Berita Wisata

Kunjungan Wisnus ke Kaltim melebihi target

Samarinda (ANTARA) – Kunjungan Ahli Ekonomi Nusantara (Wisnus) ke Provinsi Kalimantan Timur antara Januari 2022 hingga 22 November 2022 mencapai 2,6 juta atau melebihi target dua juta pengunjung hingga akhir 2022.

“Tahun lalu kami tidak berani mematok target tinggi untuk tahun 2022, karena masih adanya pandemi COVID-19 yang mengharuskan pembatasan berbagai aktivitas, sehingga target yang kami tetapkan untuk tahun ini tidak hanya dua juta wisatawan domestik,” Manajer Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Restiawan Baihaqi mengatakan kepada Samarinda, Rabu.

Namun, kata dia, ketika pemerintah mengendurkan aktivitas masyarakat pada April 2022, akan berdampak pada tingginya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kaltim.

Manajer Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kaltim, Restiawan Baihaqi (ANTARA/M Ghofar)

Ia mengatakan, kunjungan wisatawan domestik ke Kaltim bukan hanya untuk berwisata tapi untuk tujuan lain, tapi pada akhirnya berwisata juga.

Selain itu, kata dia, yang tidak mengunjungi objek wisata juga harus berkorelasi dengan parekraf (pariwisata dan ekonomi kreatif), seperti menginap di hotel, makan, minum, dan membeli produk olahan rakyat MPME, dan sejumlah parekraf. produk untuk dinikmati di tempat atau dibawa pulang.

Selain itu, saat ini Provinsi Kaltim telah ditetapkan sebagai lokasi Ibukota Negara (IKN) Nusantara yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, sehingga banyak kunjungan ke Kaltim, baik untuk urusan pekerjaan maupun untuk melihat potensi bisnis di kawasan IKN dan sekitarnya.

“Hampir setiap hari saya menerima pertanyaan secara langsung, telepon bahkan online tentang peluang bisnis yang bisa dikembangkan di Kaltim. Karena magnet IKN, maka masyarakat Kaltim bersyukur atas ditunjuknya ketua sebagai situs IKN,” kata Baihaqi.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button