Tempat Wisata

Langkat Teroh-Teroh Waterfall – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp40.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Cab. Langkat, Sumatera Utara.

Sumatera Utara sepertinya tidak pernah kehabisan tempat wisata yang ditawarkan oleh para pelancong dari seluruh dunia. Dengan salah satu provinsi terbesar di Tanah Air, tak heran potensinya begitu diperhitungkan. Apakah atraksi sejarah, alam, budaya atau hanya aktivitas kuliner, Anda akan menemukan semua yang Anda cari di sini.

Salah satu alternatif destinasi yang banyak terdapat di provinsi ini adalah Air Terjun Teroh Teroh Langkat yang memiliki daya tarik wisata yang tinggi. Suasana alam dengan kejernihan airnya tak kalah memukau, berkunjung ke sana seperti menemukan ketenangan di tengah kesibukan aktivitas sehari-hari.

Tujuan tamasya alami ini menghadirkan perasaan segar yang luar biasa begitu Anda menginjakkan kaki di jalur pendakian. Terletak di tengah hutan dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi di sekelilingnya, ini mungkin alasan untuk menciptakan kesan abadi. Dari air hingga tanah basah hingga daun-daun berguguran, kombinasi ini terlihat indah dipandang mata.

Daya tarik Air Terjun Teroh Teroh

Objek Wisata Air Terjun Teroh TerohKredit Foto: Tur Google Maps Nuansa Indah

1. Keindahan air terjun

Ada sebuah air terjun yang oleh penduduk setempat disebut Tongkat karena keunikannya. Bukan karena apa-apa, tetapi di antara tebing dan kolam alami, tongkat kayu dibentuk secara horizontal.

Selain keindahan Air Terjun Teroh Teroh pada umumnya, semburan air yang jatuh dari atas tebing memang memesona. Terutama pelancong yang mengunjungi pemandian sebagai hobi tidak akan kecewa dengan destinasi eksotis ini.

Air terjun ini konon tingginya mencapai 12 meter yang artinya memiliki debit yang cukup berisik. Oleh karena itu disarankan untuk menghindari posisi langsung di bawah air terjun karena bisa berbahaya. Yang terbaik adalah puas dengan bermain di kolam yang terbentuk secara alami daripada mendekati pusat air yang jatuh.

2. Pemandangan alam yang eksotis

Tidak ada yang lebih menarik dari pemandangan eksotis yang terbentuk secara alami oleh simbol-simbol khusus. Ada kolam, air terjun, hutan rimbun, semuanya menyatu satu sama lain untuk menciptakan suasana yang tak terlupakan.

Kapan pun Anda datang dan ke mana pun Anda beraktivitas di momen liburan, keindahannya tidak akan berubah. Sebaliknya, semakin lama dinikmati, semakin besar kekaguman di hati.

Apalagi bagi traveler yang datang dari jauh dan tinggal di perkotaan, liburan di Air Terjun Teroh Teroh bisa menjadi pelipur lara terbaik. Luangkan waktu Anda dan nikmati semua yang ditawarkan destinasi indah ini.

3. Kolam alami

Kolam alami yang terbentuk dari pertemuan Air Terjun Pelaruga dan Air Terjun Tongkat menciptakan estetika tersendiri. Masyarakat setempat menyebutnya Kolam Abadi, suasana di sini benar-benar mempesona.

Airnya jernih sehingga Anda bisa melihat dasarnya tanpa alat. Kolam cantik ini terus dijaga dan dirawat agar kelestariannya tidak terganggu oleh ulah orang-orang iseng.

Berkat pesonanya, wisatawan kerap berfoto di dalam air dan memamerkannya di kanal media sosial. Toh, keindahan alam Indonesia memang pantas untuk diabadikan, bukan?

4. Jalur pendakian

Atraksi air di Air Terjun Teroh TerohKredit foto: Google Maps Just Didit

Untuk menuju pusat Air Terjun Teroh Teroh, Anda harus melewati jalur khusus pendakian. Bagi pecinta petualangan, kawasan wisata alam ini pasti akan menguji adrenalin Anda.

