Berita Wisata

Kunjungi rumah pohon di tengah perkebunan

ARASYNEWS.COM – Di Sumatera Barat, ada beberapa tempat wisata yang bagus di atas pohon. Pohon besar ini letaknya tidak seperti pohon besar lainnya yang sulit diakses. Pohon ini berada di tengah perkebunan kelapa sawit dan dijadikan sebagai tempat wisata.

Rumah Pohon Agam terletak di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, yang terletak di hamparan perkebunan kelapa sawit seluas ribuan hektar milik Wilmar Group.

Di sini terdapat sebuah pohon besar yang menjulang setinggi sekitar 35 meter, yang di tengahnya terdapat sebuah rumah pohon. Awalnya rumah pohon ini sengaja dirancang untuk memantau aktivitas di perkebunan sawit, namun dalam perkembangannya menjadi salah satu ikon Kabupaten Agam dan menjadi tempat wisata.

Rumah pohon ini dibangun pada tahun 1995 di desa Tapian Kandis, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Rumah pohon ini berada di tengah hamparan ribuan hektar perkebunan sawit milik grup Wilmar.

Biasanya orang menyebut rumah pohon ini dengan sebutan Rumah Pohon Perkebunan PT AMP karena berada di areal perkebunan perusahaan.

Pohon ini adalah Alstona Pacuma Tophora, tingginya hampir 40 meter. Dan di tengah ketinggian tersebut, rumah pohon ini dibuat dengan ketinggian 18 meter dari permukaan tanah.

Awalnya, rumah pohon ini sengaja dibuat perusahaan untuk memantau aktivitas perkebunan sawit, termasuk jika ada potensi titik panas.

Namun seiring berjalannya waktu, rumah pohon ini mendapat banyak perhatian. Memang dari rumah pohon ini, pengunjung disuguhi pemandangan hijau pepohonan palem yang mengelilingi rumah pohon.

Kini, rumah pohon tersebut sering dikunjungi wisatawan lokal maupun luar kota. Mereka biasanya keluarga atau pasangan muda.

Daya tampung rumah pohon ini mencapai 800 kg, atau mampu menampung 10 orang yang ingin memanjat. Untuk mengakses rumah pohon, Anda harus menaiki tangga sebanyak 89 anak tangga.

Untuk naik ke rumah pohon ini, dibutuhkan keberanian karena undakan yang cukup membuat kaki gemetar. Namun begitu sampai di puncak, rasa gemetar terbayar lunas saat melihat pemandangan hijau hamparan luas pohon kelapa yang menyejukkan mata.

Plus, angin sepoi-sepoi pun membuat berlama-lama dan menikmati pemandangan semakin menyenangkan.

Keberadaan rumah pohon ini menjadi salah satu destinasi wisata Pemerintah Kabupaten Agam. Dan untuk memasuki rumah pohon ini, traveler harus meminta izin kepada pihak perusahaan. Sedangkan untuk masuk juga perlu membayar Rp 10.000. []

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button