atau 62,2 persen,” kata Hamidi.

Ia berharap dengan mengkoordinir berbagai pemangku kepentingan pariwisata dapat menjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan wisatawan selama berlibur di Nataru.

Hamidi mengatakan liburan di Nataru cukup menguntungkan dan terkendali, meski pengunjung sepi di semua destinasi wisata. Seluruh pemangku kepentingan pariwisata, baik pemerintah daerah, TNI – Polri, mitra wisata, pengelola objek wisata berkomitmen melakukan pemantauan dan pengawasan untuk menjamin keselamatan, keamanan, dan kenyamanan wisatawan.

“Saya berharap dengan segala upaya kita dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang sedang menikmati liburannya,” pungkasnya.

Provinsi Banten sendiri memiliki potensi wisata mulai dari wisata alam, religi/sejarah dan buatan. Kawasan wisata Pantai Anyer di Carita menjadi salah satu tujuan utama masyarakat Banten, Jakarta dan sekitarnya untuk mengisi waktu liburan. (Ya)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button