Tempat Wisata

Kuntum Farmfield, tempat agrowisata dan edukasi di Bogor

Kuntum Farmfield, tempat agrowisata dan edukasi di Bogor

Sangat mudah untuk mengenalkan anak pada keindahan alam dan isinya. Mengunjungi Kuntum Farmfield di Bogor, seluruh pengunjung dapat menikmati keindahan alam agrowisata serta mendapatkan edukasi dan pengalaman berharga.

Di kawasan ini terdapat berbagai aktivitas alam yang bisa dilakukan pengunjung. Di sini Anda bisa mencoba menjadi petani atau peternak. Kawasan yang luas ini menawarkan banyak kesempatan untuk mencoba aktivitas yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Memang anak-anak adalah pengunjung yang paling menikmati keberadaan tempat unik ini. Karena mereka akan merasa seperti memasuki lingkungan yang berbeda dan mendapatkan pengalaman serta pendidikan yang beragam hingga belajar dengan cara yang menyenangkan.

Daya tarik tunas ladang pertanian

Sebagai kawasan agrowisata dan edukasi, Kuntum Farmfield menawarkan beragam aktivitas alam yang dapat dilakukan bersama seluruh keluarga. Simak penjelasan berikut ini:

1. Agrowisata

Kawasan yang luas ini menawarkan pengunjung suasana pedesaan yang indah, udara sejuk dan pengalaman yang sangat berbeda sebagai petani, penanam atau peternak. Keindahan kawasan ini memberikan kesegaran baru bagi pengunjungnya.

2. Pendidikan

Pengunjung bisa belajar menjadi petani, tukang kebun atau penanam. Pasalnya kawasan wisata ini memiliki beberapa area taman, sawah, dan kandang ternak. Pengunjung dapat belajar cara menanam padi, aneka sayuran, umbi-umbian dan palawija, ikan, serta pakan ternak.

Para pengunjung akan diperkenalkan dengan sistem budidaya akuaponik. Dimana metode ini diterapkan di kawasan ini dan dapat dipelajari oleh pengunjung. Pengalaman yang berbeda.

3. Beli produk segar

Hasil panen dari tempat ini tentunya bisa dibeli langsung oleh pengunjung. Tidak hanya aneka sayuran, umbi-umbian, hasil bumi, tetapi juga ikan hasil tangkapan. Selain itu, terdapat juga pembibitan Kuntum yang menawarkan berbagai tanaman hias, bunga, dan tanaman buah-buahan.

Dilengkapi pula dengan berbagai alat dan bahan pendukung. Misalnya pot, substrat tanaman, peralatan berkebun dan juga berbagai macam pupuk. Cocok bagi pecinta tanaman yang ingin menambah koleksi tanaman baru pada rumahnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Lokasi agrowisata Kuntum Farmfield terletak di Jl. Raya Tajur No. 291, Desa Sindangrasa, Kabupaten Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat. Lokasinya tidak jauh dari pintu keluar Tol Jagorawi di Ciawi. Lokasinya dapat ditempuh sekitar 1,5-2 jam dari Jakarta.

Kini dapat ditempuh dalam waktu satu jam dari pusat kota Bogor. Banyak angkutan umum arah Cisarua yang bisa digunakan.

Biaya masuk dan jam buka

Tiket masuk Kuntum Farmfield memang cukup mahal, namun dengan pembelian tiket masuk ini pengunjung sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada di lokasi. Pada hari kerja biaya masuknya adalah Rp 60.000 per orang (dari usia 2 tahun). Sedangkan pada hari libur besarnya Rp 70.000.

Dengan tiket masuk ini, setiap pengunjung otomatis mendapat 1 paket pakan ternak. Oleh karena itu, interaksi dengan hewan ternak setempat dapat dijadikan sebagai pengalaman pendidikan. Tarif grup dapat didiskusikan dengan pengelola.

Kawasan agrowisata ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi dan tutup pada jam 6 sore. Rentang waktunya cukup lama bagi pengunjung untuk menjelajahi seluruh kawasan dan menikmati berbagai aktivitas alam di sini.

