Tempat Wisata

Laut Bekah, nikmati panorama laut tebing yang eksotis di Gunung Kidul

Laut Bekah, nikmati panorama laut tebing yang eksotis di Gunung Kidul
harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Temon, Giripurwo, Kec. Purwosari, Cab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Laut Bekah merupakan salah satu tempat wisata yang keindahannya luar biasa di Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat ini bahkan disebut-sebut sebagai Uluwatunya Yogyakarta. Bagi anda yang penasaran dengan Uluwatu Bali saya rasa bisa menjadi pilihan untuk ke sini jika anda belum memiliki budget yang besar.

Ingat tempat ini bukan pantai. Namun lautnya dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang gagah dan indah. Bagi Anda yang suka berfoto, pasti akan menyukai tempat ini. Selain itu, jika Anda suka memancing, tempat ini mungkin menjadi area favorit Anda.

Tebing laut ini memiliki ketinggian kurang lebih 95 meter dengan kemiringan 180°. Hal menarik lainnya dari tempat ini adalah konon tebing yang ada merupakan tebing yang berada di bawah laut. Kemudian tebing-tebing di bawah laut diangkat menjadi daratan saat ini.

Daya tarik yang dimiliki Laut Bekah

Objek Wisata Laut BekahKredit foto: Google Maps oleh Rizky Ikhsan

Laut Bekah merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sangat indah dan cukup terjaga. Itu karena tidak banyak orang yang tahu tentang tempat ini. Namun, bagi Anda yang hobi memancing, tempat ini pasti cocok. Selain itu tentunya masih banyak pesona dan daya tarik lainnya.

1. Tebing yang indah dan besar

Tempat wisata ini memang dikelilingi oleh tebing yang tinggi, indah dan terjal. Tebing-tebing yang terbentang dari arah timur terlihat sangat gagah. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan indah dari atas tebing. Kegiatan memancing juga menarik dari atas.

Cukup banyak pemancing yang singgah dan menginap di kawasan tebing ini. Mengingat tempatnya yang sangat mendukung bagi para pemancing untuk mendirikan tenda dan memulai berburu malam. Penduduk setempat juga sering mencari lobster di lokasi ini.

2. Laut yang sangat biru

Hal lain yang menjadi daya tarik tempat ini adalah lautnya. Ya, warna biru laut dengan deburan ombaknya memang menarik untuk dilihat. Saat memandang luasnya lautan, Anda bisa merasakan ketenangan yang sesungguhnya. Hal ini dibantu dengan kondisi yang tidak terlalu ramai sehingga menambah ketenangan.

3. Matahari terbenam yang menawan

Pesona selanjutnya yang dimiliki Laut Bekah adalah tempat terbaik untuk menikmati panorama sunset. Tebing laut yang menjorok sedikit ke laut ternyata bisa membuat sunset semakin sempurna. Bisa dibilang tempat ini adalah lokasi yang paling cocok untuk melihat sunset yang indah.

4. Spot foto yang indah

Tempat ini juga merupakan tempat yang bagus untuk mengambil foto. Tentu saja, bagi Anda yang ingin mengambil foto yang bagus, Anda bisa. Tentunya jika anda berfoto selfie dengan latar belakang laut yang sangat biru, hasilnya akan sangat menarik.

5. Damai dan tenang

Bagi anda yang ingin menyendiri sejenak, tempat ini cocok. Karena lokasinya, tidak banyak yang diketahui. Dengan itu bisa dibilang tempat tersebut masih cukup alami dan terjaga. Sehingga suasana hening dan hening pasti bisa dirasakan. Dan sangat cocok bagi para pemancing untuk memulai berburu.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Samudera BekahKredit foto: Bazaar Hariadi Google Maps

Laut Bekah terletak di Desa Giripurwo, Dusun Temon, Kecamatan Purwosari, Kegubernuran Gunung Kidul, Yogyakarta. Jalan menuju lokasi tidak mudah. Namun, rasa lelah yang Anda rasakan pasti akan terbayar saat melihat panorama alam.

Dari arah Jogja jarak tempuh yang dibutuhkan setiap 48 km dengan waktu tempuh -+90 menit dengan kecepatan sedang. Untuk menuju tempat ini, Anda bisa melalui Jalan Parangtritis atau Jalan Imogiri Gunungkidul. Hal ini dikarenakan laut ini berjarak -+ 17km dari Pantai Parangtritis.

