Berita Wisata

Lebih estetis, wajah baru wisata pantai Kejawanan kini melakukan Pangling

Lebih estetis, wajah baru wisata pantai Kejawanan kini melakukan Pangling
Pantai Jawa Cirebon. ©2022 Saluran YouTube RDay/Merdeka.com

Merdeka.com – Ombak yang tenang menjadi ciri khas destinasi Pantai Kejawanan di Desa Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Kini wisata kota udang yang ikonik telah ditata, sehingga terlihat lebih estetis.

Ada dermaga berbentuk tangga yang langsung menghadap perairan Laut Jawa. Tak jauh dari situ juga terdapat jembatan kayu yang baru dibangun yang memperindah tampilan pantai yang dulunya kumuh.

taboola tengah artikel

Untuk menuju Pantai Kejawanan jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Cirebon. Lokasinya berada di sisi utara, dengan jarak sekitar 5 KM. Banyak kendaraan umum yang memiliki jalur menuju pantai, salah satunya D1 atau AX.

Periksa ulasan

2 dari 4 halaman

Bermain pasir di tengah laut

Pantai Jawa Cirebon

©2022 Saluran YouTube RDay/Merdeka.com

Ada hal unik yang jarang ditemui di pantai lain, yaitu pengunjung bisa bermain pasir di tengah laut.

Biasanya kondisi ini akan berlangsung pada sore hari, saat kondisi air berangsur surut. Pengunjung yang datang langsung bisa langsung membuat gumuk pasir, istana dan bentuk lainnya sesuai dengan kreatifitasnya.

Kondisi ini semakin dipercantik dengan tampilan pantai yang sudah tertata dengan kondisi rapi dan bersih dari sampah sehingga membuat pengunjung merasa nyaman.

“Sudah lama ingin ke Kejawanan, tapi selalu tutup. Sekarang sudah terlanjur. Ternyata lumayan bersih dan tertata, jadi lebih nyaman,” kata seorang wisatawan bernama Kana, Kota ANTARA

3 dari 4 halaman

Tidak terorganisir

Pantai Jawa Cirebon

©2022 Saluran YouTube RDay/Merdeka.com

Sebelum pandemi Covid-19, keadaan pantai Kejawanan begitu tidak tertata. Saat musim hujan, kondisi sekitar pantai dipenuhi lumpur dan jalanan berbatu.

Selain itu para pedagang terlihat semrawut dan membuka lapaknya tepat di pinggir pantai.

Sekarang sudah dipindahkan ke satu tempat dan menjadi terpusat, agar tidak mengganggu pantai yang kini lebih bersih.

Kelancaran pantai ini juga didukung dengan adanya tempat parkir yang lebih terpusat dan luas, sehingga mampu menampung banyak kendaraan dan mudah diakses oleh wisatawan yang melintas.

Toilet dan kamar mandi juga diperbaiki agar lebih nyaman, termasuk juga dibangun mushola yang memadai.

4 dari 4 halaman

Tiket Rp 5 ribu

Pantai Jawa Cirebon

©2022 Saluran YouTube RDay/Merdeka.com

Sementara itu, PPN Kejawanan Kota Cirebon, Deputi Koordinator Pengelolaan dan Pelayanan Bisnis, Sri Handayani mengatakan, Pantai Kejawanan ditata sedemikian rupa agar pengunjung bisa menikmatinya dengan nyaman.

Menurutnya, pembangunan juga akan menghilangkan kesan kumuh yang selama ini melekat di pantai ini.

“Kawasan Pantai Kejawanan memang dirancang untuk dikembangkan menjadi lokasi wisata bahari yang populer, dimana tiketnya murah,” ujarnya.

Untuk menikmati dermaga baru yang eksotik, jembatan kayu yang estetik, dan pasir hitam yang halus dengan ombak yang tenang, pengunjung hanya membayar tiket Rp 5.000. Namun, harga tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan.

[nrd]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button