Berita Wisata

Kunjungi Kebun Raya Bogor, sebuah taman hijau di tengah kota

Antv – Kebun Raya Bogor merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi di kota hujan. Di sini pengunjung bisa bersantai dan belajar dari benda-benda yang ada di dalamnya.

Kebun Raya Bogor merupakan taman hijau yang terletak di pusat kota. Tempat wisata ini memiliki koleksi tumbuhan dengan kerangka hewan yang unik dan beragam.

Selain itu, Kebun Raya Bogor memiliki objek-objek yang menarik pengunjung, seperti kebun bambu istana kepresidenan.

Selain digunakan sebagai tempat wisata edukasi, pengunjung sering datang ke sini hanya untuk jalan-jalan, berolahraga, atau piknik. Pasalnya, tempat ini cukup luas dan dinaungi oleh pepohonan yang rimbun.

Kebun Raya Bogor memiliki luas kurang lebih 87 hektar. Pengunjung dapat mengelilingi setiap area dengan berjalan kaki atau bersepeda. Jika tidak ingin lelah, pengunjung bisa menikmatinya Bus antar-jemput.

Memanfaatkan Bus antar-jemput tentunya pengunjung harus membayar terlebih dahulu. Namun selama periode tersebut, pengunjung akan ditemani pemandu yang akan menjelaskan setiap objek wisata dan sejarah Kebun Raya Bogor.

Lantas, apa saja objek wisata Kebun Raya Bogor? Ini artikelnya!

Kawasan Wisata di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan tempat wisata alam dan edukatif, sehingga pengunjung akan disuguhi dengan objek alam seperti tumbuhan dan bangunan bersejarah.

Kebun Raya Bogor memiliki beberapa kawasan wisata seperti Ecodom, Istana Kepresidenan, Museum Zoologi, Kebun Bambu dan Taman Meksiko. Ini lebih banyak.

Ekodom

img_title

Ekodom. (Foto: Klook)

Hal pertama yang menarik Ecodom adalah bentuk bangunannya yang unik sehingga menarik perhatian pengunjung.

Bangunan Ecodom berkubah dengan lumut di sisinya. Hal ini membuat bangunan terlihat seperti tertutup tanaman rambat raksasa.

Karena desain bangunannya yang unik dan estetis, Ecodom juga menjadi objek foto bagi pengunjung yang datang.

Lantas, apa saja yang bisa kita temukan di Ecodom ini?

Di Ecodom, pengunjung dapat menemukan flora atau tumbuhan. Tempat ini berisi berbagai jenis tumbuhan.

Sebagian besar tumbuhan di Ekodom ini berasal dari iklim tropis, khususnya Indonesia.

istana presiden

img_title

Kebun Raya Bogor. (Foto: RimbaKita.com)

Istana Kepresidenan menjadi daya tarik utama Kebun Raya Bogor. Pengunjung dapat melihat kemegahan dan keindahan bangunan bersejarah ini dari jarak dekat.

Kemegahan istana kepresidenan ini semakin sempurna dengan keindahan taman dan danau di pelatarannya. Puluhan bunga teratai semakin menghiasi pelataran bangunan ini.

Pengunjung bisa bersantai di tepi kolam renang atau berfoto dengan latar belakang Istana Kepresidenan. Bunga teratai di kolam akan memperindah foto. Bunganya yang berwarna merah muda membawa lebih banyak warna pada lingkungan di sekitarnya.

museum zoologi

Museum Zoologi terletak di Istana Kepresidenan yang merupakan salah satu ruang edukasi Kebun Raya Bogor.

Museum zoologi dibuat dengan tujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang dunia satwa atau fauna.

Di museum zoologi pengunjung dapat menemukan berbagai jenis kerangka hewan langka. Pengunjung bisa mengungkap nama hewan untuk melihat langsung fosilnya.

Seluruh kerangka hewan yang ada di Museum Zoologi telah melalui proses konservasi. Hal ini dilakukan agar fosil dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak.

Salah satu kerangka hewan paling terkenal di museum ini adalah paus biru. Hewan ini berukuran raksasa, dua kali lipat ukuran museum!

Ukuran ini hanya fosil ANTV Lovers. Bukan seluruh tubuh paus. Dapatkah Anda membayangkan ukuran paus biru asli?

Taman Bambu

img_title

Taman bambu. (Foto: Instagram @kebunrayabogor)

Daya tarik lain Kebun Raya Bogor adalah koleksi tanamannya yang beragam termasuk bambu.