Meski tidak terlalu ekstrem, pendakiannya sepadan. Sepanjang jalan Anda akan melewati pohon-pohon yang menjulang tinggi, daun-daun berguguran berserakan di tanah, diiringi kicauan serangga atau burung.

5. Masalah keamanan yang sangat mengkhawatirkan

Sedikit berbeda, destinasi alam Air Terjun Teroh Teroh mensyaratkan kewajiban menyewa pemandu wisata. Anda tidak diperbolehkan melakukan perjalanan sendiri ke pusat air terjun tanpa ditemani pemandu. Bahkan, setiap pengunjung diberikan jaket pelampung sebelum memulai petualangan.

Mungkin aturan semacam ini terdengar sedikit tidak nyaman, namun kenyataan di lapangan adalah semacam jaminan keamanan. Mengingat rute sepanjang perjalanan agak rawan, masuk akal jika manajemen memberlakukan aturan yang ketat.

Di sisi lain, hal semacam itu juga bisa menjadi daya tarik, terutama bagi wisatawan keluarga. Artinya, Anda tidak perlu khawatir jika harus membawa anak kecil karena ada pemandu berpengalaman yang siap membimbing Anda. Sehingga wisatawan mendapat petunjuk arah terlebih dahulu setelah membayar retribusi Air Terjun Teroh Teroh.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Teroh TerohSumber Gambar: Google Maps Nazaruddin M.Pd

Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Jalan Sungai Wampu dari Tol Medan-Binjai. Setelah itu terus berjalan hingga memasuki kampung Rumah Galuh dengan melintasi Jalan Sungai Wampu.

Air Terjun Teroh Teroh terletak di Kabupaten Langkat, 48 km dari pusat kota Medan di Sumatera Utara. Khususnya di distrik Sei Bingai, pelancong membutuhkan setidaknya 1,5 jam untuk benar-benar tiba di tempat tujuan.

Untungnya, perjalanan diselimuti angin sepoi-sepoi di antara perkebunan, sawah hijau, dan jalan pedesaan. Keadaan ini sedikit banyak mampu mengurangi potensi kelelahan dan menjadi hiburan saat Anda menyetir sendiri.

Tetap berhati-hati saat berkendara mengingat Kota Medan memiliki reputasi buruk dalam hal lalu lintas. Sebagai informasi tambahan, mungkin sudah umum terlihat aksi saling menguntungkan antar pengemudi di kawasan ini.

Jika ingin situasi yang cenderung lebih aman, disarankan menyewa mobil dengan supir. Tidak ada salahnya membayar ekstra asalkan selamat sampai tujuan, bukan?

Setelah melihat keindahan alam air terjun dan kolamnya nanti, kemungkinan semua penat Anda akan sirna.

Biaya masuk wisata alam

Harga tiket masuk wisata air terjun Teroh-TerohSumber gambar: Twitter Hardrock FM Bali

Biaya akses Air Terjun Teroh Teroh terbilang cukup mahal untuk sebuah objek wisata alam. Anda harus membayar retribusi sebesar Rp 40.000,- sudah termasuk penitipan, sewa tempat parkir, bermain di kolam abadi dan jasa pemandu wisata.

Jika Anda berencana untuk berlama-lama di destinasi perairan ini, sebaiknya datang dari pagi hingga malam hari jika benar-benar diperlukan. Anda tidak perlu khawatir karena manajemen mengatur jadwal operasional 24 jam penuh setiap hari sehingga Anda bisa datang kapan saja dan sesering mungkin.

