Berita Wisata

Lelucon! Masyarakat mengimbau untuk tidak berlibur ke Pantai Anyer, Banten

Jakarta (ANTARA/JACX) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau penyelenggara angkutan umum dan masyarakat mewaspadai cuaca buruk hingga 2023.

BMKG memprediksi angin kencang dan gelombang tinggi akan terjadi di hampir seluruh perairan Indonesia, terutama di Laut Natuna bagian utara, Samudera Hindia bagian selatan, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Namun, muncul juga imbauan sebagai pesan berantai di WhatsApp agar masyarakat tidak berlibur ke Pantai Anyer Banten.

Pesan saluran tersebut mengatakan bahwa Gunung Anak Krakatau mulai mengeluarkan banyak asap, sehingga orang harus menghindari pergi ke Pantai Anyer.

Berikut narasi dalam postingan berantai beserta fotonya:

“Laporan bagi yang ingin berlibur ke Anyer mohon dibatalkan atau ke tempat lain karena Gunung Krakatau mulai mengeluarkan banyak asap”

Namun, benarkah ada himbauan resmi untuk waspada agar tidak berlibur ke Pantai Anyer Banten karena ada asap di Gunung Anak Krakatau?

Unggahan hoax yang menyatakan bahwa Pantai Anyer tidak aman untuk dikunjungi karena Gunung Anak Krakatau mengeluarkan asap yang sangat banyak. Padahal, PVMBG sudah menyatakan Pantai Anyer dalam radius aman untuk dikunjungi. (Ada apa)
Penjelasan:
Periksa akun resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesiadi Twitter, postingan berantai dengan imbauan untuk tidak berlibur ke Pantai Anyer adalah berita bohong.

Pada Senin (26/12), Gunung Anak Krakatau terakhir meletus pada 15 Desember 2022. Sesuai rekomendasi PVMBG, masyarakat diminta untuk tidak mendekati Gunung Anak Krakatau dalam jarak 5 kilometer.

Sedangkan Pantai Anyer di Banten berjarak sekitar 40 km dari Gunung Anak Krakatau dan sudah dinyatakan aman untuk berlibur.

Selain itu, gambar serupa yang terdapat dalam pesan saluran di WhatsApp juga ditemukan di YouTube dalam konten bertajuk “ANAK Krakatau Erupsi HARI INI”. Konten tersebut diunggah pada April 2022.

Sehingga, pesan berantai yang berisi himbauan agar masyarakat tidak berlibur ke Pantai Anyer karena Gunung Anak Krakatau mengeluarkan banyak asap adalah berita bohong atau hoax.

Untuk mengklaim: Masyarakat mengimbau untuk tidak berlibur ke Pantai Anyer, Banten

Peringkat: Lelucon

Cek fakta: Hoax! Air pantai Pangandaran surut setelah gempa Cianjur

Cek Fakta: Hoax, Status Gunung Anak Krakatau Level IV

Baca juga: Bupati Serang Pastikan Pantai Anyer Aman untuk Wisatawan

Reporter: tim JACX
Penerbit : Imam Santoso
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button