Nantinya Anda akan memasuki jalur Southern Cross menuju ke timur dan memasuki area perbukitan. Setelah 8 km lebih jauh belok kanan dan masuk ke area desa. Terus berjalan hingga menemukan jalan aspal mulus menandakan lokasi sudah dekat.

Ingat akan lebih baik untuk pergi dengan sepeda motor. Tentu saja, hindari menggunakan sepeda motor matic. Mengingat tenaga yang dibutuhkan untuk mendaki cukup besar. Dan menggunakan kendaraan yang sehat.

Tidak ada biaya masuk untuk memasuki Danau Bekah. Anda hanya perlu membayar biaya parkir. Jika harga yang dikenakan untuk sepeda motor atau kendaraan roda dua adalah Rp. Hanya 2.000.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Laut Bekah

Aktivitas seru di Laut BekahKredit foto: Google Maps Baskara Agung

Bagi anda yang berkunjung ke kota yogyakarta sepertinya mampir ke tempat ini. Tujuannya tentu saja untuk rehat dari penatnya tugas kantor dan kampus. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Tentunya semua kegiatan akan sangat menarik.

1. Menatap panorama laut yang indah

Hal pertama yang bisa Anda lakukan, meski tidak bisa bermain air, adalah menikmati pemandangan laut lepas. Jika beruntung, Anda bahkan dapat melihat makhluk laut yang sangat langka sehingga tidak dapat ditemukan di pantai lain. Misalnya, Anda bisa melihat kelompok paus atau hiu. Pemandangan lain yang mungkin Anda dapatkan adalah sekumpulan lumba-lumba yang muncul.

Di antara hiu, paus, dan lumba-lumba, ada satu spesies hewan yang sering dilihat orang yang berkunjung ke tempat ini. Yaitu penyu. Hewan ini muncul hampir setiap hari untuk mencari makan di tepi tebing. Sangat menarik bukan untuk dilihat?

2. Memancing di Laut Bekah

Aktivitas lain yang bisa Anda praktikkan di Laut Bekah adalah memancing. Bagi para pemancing, laut ini memang surga dunia. Hal ini dikarenakan lokasinya yang sangat strategis. Penangkapan ikan umumnya dilakukan pada malam hari.

Tidak hanya di akhir pekan, tapi juga hampir setiap hari pemulung datang lagi dan lagi. Hanya saja jumlahnya meningkat pesat menjadi sepuluh selama akhir pekan. Perlu diketahui bahwa meskipun berbentuk bukit, terdapat beberapa titik datar.

Hal ini tentunya memudahkan para pemancing untuk menemukan lokasi yang tepat. Selain itu, warga setempat telah mendirikan pagar setinggi lutut di tepi tebing. Hal ini memungkinkan pemancing untuk menikmati hobi mereka dengan rasa aman. Hal menarik lainnya adalah tebing di bawah laut ini merupakan salah satu parit terdalam di dunia.

Nah, di cekungan Laut Bekah terlihat jelas terdapat cukup banyak ikan dari berbagai spesies. Mulai dari Kerapu, Kakap, Caru, Layur hingga Lobster bisa dengan mudah Anda temukan. Bagi Anda yang hobi memancing, sepertinya wajib datang ke sini.

3. Refleksi dan kesepian

Laut ini juga merupakan tempat yang paling cocok untuk perenungan. Selain itu, angin sepoi-sepoi yang berhembus menambah ketenangan hati yang sedang mengamuk. Jadi bagi anda yang ingin menenangkan diri tempat ini sangat cocok.

Fasilitas yang tersedia di kawasan laut Bekah

Fasilitas Kelautan BekahSumber gambar: Google Maps santosoadies

Meski bukan tempat yang ramai dikunjungi wisatawan, namun tempat ini dilengkapi dengan fasilitas umum yang cukup lengkap. Mulai dari toilet, pendopo untuk istirahat hingga warung kecil untuk membeli kopi dan makanan ringan.

Karena kawasan wisata ini terletak di atas tebing yang menjorok ke laut, pengunjung yang berlibur atau bermain di sini harus berhati-hati.

Menurut Bekah memang bukan destinasi terindah di Yogyakarta. Namun, sangat cocok untuk Anda yang suka memancing atau memiliki anggaran terbatas. Ingatlah bahwa tidak perlu biaya banyak untuk memulai.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button