Di sisi lain, sebaiknya hindari berkunjung saat musim hujan karena kondisi jalan bisa sangat licin dan hal ini jelas memiliki potensi bahaya tersendiri. Buat program liburan saat musim kemarau saat matahari sedang terik.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Air Terjun Teroh Teroh

Aktivitas di Air Terjun Teroh TerohKredit foto: Google Maps JURAI PESIRA

1. Lompat tebing

Bagaimana tantangannya? Apakah Anda ingin merasakan membenamkan diri di dalam air dengan keamanan terbatas? Jika iya, maka Air Terjun Teroh Teroh adalah tempat wisata yang cocok untuk orang seperti Anda. Di sini wisatawan diperbolehkan untuk melompat dari atas tebing curam sesering dan sesering yang mereka mau.

Pasalnya, ada sungai yang membentuk cekungan cukup dalam, kemudian daerah sekitarnya terhalang oleh tebing-tebing tinggi. Meskipun demikian, koleksi batu masih dapat diakses jika Anda benar-benar menginginkannya.

Ada jalur khusus yang biasa digunakan para pecinta tantangan untuk memulai aktivitas lompat tebing. Hanya saja, pastikan Anda cukup berani untuk menapaki jalan terjal dengan tanaman rambat lumut.

2. Body Rafting

Dengan mengikuti body rafting Anda dapat menjelajahi aliran sungai dengan cara yang mengasyikkan. Bersama rombongan, setiap pengunjung bisa saling berpegangan untuk menaklukan derasnya air.

Namun, body rafting ini mengharuskan wisatawan menyeberangi sungai dengan menggunakan anggota tubuh sebagai perahu sekaligus dayungnya. Sebagai persiapan ekstra, jangan lupa kenakan perlengkapan keselamatan seperti jaket pelampung terlebih dahulu untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Selain itu, kegiatan seperti itu hanya disarankan bagi wisatawan yang bisa berenang, terutama karena sungainya cukup dalam. Perhatian disarankan selama perjalanan melalui Kolam Abadi.

3. Piknik di alam

Aktivitas di Air Terjun Teroh TerohSumber gambar: Twitter Pariwisata Bersih Sumatera Utara

Piknik juga menjadi salah satu jenis kegiatan yang banyak dilakukan pengunjung saat berada di Air Terjun Teroh Teroh. Anda juga mungkin tertarik untuk mencobanya, jadi sebaiknya bawa suplemen dari rumah.

Meskipun di lokasi sebenarnya terdapat stand makanan, namun kondisinya jauh lebih menyenangkan jika Anda mempersiapkan semuanya sendiri. Terakhir, ada hal lain yang perlu diwaspadai, seperti bantal kursi atau sekadar lotion anti serangga agar aktivitas menyenangkan di mana saja, kapan saja.

4. Berburu foto

Mulai dari hutan, hamparan air hingga tebing terjal, semuanya memiliki daya tarik yang patut diabadikan. Jika Anda adalah pengguna media sosial yang aktif dan sering melakukan petualangan pribadi, air terjun dan saluran sungai tidak akan mengecewakan.

Lebih sempurna lagi jika peralatan foto Anda tetap kompatibel di dalam air. Pasalnya, kolam abadi ini memiliki suasana yang jernih, sehingga terlihat eksotis saat diabadikan di kamera.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Kompleks air terjun Teroh-TerohSumber gambar: Twitter sitindaonnews

Hal yang paling menarik dari Air Terjun Teroh Teroh adalah adanya pemandu dan tata tertib mengikuti pembekalan sebelum memulai perjalanan. Situasi ini mengarah pada fakta bahwa keamanan para wisatawan lebih terjamin daripada hanya bisa bepergian dengan bebas.

Di sisi lain, kebutuhan dasar seperti sarana makan dan MCK cukup terpenuhi. Jadi Anda tidak perlu khawatir aktivitas liburan Anda terganggu karena adanya pembatasan.

Namun kondisi kerangka secara keseluruhan belum sempurna dan memuaskan. Pada dasarnya tempat wisata air ini sangat menarik untuk dijelajahi karena kondisi alamnya yang menakjubkan.

Air Terjun Teroh Teroh sebenarnya hanyalah sebagian kecil dari potret keindahan alam di Kabupaten Langkat. Berkunjung ke sini berarti mempromosikan destinasi negara dan bangga terhadapnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button