Kebun Raya Bogor memiliki kebun bambu yang sering dijadikan objek foto oleh pengunjung. Selain itu, banyak juga benda-benda bambu lainnya di sekitarnya.

Salah satu daya tarik taman bambu ini adalah kubah segitiga yang menyerupai atap rumah. Setiap kayu diikat dengan tali agar menyatu dengan sempurna.

taman Meksiko

img_title

Taman Meksiko. (Foto: Instagram @kebunrayabogor)

Setelah Ecodom, Kebun Raya Bogor juga memiliki kawasan wisata tumbuhan lain yaitu Taman Meksiko yang ciri khasnya adalah kaktus yang terdapat di sana.

Setiap tanaman kaktus di taman Meksiko memiliki ukuran yang beragam, dari yang kecil hingga yang besar. Tanaman kaktus tumbuh subur di kawasan ini.

Wisatawan yang mengunjungi taman Meksiko harus berhati-hati karena jalurnya dipenuhi bebatuan dan kerikil. Oleh karena itu, pengunjung disarankan memakai sepatu dengan sol yang tebal dan tidak longgar.

Juga, pengunjung harus berhati-hati terhadap duri kaktus. Jika tidak berhati-hati, duri tersebut dapat menggores atau bahkan menusuk kulit dan menyebabkan luka.

Fasilitas Kebun Raya Bogor

img_title

Kebun Raya Bogor. (Foto: RedDoorz)

Sebagai salah satu tempat wisata terpopuler, Kebun Raya Bogor memiliki fasilitas yang lengkap.

Kebun Raya Bogor menawarkan toilet, kursi, dan restoran yang bersih, serta beberapa gerai makanan dan minuman.

Kebun Raya Bogor memiliki halaman luas yang sering dijadikan tempat piknik dan bersantai oleh para pengunjung. Pengunjung juga diperbolehkan membawa barang belanjaan, namun menggunakan wadah dan tidak diperbolehkan membawa kompor portable.

Selain itu, Kebun Raya Bogor cocok untuk pengunjung yang ingin berolahraga. Jalannya bersih, diaspal dan dinaungi oleh pepohonan rimbun yang mengelilinginya.

Sebagai tempat wisata, Kebun Raya Bogor tentunya memiliki tempat parkir. Sayangnya, kawasan ini tidak bisa digunakan setiap hari untuk pengendara.

Mobil hanya dapat menggunakan tempat parkir yang tersedia dari Senin hingga Jumat. Namun, pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur, tempat parkir tersebut tidak dapat digunakan.

Jam Buka Kebun Raya Bogor

img_title

Kebun Raya Bogor. (Foto: LIPI)

Kebun Raya Bogor buka setiap hari tanpa hari libur, mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Harga tiket untuk turis lokal dan mancanegara sama setiap hari kerja. Namun, pada akhir pekan atau hari libur, harganya sedikit berbeda.

Harga masuk pada hari biasa (Senin sampai Jumat) adalah Rp 16.500, sedangkan pada akhir pekan atau hari libur adalah Rp 26.500.

Harga masuk juga berbeda untuk sepeda. Pada hari kerja akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp 15.000, sedangkan pada akhir pekan akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp 20.000.

Perlu diingat bahwa tiket masuk sepeda tidak termasuk tiket pengunjung. Dengan demikian, pengunjung yang membawa sepeda harus membayar dua tiket sekaligus.

Kebun Raya Bogor juga menetapkan harga tiket yang berbeda bagi pengguna kendaraan bermotor. Pengemudi harus membayar Rp 50.000, sedangkan tiket motor dikenakan biaya Rp 5.000.

Peraturan di Kebun Raya Bogor

img_title

Kebun Raya Bogor. (Foto: IzyStay)

Demi menjaga ketertiban dan keamanan, Kebun Raya Bogor menetapkan peraturan yang harus dipatuhi oleh setiap pengunjung.

  • Pembelian tiket dapat dilakukan langsung di tempat atau secara langsung on line di situs resmi Kebun Raya Bogor. Untuk pembelian tiket on lineKlik disini.
  • Anak dengan tinggi 80 cm harus membeli tiket masuk.
  • Untuk saat ini, tidak ada batasan usia bagi pengunjung.
  • Pengunjung harus dalam keadaan sehat. Pengunjung juga harus mematuhi protokol kesehatan yang ada, seperti memakai masker dan memakainya pembersih tangan.
  • Pengunjung harus telah menerima setidaknya 2 dosis vaksin.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button