Berita Wisata

Legit, Sate Tukri khas Ponorogo membuat pengunjung bermimpi

Jakarta

Sate Ayam H. Tukri Sobikun selalu dicari oleh wisatawan yang datang ke Ponorogo. Dagingnya yang tebal dengan rasa yang manis membuat ketagihan.

Salah satu pengunjung stand sate, Windhu, mengaku datang dari Semarang untuk menyantap sate ini. Kepada detikcom, Windhu mengaku sudah lama makan sate ini, tapi biasanya rame dan baru pertama kali makan langsung dari warungnya.

“Saya sudah beberapa kali makan di sana tapi baru di sana. Biasanya take out, delivery, parsel dibungkus,” katanya.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Makan Sate Ayam H. Tukri Sobikun sejak duduk di bangku sekolah, pengelola hotel Yogyakarta itu mengatakan rasa sate tidak berubah. Sate ini selalu enak dan saya ingin memakannya lagi dan lagi.

“Dibandingkan makan di box sama makan di tempat sama enaknya. Cuma kalau bisa langsung ke spotnya langsung ke sumbernya, lihat foto-foto suasana makannya, beda kan”, ditambahkan. dikatakan.

Windhu menjelaskan, yang disukainya dari sate di sini adalah pengolahannya yang higienis. Selain itu, dengan bumbu sederhana, sate ini bisa terasa enak.

“Biasanya kita makan masakan yang penuh asap ya, berteman dengan asap. Kalau tidak, lebih higienis,” ujarnya.

“Lalu bedanya potongan dagingnya tebal. Sambal kacangnya beda dengan sate di Semarang. Tidak ada bawang bombay dan irisan cabai dan kecap ditambahkan, tapi sudah enak. Kalau satenya di luar masih ada. berbagai bumbu, termasuk sate kulit,” katanya.

Dengan harga servis Rp 39 ribu, Windhu mengaku rasa yang didapatnya setara. Ia juga tidak menyesal datang ke Ponorogo untuk makan sate ini.

“Ada harga dengan rasa, jadi tidak apa-apa. Kalau ke Ponorogo, jangan cari kuliner yang lain. Itu salah satu ikon kota Ponorogo,” ujarnya.

Sate Ayam H. Tukri Sobikun memang sate legendaris. Sejak dijual pada tahun 1965, perusahaan sate ini kini dimiliki oleh generasi ketiga, H. Suroto. Namun kualitas tetap terjaga.

“Saya belum mengubah kualitas Pak Sobikun sebelumnya. Jadi rasanya tidak akan berubah sampai sekarang. Saya tidak ingin mengurangi rasa bumbu sate ini sedikit pun,” kata Suroto saat ditemui. detik.com.

Warung sate ini buka setiap hari mulai pukul 04:00 hingga 20:00 WIB. Alamatnya di Jalan Lawu Gang Sate nomor 43K, Ponorogo.

Saksikan Video “Sate Ayam Ponorogo H Suroto, Kuliner yang Dikunjungi Jokowi-SBY”
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button