Kegiatan yang mengasyikkan

Konsep agrowisata yang dikembangkan di Kuntum Farmfield Bogor membuat pengunjung tidak kehabisan aktivitas.

belajar berkebun

Pengunjung bisa belajar menanam padi atau aneka sayuran. Kemudian Anda bisa melihat tahapan perkembangan tanaman mulai dari pembibitan hingga tanaman siap panen. Dengan cara ini, pengunjung juga mendapat informasi tentang tanaman.

memberi makan ternak

Di tempat ini terdapat berbagai hewan ternak yang kemudian dijadikan sebagai sarana edukasi bagi anak-anak. Anda bisa memberi makan kelinci, marmot, kambing, domba, sapi, dan kerbau. Kami juga membawa anak-anak langsung ke hewan ternak.

Berpartisipasi dalam panen sayuran

Pengunjung juga diperbolehkan ikut serta dalam pemanenan sayuran siap petik. Anda bisa membeli hasil panennya dan membawanya pulang. Sebuah kesempatan dan pengalaman menarik yang biasanya tidak Anda dapatkan setiap hari.

penangkapan ikan

Pengunjung yang hobi memancing juga bisa melakukannya di kawasan agrowisata ini. Hebatnya ikan yang ditangkap bisa langsung dimasak jika diinginkan. Resto Sasando bisa membantu proses memasaknya sehingga bisa langsung dinikmati bersama keluarga.

Bersantailah sambil makan

Jangan khawatir akan kelaparan di kawasan agrowisata ini. Dua restoran tersedia untuk pengunjung. Terdapat kantin Gliss yang terletak di sebelah pintu masuk lokasi. Lalu Resto Sasando yang berada di tengah kawasan. Menikmati pemandangan indah sambil makan pastinya menyenangkan.

Menunya sangat variatif, namun harganya tetap terjangkau. Banyak pengunjung yang hobi memancing kemudian meminta Resto Sasando untuk memasakkannya. Sehingga seluruh keluarga bisa langsung menikmati hasil memancing.

Kegiatan khusus untuk anak-anak

Konsep agrowisata ini sangat cocok dijadikan sarana edukasi bagi anak-anak. Anda bisa belajar tentang sayuran dan proses penanamannya. Kemudian beri makan hewan ternak yang berbeda. Berpartisipasi dalam kegiatan memancing dan permainan ikan. Atau belajar berkendara.

Bahkan ada kursus berkuda untuk anak-anak dan orang dewasa. Sehingga Anda bisa belajar menunggang kuda yang nyaman namun aman. Puluhan ekor kuda dipelihara di tempat ini, semuanya sehat dan tampak gagah. Akan ada petugas yang mengawal pengunjung dan memastikan keselamatan mereka.

belanja panen

Produk berbagai tanaman sayur dan buah dari kebun bisa dibeli segar di sini. Pengunjung juga bisa memetik sendiri sayur atau buahnya lalu membayar sesuai hasil panen. Sebuah pengalaman yang menyenangkan tentunya.

Peralatan lengkap

Agar para pengunjung merasa nyaman, peralatan lengkap disediakan di kawasan ini. Diantaranya adalah tempat parkir yang luas dan aman, musala untuk salat, restoran, dan toilet umum. Restoran ini juga dapat membantu menyiapkan ikan hasil tangkapan pengunjung untuk segera dikonsumsi.

Paket grup khusus

Kuntum Farmfield Bogor juga menawarkan pengaturan khusus untuk rombongan. Kelompok sekolah maupun kelompok dewasa dapat dilayani. Berbagai paket grup ditawarkan. Juga untuk acara-acara khusus seperti arisan, rapat atau acara khusus seperti ulang tahun.

Ada juga berbagai kegiatan yang bisa dilakukan. Selain memberi makan ternak, menunggang kuda, berkebun, memetik sayur mayur dan buah-buahan, terdapat kegiatan khusus untuk kelompok. Misalnya cetak plester, kerajinan tambal sulam, belajar membuat cincau dan melukis topi.

Kesepakatan dapat dilakukan langsung dengan pengelola kawasan agrowisata ini di nomor whatsapp 087720781000. Hal ini memungkinkan Anda memilih paket mana yang ingin dipesan sehingga dapat disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan rombongan pengunjung.

Menutup

Kawasan agrowisata Kuntum Farmfield Bogor menawarkan liburan yang berbeda. Belajar merawat hewan ternak dan belajar aktivitas di alam tentu menambah kesegaran tersendiri dalam semua itu. Liburan sambil kuliah di tengah indahnya alam memang sangat menyenangkan.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button